Galaxy Z Fold3 dan Flip3 Kenapa Bisa Murah? Seberapa Laris dan Sekuat Apa?

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 15 September 2021 19:54
Galaxy Z Fold3 dan Flip3 Kenapa Bisa Murah? Seberapa Laris dan Sekuat Apa?
Kenapa banderol Galaxy Z Fold3 dan Flip3 jauh lebih murah dari generasi terdahulu? padahal dari segi hardware dan fitur meningkat siginifikan.

Dream - Tren ponsel dengan layar yang dapat dilipat (foldable phone) sebetulnya sudah muncul pada 2019 lalu, ketika Samsung memperkenalkan Galaxy Z Fold.

Namun, saat itu, Galaxy Z Fold menimbulkan banyak keraguan dari konsumen, seperti misalnya soal ketahanan layar atau dari segi material engsel lipatnya. Dan harganya kelewat tinggi. Banderol di Indonesia bisa tembus Rp30 jutaan.

Dan sekarang Samsung hadirkan Galaxy Z Fold3 dan Flip3. Kedua smartphone lipat ini membawa sejumlah peningkatan hardware dan perbedaan yang cukup mencolok ketimbang generasi sebelumnya. Dan harganya kini cukup affordable (terjangkau).

Dari situ lalu muncul pertanyaan, kenapa banderol Galaxy Z Fold3 dan Flip3 jauh lebih murah dari generasi terdahulu? padahal dari segi hardware dan fitur meningkat siginifikan.

Galaxy Z Flip3© Istimewa

" Harga Galaxy Z Fold3 dan Flip3 bisa terjangkau karena faktor skala produksi. Kini skala produksinya lebih besar ketimbang generasi Galaxy Z Foldable sebelumnya," ujar Taufiq Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia di acara Samsung Galaxy Z Foldable Consumer Launch, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu 15 September 2021.

Ia menjelaskan Galaxy Z Fold3 dan Flip3 bukan lagi penemuan baru seperti Galaxy Z Foldable di awal. Ini produk penyempuraan. Sehingga kini produksinya dalam skala besar. Otomatis harganya menjadi terjangkau.

Kehadiran Galaxy Z Fold3 dan Flip3 diharapkan membuat persepsi seseorang tentang inovasi ponsel lipat akan berubah.

Galaxy Z Fold3© Istimewa

" Dulu mungkin masih banyak yang ragu dengan material engsel lipatnya. Ringkih gak yah? Galaxy Z Fold3 dan Flip3 menggunakan bingkai dari Armor Premium, diklaim sebagai rangka ponsel terkuat saat ini," tutur Taufiq.

Untuk hasil test internal yang dilakukan Samsung, ketahanan engsel kedua ponsel itu bisa sampai 200 ribu kali ditekuk (buka-tutup). Jika dirata-rata sehari 100 kali engsel dibuka tutup, maka ketahanananya hingga 5 tahun. 

 

1 dari 2 halaman

Seberapa Laris?

Jagoan terbaru foldable phone Samsung ini ternyata mendapatkan respon postif dari pasar Indonesia. Jumlah pre order-nya diklaim 9 kali lebih banyak dari generasi terdahulu. Namun, sayang Samsung enggan merinci lebih detail jumlah unit yang sudah terpesan.

" Jumlah pre order Galaxy Z Fold3 dan Flip3, 9 kali lebih banyak dari Galaxy Z sebelumnya. Kita lihat animo masyakarat cukup besar kepada dua produk ini," tutur Taufiq.

Varian warna yang jadi jagoan untuk Galaxy Z Fold3 yakni hitam, sedangkan Flip 3 adalah Cream. Namun dalam pre order, ternyata hampir semua pilihan warna disukai konsumen.

Galaxy Z Flip3© Istimewa

" Untuk pilihan tipe yang paling banyak diminati dari keduanya (8GB/128GB)," imbuhnya.

Di Indonesia, Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 sudah bisa dipesan melalui situs Samsung Indonesia atau bisa mengunjungi booth Samsung (consumer launch) di Kota Kasablanka dan Central Park Jakarta, 15-19 September.

Berikut, harga Samsung Galaxy Fold3 dan Galaxy Z Flip3 di Indonesia, untuk masing-masing varian:

Galaxy Z Fold3© Istimewa

Galaxy Z Fold3 (12GB/256GB) dibanderol Rp24.999.000 dan Rp26.999.000 (12GB/512GB) dengan tiga pilihan warna, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Galaxy Z Flip3, yang tersedia dalam pilihan warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black, bisa didapat dengan harga Rp14.999.000 (8GB/128GB) dan Rp15.999.000 (8GB/256GB).

Galaxy Z Flip3© Istimewa

Selama diadakan acara Consumer launch dimulai tanggal 15 September konsumen dapat menikmati keuntungan hingga Rp4.399.000,- yaitu berupa : Perlindungan Samsung Care+ hingga 6 bulan senilai Rp1.699.000,- Cashback dari Bank rekanan (BNI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, Citibank, HSBC, Maybank, OCBC NISP) hingga Rp1.200.000,- dengan kemudahan 0% installment hingga 24 bulan. Ada juga spesial aksesories dari designer ternama hingga Rp1.500.000,- , serta photo card BTS untuk pembelian Galaxy Z Flip3.

2 dari 2 halaman

Fitur Keren

Untuk pertama kalinya, Samsung menanamkan sensor kamera di dalam layar, alias under display camera, tepatnya di layar utama Galaxy Z Fold3. Kamera selfie tersembunyi itu beresolusi 4 MP (f/1.8).

Galaxy Z Fold3© Istimewa

Selain itu, Galaxy Z Fold3 juga dibekali pelindung IPX8 yang bisa melindungi ponsel dari air di kedalaman hingga 1,5 meter selama 30 menit. Samsung juga membekali perangkat ini dengan Corning Gorilla Glass Victus untuk melindungi layar dari goresan dan benturan.

Tak ketinggalan, Galaxy Z Flip3 juga mendapatkan peningkatan, mulai dari ukuran layar sekunder yang lebih lebar, yaitu 1,9 inci dengan panel Super AMOLED Display beresolusi 112 x 300 piksel.

Galaxy Z Fold3© Istimewa

Samsung Galaxy Z Flip3 kini juga dibekali dua kamera utama, yaitu ultrawide 12 MP dan wide 12 MP. Ada pula bingkai yang menggunakan Armor Premium, yang diklaim sebagai rangka ponsel terkuat saat ini

Adapun fitur keren seperti Flex Mode, Multi Window, Auto Framing, hingga Smart Switch menjadi selling point lain, menghadirkan berbagai cara baru yang diminati anak muda dalam menggunakan smartphone, dan pengalaman ini tidak dapat ditemukan di platform iOS maupun perangkat Android lainnya.

Beri Komentar