Canggih! Alat Ini Bisa Swab Test Lewat Pernafasan

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 23 Oktober 2020 18:41
Canggih! Alat Ini Bisa Swab Test Lewat Pernafasan
Hasilnya akan keluar dalam kurang dari satu menit.

Dream - Pandemi virus Corona yang belum terlihat titik terangnya, mengharuskan kita lebih berhati-hati. Salah satunya dengan melakukan uji swab.

Seperti yang kita tahu, test usap sering kali dikeluhkan olah banyak orang karena tidak nyaman dan sekaligus menyakitkan.

Namun, baru-baru ini ada penemuan yang mengejutkan terkait test usap dengan cara yang nyaman dan efisien.

Dilansir dari World of Buzz, Jumat 23 Oktober 2020, dengan kemajuan teknologi saat ini, seseorang dapat melakukan tes usap menggunakan pernapasan tanpa harus menggunakan cara jadul yang tidak nyaman dan menyakitkan.

 

1 dari 3 halaman

Cara Kerja

Para peneliti asal Singapura, saat ini tengah mengembangkan alat tes usap baru yang mampu mendeteksi virus Covid-19 menggunakan napas seseorang hanya kurang dari satu menit. Wow!

Alat Breathonix© World of Buzz

National University of Singapore (NUS) mengatakan, tes usab bekerja dengan mendeteksi senawa organis yang mudah menguap (VOC) dalam napas, dan telah mencapai akurasi lebih dari 90 persen, selama uji klinis yang dilakukan terhadap 180 pasien.

 

2 dari 3 halaman

Channel News Asia dalam laporannya menjelaskan, pasien hanya perlu menghembuskan napas ke corong sekali pakai yang terhubung dengan alat presisi tinggi.

Nafas yang dihebuskan, kemudian dikumpulkan dan dimasukan ke dalam spektrometer massa untuk dilakukan pengukuran.

Alat kemudian akan menganalisis profil VOC dan hasilnya akan keluar dalam kurang dari satu menit.

Percobaan© World of Buzz

 

3 dari 3 halaman

Alat yang disebut Breathonix, dikembangkan oleh NUS, diklaim dapat menawarkan solusi cepat dan aman untuk mengidentifikasi infeksi Covid-19.

CEO Breathonix, Dr Jia Zhunan mengatakan, VOC secara konsisten diproduksi oleh berbagai reaksi biokimia dalam sel manyusia.

" Berbagai penyakit dapat ditelurusi dari senyawa yang dikumpulkan dan dapat dideteksi dengan profil nafas seseorang. Dengan demikian, VOC bisa dijadikan sebagai penanda apabila seseorang terpapar Covid-19." ujarnya.

Semoga pengujian alat baru ini segera dikembangkan secara maksimal dan Indonesia bisa menggunakan alat ini.

Sumber: World of Buzz

 

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar