Huawei Bersiap Bikin Konsol Game Pesaing PS5 dan Xbox Series X?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 2 Maret 2021 09:49
Huawei Bersiap Bikin Konsol Game Pesaing PS5 dan Xbox Series X?
Huawei sedang mengerjakan konsol game dan notebook yang didedikasikan untuk para gamers.

Dream - Raksasa teknologi asal negeri tirai bambu, Huawei dikabarkan tengah merancang konsol game setara atau sejenis dengan Sony PlayStation 5 dan Microsoft Xbox Series X.

Berdasarkan laporan dari pusat Huawei yang terlihat pada tautan Weibo, Huawei sedang mengerjakan konsol game dan notebook yang didedikasikan untuk para gamers.

Dikutip dari indianexpress.com, belum ada tanggal perkiraan dari kapan konsol game ini akan debut. Namun, perusahaan nantinya akan meluncurkan satu set notebook gaming serta peralatan pendukungnya.

Hal ini dilakukan untuk memutus duopoli yang dibuat oleh Sony dan Microsoft dengan konsol game mereka di pasar selama bertahun-tahun.

Perusahaan belum membuat pengumuman resmi tentang konsol game atau notebook baru tersebut. Belum terlihat platform mana yang akan menjadi dasarnya, game ekskulif yang akan tersedia, dan bagaimana konsol tersebut dapat menyaingi konsol kelas berat lainnya.

Sementara itu, konsol game terbaru dari Sony dan Microsoft juga sangat laris, saham Sony PS5 dikabarkan segera habis setelah memasuki pasar dan situasinya diperkirakan bakal bertahan hingga pertengahan 2021.

Selain Sony dan Microsoft, konsol game juga milik Nintendo, Switch juga tengah jadi primadona. Penjualannya meningkat pesat.

Sekadar informasi, Huawei harus melepas bisnis smartphone Honor awal tahun ini setelah Amerika Serikat memangkas pasokan chip-nya.

Laporan: Josephine Widya

1 dari 4 halaman

PS5 Tak Lagi Langka Mulai Pertengahan 2021, Para Tengkulak Siap-siap Gigit Jari!

Dream – Sejak diluncurkan pertama kali pada November 2020 kemarin, Sony PlayStation 5 jadi konsol game yang sulit dibeli customer karena kurangnya pemasokan produk.

“ Kekurangan itu kemungkinan akan berlanjut sedikit lama, tapi stok harus naik di paruh kedua tahun ini,” ujar Presiden dan CEO Sony Interactive entertainment Jim Ryan seperti dikutip Theverge.com.

Ryan merasakan kalau permintaan PS5 lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya. Bahkan ia dan timnya mulai merefleksikan serta merencanakan konsol generasi berikutnya sejak antusias pecinta game pada PS5.

“ Hal itu bersama dengan kompleksitas masalah rantai pasokan yang mengakibatkan pasokan sedikit lebih rendah dari yang kami perkirankan,” jelas Ryan.

Ilustrasi© Shutterstock

2 dari 4 halaman

Untuk memenuhi banyaknya permintaan masyarakat perihal ini, Ryan dan tim PS5 membutuhkan waktu cukup panjang selama 2021 ini.

Meski demikian, Ryan tidak menjanjikan bahwa akan ada cukup stok bagi semua orang yang menginginkan konsol di musim liburan nanti.

Diketahui, permintaan PS5 yang tinggi bertepatan dengan momen COVID-19 yang mengharuskan semua pihak menghabiskan banyak waktu di rumah saja sehingga membutuhkan hiburan dari dalam rumah.

Namun, Sony sudah melihat sesuatu menggembirakan dalam rincian pelanggan yang mampu membeli PS5

Satu dari empat pemilik PS5 diketahui tidak memiliki konsol PS4, dan setengah dari semua pemilik PS5 baru mengenal PSN (sistem akun online Sony yang digunakan perusahaan sejak PS3 ada).

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Theverge)

3 dari 4 halaman

Dijual Rp973 Juta, Ini Konsol PS5 Raksasa Berat 227 Kg dan Tinggi 3 Meter

Dream – Di dunia gamers, tak ada konsol game yang banyak diidamkan saat ini selain Playstation 5 (PS5). Namun PS5 yang dimiliki Youtuber terkenal ZHC ini mungkin menjadi satu-satunya yang terbesar di dunia.  

Konsol PS5 ini memiliki tinggi 10 kaki atau sekitar 3 meter, berat 500 pound (227 Kg) dan harus ditebus seharga US$ 70 ribu setara Rp973 juta. 

“ Aku membeli PS5 terbesar di dunia dan melukisnya,” ujar ZHC pada tautan Twitter di akun pribadinya.

PS5 ini merupakan konsol modern terbesar yang pernah ada, yang tentunya akan menjadi masalah bagi beberapa pemain PlayStation. Banyak yang berkomentar harga US$ 70 ribu tidak sebanding dengan produknya.

PS5© Twitter/@zhc_yt

Untuk mendapat konsol dalam prespektif yang segitu besar, setidaknya kamu harus menumpuk sekitar 30 konsol PS5 yang biasa secara horizontal untuk mencapai ketinggian yang sama dengan konsol besar saat berdiri secara vertikal.

Bisa dibilang, konsol sebesar ini juga akan sulit masuk lewat pintu rumah orang biasa.

 

4 dari 4 halaman

Sementara itu untuk mendapatkan prespektif berat PS5, seberat 500 pound, setidaknya diperlukan 55 konsol PS5 biasa, dengan berat sekitar 9 pound untuk satu PS5 yang biasa.

Tentu saja, konsol sebesar ini juga dilengkapi dengan pengontrol DualSense yang luar biasa besar, menyesuaikan dengan konsolnya.

“ Bagi kalian yang bertanya, apakah pengontrol raksasa 4 feet (30 cm) benar-benar berfungsi, bagian dalam yang cukup rumit dan memiliki lampu Led ini juga, semua tombol berfungsi normal seperti tombol berukuran biasa,” tambah ZHC.

Kebanyakan orang, mungkin berpikir akan sulit untuk memiliki PS5 raksasa ini, apalagi dengan harga selangit.

Untuk PS5 yang biasa saja, banyak orang yang sulit mendapatkannya karena langka, apalagi PS5 raksasa yang sulit dalam pembuatan serta harga yang sulit dijangkau.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Comicbook)

Beri Komentar