Tips Agar Tak Tertipu Jasa Fintech Abal-abal

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 10 Juli 2018 07:15
Tips Agar Tak Tertipu Jasa Fintech Abal-abal
Jangan sampai kamu jadi korban penipuan fintech abal-abal.

Dream – Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat masyarakat semakin mudah untuk memilih produk. Salah satunya, memilih produk di bidang teknologi keuangan.

Namun, masyarakat acapkali tak mendapatkan informasi utuh tentang perusahaan penyedia teknologi keuangan (Financial Technology/Fintech) yang digunakannya.

Tak heran jika masih ada masyarakat yang menjadi korban penipuan.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 10 Juli 2018, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat lebih dari 50 pengaduan terhadap kredit online. Pengaduan ini mulai dari cara penagihan, sistem perhitungan bunga, dan denda yang kurang jelas.

“ Berdasarkan pengamatan YLKI melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), banyak pelaku usaha di kredit online yang diadukan konsumen adalah mereka yang tak terdaftar di OJK,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, di Jakarta.

Tulus mengatakan hal ini akan berakibat buruk bagi konsumen. Sebab, transaksinya terhitung illegal.

“ Pemberi pinjaman online yang tak terdaftar di OJK tidak akan dinaungi oleh OJK serta aturan terkait pinjam meminjam secara online,” kata dia.

Jika Sahabat Dream ingin meminjam uang di fintek, lebih baik cek terlebih dahulu, ya, di sini.

Kalau pemberi pinjaman yang terdaftar di OJK tetap melanggar dan merugikan konsumen, Tulus mendesak agar OJK menolak sampai membatalkan proses perizinannya.


(Sah, Sumber: Liputan6.com/Bawono Yadika, OJK)

 

Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival