Cara Membuat Kwitansi Pembayaran dengan Mudah Secara Otomatis

Reporter :
Kamis, 26 Mei 2022 09:16
Cara Membuat Kwitansi Pembayaran dengan Mudah Secara Otomatis
Mungkin sebagian dari kamu belum tahu pentingnya kwitansi bukti pembayaran

Dream - Dalam proses transaksi jual beli tentunya bukti transaksi pembayaran tidak boleh menjadi hal yang terlupakan oleh penjual maupun pembeli bukan?

Maka dari itu, peran dokumen pembayaran sangatlah penting bagi keberlangsungan bisnis.

Mungkin sebagian dari kamu belum tahu pentingnya kwitansi bukti pembayaran, salah satu fungsi penting dari kwitansi yaitu sebagai alat bukti transaksi yang sah.

Dimana didalamnya terdapat tanda tangan pihak penjual yang bisa dijadikan sebagai bukti resmi terjadinya proses transaksi tersebut. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membaca artikel ini sampai habis ya.

Apa Itu Kwitansi Pembayaran?

Kwitansi pembayaran adalah surat bukti atau dokumen penerimaan sejumlah uang maupun tanda bukti pembayaran.

Alat bukti pembayaran ini sangat penting bagi sebuah usaha karena jika tidak adanya kwitansi maka pengeluaran yang dilakukan dianggap tidak sah (ilegal).

Kwitansi bukti pembayaran mempunyai fungsi dan manfaat diantaranya sebagai alat bukti bagi pembeli bahwa ia telah menyerahkan sejumlah uang kepada penjual.

Selain itu, dapat dijadikan sebagai bukti untuk keperluan persidangan jika suatu saat terdapat masalah atas transaksi yang telah dilakukan.

Elemen Kwitansi Pembayaran

Untuk membuat kwitansi bukti pembayaran, kamu memerlukan beberapa elemen penting yang harus ada pada sebuah kwitansi pembayaran, di antaranya:

1. Nomor Kwitansi

Nomor kwitansi bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan, umumnya nomor ini adalah nomor urutan dari kwitansi yang selama ini kamu buat.
Elemen ini penting, sebab berfungsi untuk memudahkan kamu mengidentifikasi setiap transaksi yang terjadi.

2. Sudah diterima dari

Bagian ini menyertakan nama lengkap orang atau perusahaan yang sudah menyerahkan uang. Elemen tersebut digunakan ketika orang itu telah melakukan pembayaran dari transaksi yang dilakukan sebelumnya.

3. Jumlah Uang

Komponen kwitansi yang harus ada dalam bukti pembayaran adalah jumlah uang yang diberikan. Nah, disini kamu bisa menuliskan huruf di bagian jumlah uang tujuannya agar orang tersebut lebih mudah mengetahui total besaran angka pada transaksi.

4. Jenis Produk

Penulisan jenis barang pada bukti pembayaran juga jangan sampai lupa kamu masukkan. Komponen ini menandakan produk atau barang yang diserahkan kamu kepada pembeli.

Kamu bisa mengisinya dengan detail dan lengkap karena biasanya tersedia jarak yang cukup besar untuk mengisi informasi tersebut.

5. Stampel beserta Materai

Supaya kwitansi bukti pembayaran dapat dinyatakan sah dan legal, maka kamu memerlukan stempel atau cap yang biasanya disertai dengan materai. Untuk penempatan komponen ini berada di bagian bawah kanan kwitansi.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran

Langkah membuat kwitansi yang bisa dilakukan dengan menggunakan microsoft excel.

1. Kamu bukan microsoft excel terlebih dahulu, lalu buat format kwitansi dan ubat sheet 1 menjadi kwitansi.
2. Berikutnya tambahkan sheet lagi, kamu bisa berikan nama Data, selanjutnya kamu buat format data dan sesuaikan dengan yang dibuat admin.
3. Setelah kamu membuat sheet data, kembali lagi ke sheet kwitansi di sana kamu masukkan nomor kwitansi dan disesuaikan datanya yang sudah dimasukkan ke sheet data. Misalnya admin 0001
4. Lalu, kamu masukkan rumus pada field yang nanti akan terisi secara otomatis.
Tanggal : = VLOOKUP(D3;Data!A3:Data!F53;3)
Sudah diterima dari : =VLOOKUP(D3;Data!A3:Data!F53;6)
Terbilang : =VLOOKUP(D11)&”rupiah”
Untuk Keperluan : =VLOOKUP(D3;Data!A3:Data!F53;5)
Uang Sejumlah : =VLOOKUP(D3;Data!A3:Data!F53;4)
Yang Menerima : =VLOOKUP(D3;Data!A3:Data!F53;2)

