Gerhana Bulan Total dan Supermoon Terjadi Bersamaan, Apa Keistimewaannya?

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 26 Mei 2021 16:00
Gerhana Bulan Total dan Supermoon Terjadi Bersamaan, Apa Keistimewaannya?
Gerhana bulan berbarengan dengan supermoon akan terjadi di Indonesia.

Dream - Fenomena alam langka akan terjadi di langit Indonesia pada malam ini, Rabu, 26 Maret 2021. Gerhana bulan total yang bisa dilihat di Indonesia akan terjadi dikala satelit bumi ini mengalami fase blood moon.

Gerhana bulan pada hari ini akan menjadi yang pertama kali terjadi di tahun 2021. Lalu apa keistimewaan dari momen gerhana bulan yang terjadi bersamaan dengan bulan purnama merah ini?

Shannon Schmoll, direktur dari Baram Planetarium, Departemen of Physics and Astroonomi dari Michigan State University memberikan penjelasna mengenai fenomena alam langka ini dikutip dari laman theconversation.

 

1 dari 4 halaman

Apa itu Supermoon?

11 Januari Kita Bertemu Gerhana Bulan Penumbra© MEN

Fenomena supermoon terjadi ketika bertepatan ketika terjadi purnama atau bulan baru di mana jarak bulan dan bumi berada di titik terdekatnya.

Orbit bulan saat mengelilingi bumi diketahui tidak berbentuk lingkaran sempurna. Ini berarti jarak Bulan dari Bumi bervariasi saat mengelilingi planet. Titik terdekat di orbit, yang disebut perigee, kira-kira 28.000 mil lebih dekat ke Bumi daripada titik terjauh dari orbit. Bulan purnama yang terjadi di dekat perigee disebut supermoon .

Dikatakan supermoon karena jarak bulan yang relatif dekat membuatnya tampak sedikit lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Meskipun perbedaan antara supermoon dan bulan normal biasanya sulit untuk diperhatikan kecuali jika kamu melihat dua gambar secara berdampingan.

(Lihat Video: Mau Melihat Gerhana Langka Super Blood Moon? Catat Tanggalnya!)

 

 

2 dari 4 halaman

Bagaimana gerhana bulan terjadi?

Gerhana bulan terjadi ketika bayangan bumi menutupi seluruh atau sebagian Bulan. Ini hanya bisa terjadi selama bulan purnama. Hal pertama yang harus dipahami adalah apa yang membuat bulan purnama.

Seperti Bumi, separuh Bulan disinari matahari pada satu waktu. Bulan purnama terjadi ketika Bulan dan Matahari berada di sisi berlawanan dari Bumi. Ini memungkinkan kamu melihat keseluruhan sisi yang menyala, yang terlihat seperti cakram bundar di langit malam.

Jika Bulan memiliki orbit yang benar-benar datar, setiap bulan purnama akan menjadi gerhana bulan. Namun orbit Bulan miring sekitar 5 derajat relatif terhadap orbit Bumi. Sehingga besar waktu bulan purnama berakhir sedikit di atas atau di bawah bayangan Bumi.

Gerhana Bulan Total 2019© MEN

Tapi dua kali di setiap orbit bulan, Bulan berada di bidang horizontal yang sama dengan Bumi dan Matahari. Jika ini sesuai dengan bulan purnama, Matahari, Bumi, dan Bulan akan membentuk garis lurus dan Bulan akan melewati bayangan Bumi. Ini menghasilkan gerhana bulan total .

Untuk melihat gerhana bulan, Anda harus berada di sisi malam Bumi saat Bulan melewati bayangan. Tempat terbaik untuk melihat gerhana bulan total pada 26 Mei 2021 adalah di tengah Samudra Pasifik, Australia, Pantai Timur Asia, dan Pantai Barat Amerika. Ini akan terlihat di bagian timur AS, tetapi hanya tahap paling awal sebelum Bulan terbenam.

 

3 dari 4 halaman

Mengapa bulan terlihat merah?

Tonton Gerhana Bulan Total Langsung di Sini© MEN

Saat Bulan tertutup sepenuhnya oleh bayangan bumi, bulan akan menjadi gelap, tetapi tidak sepenuhnya menjadi hitam. Sebaliknya, ia mengambil warna merah, itulah sebabnya gerhana bulan total terkadang disebut bulan merah atau darah.

Sinar matahari mengandung semua warna cahaya tampak. Partikel-partikel gas yang membentuk atmosfer bumi lebih cenderung menyebarkan cahaya dengan panjang gelombang biru sementara panjang gelombang yang lebih merah melewatinya. Ini disebut hamburan Rayleigh , dan itulah sebabnya langit berwarna biru dan matahari terbit dan terbenam seringkali berwarna merah .

Dalam kasus gerhana bulan, cahaya merah dapat melewati atmosfer bumi dan dibiaskan - atau dibengkokkan - ke arah Bulan, sementara cahaya biru disaring. Ini meninggalkan bulan dengan rona kemerahan pucat saat gerhana .

Semoga kalian bisa melihat gerhana bulan super ini. Ketika Anda melakukannya, sekarang Anda akan tahu persis apa yang membuat pemandangan yang begitu istimewa.

4 dari 4 halaman

Sholat Gerhana© Dream

Beri Komentar