Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kejuaraan Dunia e-Sports, Hadiah Capai Rp420 Miliar

Kejuaraan Dunia e-Sports, Hadiah Capai Rp420 Miliar Kyle `Bugha` Giesdorf Memenangi Hadiah Sebesar Rp42 Miliar (Foto: Twitter/@Fortnite)

Dream - Siapa yang masih memandang sebelah mata e-sport atau olahraga digital? Lihat dan bandingkan hadiah yang disiapkan dalam e-sport, sebut saja Fortnite dan Dota2, niscaya mata Anda akan terbelalak.

Bandingkan dengan hadiah yang disiapkan untuk olah raga-olah raga biasa. Misal tenis dan golf. Pemenang kejuaraan tenis Wimbledon membawa uang sekitar US$3 juta, setara Rp42 miliar. Sementara itu, pegolf Tiger Wood pernah membawa uang sebesar US$2 juta, setara Rp28 miliar.

Sekarang bandingkan dengan hadiah yang disiapkan e-sport. Baru-baru ini, Fornite menggelar kejuaraan dunia. Hadiah yang ditawarkan gim bertipe battle royale itupun luar biasa megah.

Menurut Tech Crunch, kejuaraan dunia Fortnite menawarkan total hadiah US$30 juta, setara Rp420 miliar.

Hadiah Besar

Ada beberapa tipe pertandingan yang dimainkan. Tipe permainan gim tunggal, ganda, dan kelompok.

Di sektor tunggal, Kyle `Bugha` Giesdorf memenangi hadiah sebesar Rp42 miliar. Kyle merupakan pemain gim asal Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Dia bergabung dengan tim e-sports, the Sentinels.

Hadiah besar bukan hanya terjadi di kejuaan dunia Fortnite. Gim yang ditopang Valve, Dota 2, sebentar lagi juga akan menggelar kejuaraan dunia, The International 9.

Dana yang terkumpul dari para pemain gim ini mencapai US$30,8 juta, setara Rp431 miliar. Gim bertipe multiplayer online battle arena (MOBA) ini akan memulai pertandingan besar di Mercedes-Benz Arena, Shanghai, China, 25 Agustus 2019.

5 Atlet e-Sport Indonesia Berpenghasilan CEO

Dream - Pemain gim profesional masih menjadi pekerjaan yang kerap dipandang sebelah mata di Indonesia. Tetapi, beberapa orang pemain gim profesional ini punya mampu membuktikan permainan gim bukan hanya sekadar bersenang-senang.

Hadiah uang dengan besaran ribuan dollar Amerika Serikat, bisa didapat jika berhasil menjadi terbaik di olahraga elektronik (eSport) ini.

Meski secara penghasilan masih kalah dibanding pemain gim profesional asal AS, Eropa, dan China, geliat pemain gim profesional Indonesia terus berkembang.

Berikut lima orang pemain gim profesional Indonesia yang berpenghasilan tinggi, bahkan melebihi CEO di perusahaan-perusahaan besar. Berikut kelimanya: 

1. Hansel `BnTeT` Ferdinand

Hansel `BnTeT` Ferdinand

Bermain di gim Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) sejak 2013 penghasilan Hansel mencapai US$93.906,51, atau setara Rp1,3 miliar.

Hadiah terbesar yang diperoleh Hansel tercatat di laman esportsearnings.com, terjadi di 2018. Sejumlah kejuaraan mentereng dengan hadiah besar dia dapatkan.

Bergabung dengan tim asal China, Tyloo, sejak Januari 2018, Hansel mendapatkan kemenangan besar saat bermain di kejuaraan StarLadder & ImbaTV Invitational Chongqie, US$15 ribu, setara Rp222 juta, dan IEM Season XIII-Shanghai, juara kedua, US$10 ribu, setara Rp148 juta.

 

Pemain CS:GO

2. Kevin `xccurate` Susanto

Kevin `xccurate` Susanto

Rekan setim Hansel, Kevin menempati posisi kedua. Sejak bermain CS:GO pada 2017, penghasilan Kevin tercatat mencapai US$58.727,48, atau setara Rp870 juta.

Sama dengan Hansel, dua kejuaraan yang mengerek pundi-pundi uang Kevin yaitu StarLadder & ImbaTV Invitational Chongqie, US$15 ribu, setara Rp222 juta, dan IEM Season XIII-Shanghai, juara kedua, US$10 ribu, setara Rp148 juta.