Mudah Buat Kwitansi Pembayaran Otomatis dengan Aplikasi

Cara Membuat Kwitansi© shutterstock.com

Aplikasi kwitansi pembayaran merupakan salah satu aplikasi yang cukup penting untuk digunakan. Terutama untuk kalian yang memang terbiasa menggunakan kwitansi untuk melakukan juali beli, pembayaran dan lain sebagainya.

Kwitansi sedari dulu difungsikan untuk kalian yang biasa melakukan transaksi jual beli ataupun adanya dana lain yang masuk dan juga keluar. Biasanya, sang pembeli akan meminta kwitansi sebagai tanda pembayaran yang sah, tentu saja dengan materai.

Kwitansi sedari dulu memang dinamakan kwitansi jual beli. Bentuknya sendiri mungkin dapat dikatakan sebagai bukti nota yang memang dengan mudah kalian temukan di kehidupan sehari-hari.

Tujuannya itu untuk meminimalisir terjadinya kesalahan salah hitung saat memang kwitansi ini dijadikan bukti saat ingin melakukan pembayaran. Hingga saat ini, banyak yang masih menggunakan kwitansi dalam bentuk fisik.

Biasanya, kwitansi ini masih diterima atau masih ditulis di kertas secara manual, bahkan kalian pun tidak akan heran jika kwitansi tersebut masih seringkali robek ataupun hilang.

Maka dari itu, untuk meminimalisir hal tersebut, kalian pun dapat menggunakan aplikasi kwitansi pembayaran sebagai bukti pembayaran yang cukup sah. Maka dari itu, berbagai macam developer saat ini pun menyediakan aplikasi untuk pengganti kwitansi.

Hal ini dirasa cukup efektif dan juga tidak membuang-buang waktu untuk mencari buku kwitansi dan melakukan kembalian dan lain sebagainya. Kalian hanya perlu menggunakan gadget kalian saja jika ingin menggunakan kwitansi.

Seperti yang kita ketahui, jika kita melakukan transaksi jual beli menggunakan kwitansi memang menjadi salah satu bukti pembayaran yang sah tentunya. Maka dari itu, muncullah aplikasi kwitansi pembayaran yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

2 dari 3 halaman

Jadi apa saja rekomendasi aplikasi kwitansi pembayaran terbaik? Berikut ulasannya!

Aplikasi kwitansi pembayaran ini memang ditujukan untuk kemudahan kalian dalam melakukan transaksi jual beli atau bertujuan untuk memudahkan seseorang untuk melakukan pencetakan terhadap kwitansi tersebut.

Selain itu, dengan adanya aplikasi kwitansi pembayaran ini pun dapat melakukan penyimpanan kwitansi digital sebagai salinan. Hal ini tentu saja menjadi kelebihan tersendiri dari aplikasi kwitansi pembayaran.

Cara Membuat Kwitansi© shutterstock.com

Berikut ini beberapa aplikasi kwitansi pembayaran gratis tersebut:

1. Receipt & Invoice

Aplikasi kwitansi pembayaran yang pertama yaitu Receipt & Invoice. Aplikasi ini memang difungsikan untuk kalian yang memang membutuhkan kwitansi. Aplikasi Receipt & Invoice ini sendiri memiliki banyak sekali fitur yang memang menjadi kebutuhan sebuah kwitansi.

Mulai dari membuat kolom tanda tangan, membuat logo perusahaan, hingga menambahkan nama toko pada salinan kwitansi digital terbaik. Maka dari itu, aplikasi ini pun cukup dilirik untuk digunakan membuat kwitansi secara digital.

Selain itu pun, terdapat juga fitur lainnya di aplikasi kwitansi pembayaran Receipt & Invoice ini yaitu kalian dapat melakukan penyimapanan kwitansi digital ini dalam format pdf ataupun excel. Cukup mudah dan menarik bukan?

