Deretan Mitos Seputar Jaringan 5G, Mana yang Pernah Kamu Dengar?

Reporter :
Senin, 14 Juni 2021 17:45
Deretan Mitos Seputar Jaringan 5G, Mana yang Pernah Kamu Dengar?
Jaringan ini dinanti-nanti karena kecepatannya.

Dream – Dunia gawai Indonesia sedang dibuat ramai dengan kehadiran teknologi komunikasi generasi kelima (5G). Fasilitas yang sudah ditunggu-tunggu oleh pengguna smartphone diklaim menawarkan akses internet supercepat yang bisa menghilangkan masalah buffering menyebalkan selama ini.

Namun selain kecepatan, apakah kamu sudah paham teknologi terbaru ini? Jangan-jangan Sahabat Dream termakan informasi atau mitos tentang teknologi 5G.

Pertama, jaringan 5G akan menggantikan 4G. Sekadar informasi, jaringan ini dibangun di atas jaringan 4G LTE. Jaringan 4G dan 4G LTE pada dasarnya menyediakan dasar untuk struktur 5G saat ini, sehingga jaringan 5G tidak akan menggantikan 4G dalam waktu dekat.

Faktanya, di banyak daerah, cakupan 3G masih ada untuk alasan yang sama—karena mengisi celah untuk cakupan 4G.

Kedua, jaringan 5G menyebarkan virus COVID-19. Mitos ini tersebar di internet. Walaupun konyol, konspirasi ini bisa menarik perhatian pada awal masa pandemi.

Namun, tak ada bukti yang menguatkan teori itu. Virus COVID-19 menyebar melalui hembusan udara atau droplet, bukan karena gelombang radio atau jaringan seluler.

Ketiga, butuh ponsel baru setelah jaringan 5G diluncurkan. Untuk bisa memanfaatkan jaringan ini, Sahabat Dream memerlukan smartphone yang compatible dengan 5G.

Perlu diingat, kamu tak serta-merta membeli ponsel baru sesegera mungkin. Semua ponsel yang ada tetap bisa terhubung dengan jaringan 4G dan beroperasi dengan baik.

1 dari 6 halaman

Rilis Smartphone 5G

Salah satu perusahaan yang melihat peluang ini adalah OPPO Indonesia. Perusahaan ini telah merilis smartphone 5G sejak tahun lalu. Hal ini dilakukan karena melihat kebiasaan orang Indonesia yang memikirkan kegunaan smartphone untuk jangka panjang.

“ Kebiasaan orang Indonesia itu preparationnya luar biasa. Jaringan 5G belum ada, tapi sudah banyak konsumen yang membeli perangkat 5G. Siapa tahu besok sudah bisa,” kata Manager Public Relation OPPO Indonesia, Aryo Meidianto, dalam peluncuran OPPO A74 5G.

Aryo mengatakan OPPO menjadi salah satu brand smartphone yang paling siap menyambut era 5G di Indonesia. Hal ini terlihat dari beberapa perangkat OPPO yang sudah bisa digunakan untuk jaringan ini. Misalnya, OPPO A74 5G yang dibanderol seharga Rp3 jutaan.

2 dari 6 halaman

OPPO Enco Buds, Fitur Menarik Harga Super Terjangkau

Dream - Aktivitas besar masyarakat Indonesia kini dilakukan secara online karena pandemi Covid-19 belum usai sejak Maret 2020 silam.

Adanya pergeseran kebiasaan dalam beraktivitas sehari-hari tentu diikuti perkembangan teknologi digital yang mulai memadai.

Salah satu perangkat digital yang bisa membantu aktivitas kita sehari-hari, mulai dari online meeting, atau pun komunikasi lainnya yang dilakukan secara daring adalah True Wireless Stereo (TWS).

Salah satu TWS yang bisa Sahabat Dream gunakan adalah OPPO Enco Buds yang menawarkan daya tahan baterai hingga 24 jam dengan konektivitas stabil Bluetooth 5.2, dan fitur noise canceling, serta latensi yang rendah.

