Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bobol Sistem Keamanan Microsoft, Bos Hacker Usia 16 Tahun Raup Harta Rp200 Miliar

Bobol Sistem Keamanan Microsoft, Bos Hacker Usia 16 Tahun Raup Harta Rp200 Miliar Foto: Pixabay.com

Dream - Seorang remaja berusia 16 tahun dituduh menjadi pemimpin grup hacker Lapsus$, yang belum lama ini membobol Microsoft dan sejumlah raksasa teknologi dunia. Remaja ini diperkirakan telah meraup kekayaan sebanyak US$14 juta atau sekitar Rp200 miliar dari peretasan.

Melansir dari BBC, 25 Maret 2022, kepolisian London telah memeriksa 7 orang remaja yang berkaitan dengan kelompok itu. Namun mereka tidak menjelaskan remaja mana yang menjadi pemimpin grup itu.

Dengan nama samaran White dan Breachbase, remaja yang dilaporkan autis itu, disebut sebagai dalang utama kelompok tersebut. Lapsus$ tergolong grup hacker baru, tapi mereka sukses menjebol sistem perusahaan raksasa seperti Microsoft, kemudian memamerkannya di dunia maya sehingga mereka jadi terkenal.

Remaja yang diduga memimpin grup itu diketahui menempuh pendidikan khusus di Oxford. Orang tuanya sebenarnya sudah berusaha menjauhkan dia dari komputer setelah mengetahui apa yang dia perbuat.

"7 orang berusia antara 16 sampai 21 tahun telah ditangkap terkait dengan investigasi kelompok hacker. Mereka semua sudah dibebaskan dan masih diinvestigasi," kata kepolisian London.

Ayah remaja itu mengakui anaknya sangat pintar.

"Dia tak pernah bicara soal peretasan, namun dia sangat pintar soal komputer dan banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Saya pikir, dia sedang main game," jelas sang ayah.

Para pakar sekuriti telah mencoba melacak hacker remaja ini selama hampir setahun, dan kemudian menghubungkannya dengan beberapa peretasan tingkat tinggi.

Identitas White diungkap peretas lain yang mengunggah biografi karier peretasannya. Namanya, alamatnya, dan fotonya sempat terpampang.

"Setelah beberapa tahun, kekayaannya terakumulasi sekitar US$ 14 juta. Dia berafiliasi dengan kelompok hacker ransomware yang disebut Lapsus$, di mana mereka telah menyerang beberapa organisasi," tulis biografinya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Riset Ungkap Orang Kaya atau Miskin Dapat Terlihat dari Wajah

Riset Ungkap Orang Kaya atau Miskin Dapat Terlihat dari Wajah

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Amazon Jess Bezos, memiliki beberapa bentuk wajah yang disebutkan dalam penelitian tersebut

Baca Selengkapnya
Momen Haru Kang Ojol Tolong Bapak yang Jaminkan KTP Buat Isi Bensin karena Nggak Punya Uang, Bantu Stut Motor dan Bayarkan BBM

Momen Haru Kang Ojol Tolong Bapak yang Jaminkan KTP Buat Isi Bensin karena Nggak Punya Uang, Bantu Stut Motor dan Bayarkan BBM

Menolong orang yang sedang mengalami kesusahan tidak perlu menunggu jadi pengusaha sukses dengan harta melimpah.

Baca Selengkapnya
Ini 5 Teknologi Paling Tua di Dunia dan Masih Dipakai Hingga Sekarang

Ini 5 Teknologi Paling Tua di Dunia dan Masih Dipakai Hingga Sekarang

Teknologi merupakan satu hal yang melekat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Yuk, simak 5 teknologi tertua yang masih digunakan sampai saat ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.