Aplikasi kwitansi pembayaran yang bernama Receipt & Invoice ini sendiri disajikan secara gratis di Google Play Store dan dapat kalian gunakan kapan saja dan dimana saja.

2. Cash Receipt

Aplikasi kwitansi pembayaran yang kedua yaitu bernama Cash Receipt. Aplikasi ini pun dapat dijadikan salah satu pilihan untuk kalian yang ingin membuat kwitansi sebagai tanda pembayaran yang sah.

Aplikasi Cash Receipt ini sendiri memang memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain mulai dari tampilannya yang cukup simpel dan tentu saja ramah terhadap pengguna baru atau pengguna yang masih awam.

Selain itu, aplikasi ini pun cukup mudah untuk digunakan lebih lanjut. Selain itu, fitur untuk penyimpanannya pun sama seperti aplikasi sebelumnya, kalian dapat memilih formatnya terlebih dahulu, mulai dari format pdf atau excel.

Aplikasi Cash Receipt ini dapat kalian unduh secara gratis atau cuma-cuma di Google Play Store. Kalian pun tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk penggunaan di aplikasi kwitansi pembayaran ini.

3. Faktur & Estimasi

Aplikasi Faktur & Estimasi merupakan salah satu aplikasi kwitansi pembayaran yang dapat kalian gunakan juga. Aplikasi ini pun tidak kalah pamornya karena memiliki kelebihan di antara aplikasi lainnya.

Aplikasi Faktur & Estimasi ini memiliki keunggulan yaitu dapat melakukan penyimpanan kwitansi yang memang sudah dilakukan penyimpanan dalam bentuk file dan dapat langsung mengirimkan hasilnya ke orang yang dituju.

Tentu saja hal ini menjadi kelebihan bukan? Di saat aplikasi lain hanya dapat melakukan penyimpanan dalam bentuk format file tertentu, aplikasi ini dapat langsung melakukan pengirimannya ke orang yang dituju.

Aplikasi Faktur dan Estimasi ini pun dapat kalian gunakan dengan cara mengunduhnya di Google Play Store secara gratis. Kalian pun langsung dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus melakukan pembayaran.

4. Invoice & Quotation

Aplikasi Invoice & Quotation merupakan aplikasi kwitansi pembayaran yang terakhir. Aplikasi ini memang menjadi aplikasi yang cukup mudah dalam penggunaan sehari-harinya. Kalian pun akan dimudahkan dengan interfacenya yang ramah terhadap pengguna baru.

Hal ini memang menjadi kelebihan dari aplikasi kwitansi pembayaran yang bernama Invoice & Quotation ini. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan template yang dapat langsung kalian gunakan untuk melakukan pembuatan kwitansi lebih lanjut.

Aplikasi Invoice & Quotation ini sama layaknya aplikasi kwitansi pembayaran di atas, kalian pun dapat menggunakannya secara cuma-cuma atau tanpa melakukan pembayaran lebih lanjut. Kalian pun dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Play Store.

3 dari 3 halaman

Penutup

Aplikasi di atas merupakan aplikasi kwitansi pembayaran yang memang sudah kami pilih dan kami rekomendasikan cukup baik. Kalian pun dapat mencoba satu persatu aplikasi di atas jika memang sedang mencari aplikasi kwitansi pembayaran yang cocok dengan kalian.

Cara Membuat Kwitansi© Istimewa

UI atau user interface yang berbeda-beda tentu saja menjadi salah satu daya jual tersendiri di setiap aplikasi. Kalian pun dapat memilih aplikasi apa yang ingin kalian gunakan di smartphone kalian.

Hal yang perlu kalian ketahui adalah kalian pun dapat menggunakan aplikasi kwitansi pembayaran ini secara cuma-cuma tanpa harus melakukan pembayaran sepeser pun, kalian pun dapat langsung melakukan instalasi melalui Google Play Store.

Salah satu aplikasi kwitansi pembayaran terbaik saat ini adalah Jurnal by Mekari. Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan aplikasi kwitansi pembayaran pembayaran ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Dengan menggunakan Jurnal, kamu juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.

Itu tadi informasi yang dapat disampaikan mengenai Aplikasi kwitansi pembayaran. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Beri Komentar