49,3% Kuota Internet Dipakai Nonton Online, Drakor Jadi Tontonan Favorit

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 10 Februari 2021 07:33
49,3% Kuota Internet Dipakai Nonton Online, Drakor Jadi Tontonan Favorit
Dari yang nggak doyan K-Drama jadi ketagihan gegara pandemi COVID-19.

Dream – Lonjakan penggunaan internet selama pandemi Covid-19 terjadi pada platform video streaming atau video film. Temuan ini membuktikan masyarakay banyak menjalani aktivitas #dirumahaja dengan menonton film atau drama series guna menghilangkan stres.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat penggunaan internet untuk menonton video online pada kuartal II 2020 memakan porsi sebesar 49,3 persen.

“ Kebiasaan tahun 2020 itu mempunyai banyak sekali perubahan dari sisi kehidupan kita sehari-hari yang ternyata memang ada dampaknya dari sisi bisnis digital,” ujar Rezki Yanuar VP Marketing Vidio, pada virtual media gathering, Selasa, 9 Februari 2021.

Menurut Rezki, temuan ini menunjukan online video menjadi salah satu perubahan yang sangat drastis dalam melihat cara masyarakat menghabiskan waktu luang di rumah.

 

1 dari 5 halaman

Drama korea mendominasi

Vidio sebagai salah satu platform Over-The-Top (OTP) penyedia layanan streaming terlengkap Indonesia menjadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk menonton online video tersebut.

Menurut tim Vidio sendiri salah satu film yang sangat diminati masyarakat Indonesia drama korea, drama korea ini memang sudah ada pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun, jumlah penggemar drama korea ini naik drastis saat pandemi berlangsung.

“ Di Vidio sendiri untuk konten katagori non-sport yang disukai user di tahun 2020, yaitu ada 3, pertama sinetron, original series, dan yang menarik ada korean drama, salah satu kategori yang naik begitu pesat di 2020, menjadi salah satu growing segmen,” jelas Rezki.

2 dari 5 halaman

Berikut top film di Indonesia menurut Vidio berdasarkan kategori:

Sinetron

1. Dari Jendela Smp
2. Samudra Cinta
3. Suara Hati Istric

Original series

1. Serigala Terakhir
2. Get Married
3. Omen

Drama Korea

1. The World of Married
2. Desecendant of The Sun
3. Flower of Evil

Kategori sport

- NBA TV (channel sport paling banyak ditonton 2020)
- Champion league, Barcelona Vs Bayern Munchen (sorotan pertandingan paling banyak ditonton 2020)
- Shopee Liga 1, PERSIKABO 1973 Vs PERSITA Tanggerang (pertandingan livestreaming paling banyak ditonton 2020)
- IEL University Super Series (E-sport paling banyak ditonton 2020)

Laporan: Josephine Widya

3 dari 5 halaman

7 Serial Drakor Obati Kangen Suasana Kantor

Dream - Pemerintah baru saja merilis aturan pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat di Jawa dan Bali untuk 11-25 Januari 2021. Hal ini dilakukan pemerintah karena melihat kasus pandemi COVID-19 yang terus meningkat.

Salah satu peraturan dari PSBB Jawa-Bali, adalah Work From Home (WFH) sebesar 75%, tentu dengan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Dengan adanya peraturan ini pasti Sahabat Dream akan bingung jika ingin mencari hiburan. Untuk menemani waktu kosong kamu selama di rumah, Sahabat Dream dapat menonton drakor (drama Korea) tentang perkantoran supaya bisa mendapatkan hiburan sambil mengobati rindu suasana kantor.

Berikut 7 drakor di Viu yang sayang jika dilewatkan: 

Kkondae Intern

Kkondae merupakan Bahasa Korea yang berartikan kaku, kolot yang mengacu pada orang-orang tua yang ketinggalan zaman.

Ka Yeol Chan (Park Hae Jin) mendapatkan pekerjaan pertamanya di perusahaan tak lama setelah lulus. Lee Man Shik (Kim Eung Soo), bos di perusahaan tersebut adalah seorang kkondae.

Sifat dan kelakuan Man Shik yang menyulitkan Yeol Chan membuat dirinya berhenti dari perusahaan tersebut. Kemudian, Yeol Chan diterima bekerja di perusahaan ramen.

Kecerdasan dan kerja keras Yeol Chan membuatnya diangkat sebagai kepala bagian penjualan dan pemasaran di perusahaan ramen tersebut.