 

Dari Dota 2

3. Muhammad Rizky `Inyourdream` Anugrah

Muhammad Rizky `Inyourdream` Anugrah

Bagi para pemain Dota 2, Rizky bukanlah sosok yang asing. Prestasi individu pemain ini terbilang mentereng. Dia menempati posisi pertama di server Asia Tenggara.

Sempat bermain dengan tim Malaysia, Fnatic pada 2017. Tetapi, Rizky pulang ke Tanah Air dan membentuk Boom ID.

Kini Rizky bergabung dengan organisasi gim asal Malaysia, Tigers. Di tim barunya ini prestasi mentereng ditorehkan Rizky.

Pekan ini mendapatkan hadiah besar saat memenangi ajang DreamLeague season 10 di Swedia. Hadiah sebesar US$25 ribu, setara Rp370 juta dia kantongi.

Total, sejak bermain di kejuaraan Dota 2 pada 2017, Rizky telah mengantongi uang sebesar US$38.153,26, setara Rp565 juta.

Pemain Dota 2 dan Hearthstone

4. Kenny `Xepher` Deo

Kenny `Xepher` Deo

Deo merupakan rekan satu tim Rizky. Bermain gim profesional sejak 2016, perolehan pundi-pundi Deo mencapai US$35.817,04, setara Rp530 juta.

Deo mendapat hadiah besar saat memenangi ajang DreamLeague season 10 di Swedia. Hadiah sebesar US$25 ribu, setara Rp370 juta dia kantongi.

5. Novan `nexok40` Kristianto

Novan `nexok40` Kristianto

Sebetulnya di posisi lima daftar ini terdapat nama pemain gim Fortnite, Annialis. IP yang terdaftar merujuk ke Indonesia. Tetapi, setelah dicek ulang melalui laman fortnitetracker, akun Annialis merupakan pemain gim asal AS.

Dream menaikkan posisi keenam pemain gim Hearthstone, Novan. Dikutip dari Liquipedia, Novan saat ini bermain di Boom ID.

Selama berkompetisi di Hearthstone, Novan telah menorehkan bonus sebesar US$17.600, atau setara Rp260 juta. (ism)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Belum Seminggu, Puluhan Ribu Orang Mendaftar Squad Game Indonesia 2023, Hadiah Ratusan Juta!

Belum Seminggu, Puluhan Ribu Orang Mendaftar Squad Game Indonesia 2023, Hadiah Ratusan Juta!

Ajang permainan bergengsi ‘Squad Game’ dikabarkan akan menjadi penutup tahun 2023 paling meriah di Jakarta

Baca Selengkapnya
Anak Ini Sekarang Jadi Gamer dan Konten Kreator Terkenal, Sempat Dihujat karena Galang Donasi untuk Beli Mobil

Anak Ini Sekarang Jadi Gamer dan Konten Kreator Terkenal, Sempat Dihujat karena Galang Donasi untuk Beli Mobil

Penasaran siapa anak perempuan yang bareng Ibunya ini?

Baca Selengkapnya
Deretan Mantan Personel JKT48 yang Sukses Bersolo Karier

Deretan Mantan Personel JKT48 yang Sukses Bersolo Karier

Para mantan personel JKT48 ini telah sukses bersolo karir, ada yang dikenal pemain film, YouTuber sampai gamer.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cuma Nonton PS karena Tak Punya Uang, Aksi Pemilik Rental Kasih Main Gratis Bikin Terenyuh

Cuma Nonton PS karena Tak Punya Uang, Aksi Pemilik Rental Kasih Main Gratis Bikin Terenyuh

Pemilik Rental PS ini Kasih Main Gratis untuk Seorang Remaja Karna Tak Punya Uang, Bikin Adem Liatnya

Baca Selengkapnya
Cara Mudah Relaksasi ala Pemain Biola Iskandar Widjaja untuk Redakan Stres

Cara Mudah Relaksasi ala Pemain Biola Iskandar Widjaja untuk Redakan Stres

Menurut Iskandar, relaksasi memberikan manfaat mengurangi stres di tengah jadwalnya yang padat.

Baca Selengkapnya