Berkesempatan menjajal OPPO Enco Buds kurang lebih dari 10 kali mulai dari mendengarkan musik, Instagram Live, Zoom meeting serta bermain game, berikut review dari Redaksi Dream.co.id.

3 dari 6 halaman

Kualitas Suara

OPPO Enco Buds© Dream.co.id/Shania Suha

Hadir dengan driver dinamis 8 mm yang dirancang untuk dapat memberikan Advanced Audio Coding (AAC). OPPO Enco Buds memberikan penyaluran pengkodean AAC, yang menghasilkan kualitas suara musik lebih baik.

Tidak hanya itu, TWS dari OPPO ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Smart Call Noise Cancellation yang menjadikan suara kita bisa terdengar lebih jelas dan algoritma pintar yang dapat membedakan suara bising di sekitar kita saat sedang melakukan panggilan.

Secara keseluruhan, dari penggunaan yang dilakukan kami dapat disimpulkan suara yang dihasilkan OPPO Enco Buds dapat terdengar jernih dan suara bass juga terdengar.

Untuk fitur Smart Call Noise Cancellation juga sangat berguna, ketika digunakan untuk melakakukan Zoom Meeting ataupun Instagram Live.

4 dari 6 halaman

Daya Tahan Baterai

OPPO Enco Buds© Dream.co.id/Shania Suha

Daya tahan baterai juga menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki OPPO Enco Buds. Di mana TWS ini dapat bertahan hingga 24 jam, dengan pengisian daya selama 15 menit sudah dapat memberikan kita untuk memutar lagu selama 1 jam.

Oppo Enco Buds memiliki kapasitas 40mAh, dan 400mAh untuk kotak pengisian daya.

Ketika menggunakan TWS ini, kami tidak perlu memikirkan baterai yang cepat habis karena saat selesai digunakan dan dikembalikan ke wadah pengisian, daya tahannya bisa bertahan hingga 24 jam.

Sangat cocok untuk digunakan saat sedang melakukan perjalanan kerja, ataupun bekerja dari rumah.

5 dari 6 halaman

Latensi Rendah

OPPO Enco Buds© Dream.co.id/Shania Suha

Keunggulan lainnya dari OPPO Enco Buds adalah menghadirkan fitur bermain, yang memberikan lantensi super rendah, 80 ms(^3). Untuk mengaktifkan mode ini penggunanya cukup mengetuk tiga kali earbud, dan fitur sudah dapat digunakan.

Dengan mengaktifkan fitur ini, tidak hanya dapat mengurangi latensi game, namun juga meningkatkan sinkronisasi audio-visual untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan.

Hasil dari penggunaan fitur ini dirasa sangat efektif jika sedang bermain game untuk refreshing dari kepenatan pekerjaan kantor.

6 dari 6 halaman

Koneksi stabil

OPPO Enco Buds menggunakan chipset Bluetooth 5.2, yang mendukung transmisi Bluetooth binaural low-latency, yang dapat menyelesaikan masalah interferensi untuk menyediakan koneksi yang cepat dan stabil.

Peralihan otomatis antara earbud kiri dan kanan memungkinkan penggunanya untuk menggunakan salah satu atau kedua earbud dengan mulus.

Saat menggunakan satu earbud, earbud lainnya akan terputus atau mati untuk memberikan pengalaman yang optimal kepada pengguna.

Selain itu, dengan jarak efektif 10 meter antara ponsel dan earbud, penggunanya dapat mendengarkan musik atau menerima panggilan telepon tanpa harus selalu berada di samping ponsel.

Dari pengalaman kami di atas, dapat disimpulkan bahwa OPPO Enco Buds yang dijual dengan harga Rp599.000 dengan beragam fitur yang ditawarkan, bisa jadi pilihan kamu ketika ingin membeli TWS.

Kualitas suara yang oke dengan latensi yang sangat rendah, kami rasa harga yang ditawarkan super terjangkau.

Bagaimana Sahabat Dream, ingin segera memilikinya?

Beri Komentar