Suatu ketika, Yeol Chan dikejutkan dengan kehadiran Man Shik sebagai pekerja magang senior di kantor. Apa yang sebenarnya dilakukan Man Shik di perusahaan Yeol Chan bekerja?

4 dari 5 halaman

Miss Lee

Drama ini akan membangkitkan semangat Anda untuk bekerja keras dan cerdas. Lee Sun Shim (Lee Hye Ri) adalah pegawai dengan kepribadian yang ceria dan pekerja keras di Cheongil Electronics.

Meskipun telah bekerja keras di perusahaan, rekan-rekan kerjanya tetap memanggilnya sebagai Miss Lee, menggunakan nama keluarganya bukan nama panggilan akrabnya.

Kepribadian Sun Shim berbanding terbalik dengan Yoo Jin Wook (Kim Sang Kyung) yang dingin, menjabat sebagai kepala departemen di Cheongil Electronics.

Keadaan menjadi kacau ketika CEO Cheongol Electronics mengumumkan akan gulung tikar. Jabatan CEO kemudian diberikan kepada Lee Sun Shim. Kesulitan demi kesulitan ditemui oleh Sun Shim sebagai CEO yang baru.

My Shy Boss

Bekerja sebagai CEO dari perusahaan public relations terkemuka tidak membuat Eun Hwan Ki (Yeon Woo Jin) memiliki kepribadian yang terbuka.

Hwan Ki adalah pemalu yang sangat tertutup dari karyawannya hingga ia dianggap sebagai orang yang dingin. Kang Woo Il (Yoon Park), orang kepercayaan Hwan Ki yang selalu diutus untuk menghadiri berbagai urusan penting sekaligus tunangan dari Eun Yi Soo (Gong Seung Yeon), kakak dari Hwan Ki.

Permasalahan muncul ketika Hwan Ki dituduh sebagai penyebab salah satu karyawan bunuh diri tiga tahun yang lalu.

Hwan Ki akhirnya membentuk tim investigasi untuk menyelidiki kasus ini, salah satu anggotanya adalah Chae Ro Woon (Park Hye Soo). Ro Woon sebetulnya adik dari karyawan yang meninggal tersebut dan mencurigai tingkah laku Hwan Ki.

The Secret Life of My Secretary

Do Min Ik (Kim Young Kwang) adalah direktur yang sering kali memberikan perintah aneh terhadap sekretarisnya Jung Gal Hee (Jin Ki Joo).

Min Ik memiliki masalah dalam mengenali wajah orang lain akibat kecelakaan yang dulu terjadi. Suatu ketika, Gal Hee terpaksa berpura-pura sebagai Veronica Park (Kim Jae Kyung) mantan bosnya yang dijodohkan dengan Min Ik.

Keadaan menjadi sulit ketika Gal Hee mulai menyukai Min Ik. Namun Min Ik menyukai Veronica Park yang diperankan Gal Hee.

Sedangkan Veronica Park yang asli menyukai orang lain, yaitu Ki Dae Joo (Koo Ja Sung) sahabat dari Min Ik. Kerumitan terus terjadi hingga penyamaran Gal Hee hampir terbongkar.

5 dari 5 halaman

Jugglers


Ilustrasi© Shutterstock

Bekerja sebagai sekretaris selama 5 tahun membuat Yoon Yi (Baek Jin Hee) membuatnya handal dan setia terhadap pekerjaannya. Suatu ketika, istri dari atasan tempat Yoon Yi bekerja menuduhnya berselingkuh dengan si bos.

Sayangnya, atasan tersebut tidak membantu Yoon Yi mengklarifikasi tuduhan untuk menutupi perselingkuhan yang sesungguhnya. Hal ini membuat Yoon Yi kecewa dan hancur.

Yoon Yi akhirnya ditugaskan untuk menjadi sekretaris Nam Chi Won (Choi Daniel) di YB Ad. Chi Won dan Yoon Yi diundang ke acara makan malam, Yoon Yi yang mabuk akhirnya diantar pulang Chi Won.

Ternyata rumah Yoon Yi dulunya adalah tempat tinggal Chi Won sewaktu kecil dengan kisah kelam. Ketika menemukan selebaran mengenai kamar di lantai dua yang disewakan. Chi Won langsung memutuskan untuk menyewa kamar tersebut demi mengatasi trauma yang dialaminya.

Beri Komentar