Dihapus Google, Jangan Pasang Aplikasi ini di Androidmu

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 1 Mei 2019 07:00
Dihapus Google, Jangan Pasang Aplikasi ini di Androidmu
Hati-hati, jangan pasang aplikasi ini di Androidmu.

Dream - Google melarang beberapa aplikasi Android asal China. Larangan itu dilakukan setelah investigasi yang dikembangkan BuzzFeed.

Dalam laporannya, BuzzFeed menyebut perusahaan DO Global, yang dimiliki raksasa internet Baidu, telah melakukan penipuan melalui iklan. Dari penelusuran itu, Google menghapus masal aplikasi tersebut di Play Store.

Sampai hari ini, 46 aplikasi dari DO Global hilang dari Play Store. Akibat larangan dan penghapusan ini, aplikasi besutan DO Global tidak lagi menawarkan inventarisasi iklan dengan pembelian melalui jaringan AdMob Google.

Google tidak mengomentari secara khusus tentang penghapusan tersebut. Tapi, sumber Google, mengatakan perusahaan tersebut akan melarang DO Global secara keseluruhan.

" Kami secara aktif menyelidiki perilaku jahat, dan ketika kami menemukan pelanggaran, kami mengambil tindakan, termasuk penghapusan kemampuan pengembang untuk memonetisasi aplikasi mereka dengan AdMob di Google Play," kata juru bicara Google.

1 dari 1 halaman

DO Global Menerima Keputusan Ini

 Beberapa aplikasi yang dilaporkan pengguna (Foto: Buzzfeed)

Aplikasi besutan DO Global yang disinyalir menipu pengguna (Foto: Buzzfeed)

Sebelum penghapusan aplikasi, DO Global memiliki sekitar 100 aplikasi di Play store. Aplikasi tersebut telah terpasang sebanyak 600 juta kali.

Penghapusan yang dilakukan Google ini dianggap yang terbesar sejauh ini. Atau dilihat dari sudut pandang lain, terbesar melembagakan pengembang aplikasi.

DO Global mengeluarkan permintaan maaf dan mengakui `penyimpangan` aplikasi yang dibuatnya. DO Global juga mengatakan menerima keputusan Google.

DO mengklaim memiliki lebih dari 250 juta pengguna aktif bulanan untuk aplikasinya. Aplikasi itu menjangkau 800 juta pengguna melalui platform iklannya.(Sah)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone