Jadi Decacorn, Grab Fokus Akselerasi Startup di Indonesia

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 16 Maret 2019 13:30
Jadi Decacorn, Grab Fokus Akselerasi Startup di Indonesia
Ada 6 tingkatan nilai startup mulai dari cokroach, pony, centaurs, unicorn, decacorn, dan hectocorn.

Dream - Sempat jadi topik hangat akhir-akhir ini, kini kian banyak yang mengenal istilah valuasi di dunia startup. Bukan hanya unicorn saja, tapi ada 6 tingkatan nilai startup mulai dari cokroach, pony, centaurs, unicorn, decacorn, dan hectocorn.

Tiga tingkatan awal biasanya menandakan langkah-langkah pertama dari pertumbuhan startup. Sedangkan unicorn, decacorn, dan hectocorn sering dipandang sebagai standar keberhasilan startup.

Beda Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn

Tiga level teratas ini sering dianggap sebagai pencapaian yang luar biasa bagi startup. Status unicorn diberikan untuk perusahaan rintisan dengan valuasi di atas US$1 miliar, sedangkan decacorn memiliki nilai 10 kali lipat lebih besar dari unicorn atau tepatnya US$10 miliar.

Tertinggi adalah hectocorn yang ditempati oleh perusahaan yang valuasinya mencapai US$100 miliar. Hingga kini sudah ada 300 lebih startup unicorn di dunia dan baru ada 20 startup yang berhasil naik level ke decacorn, termasuk Grab.

Pencapaian Luar Biasa dari Unicorn ke Decacorn

Startup unicorn butuh waktu yang tak sedikit untuk naik level ke decacorn. Dengan valuasi yang mencapai 10 kali lipat, startup tidak hanya mengembangkan model bisnis, tapi juga terus mengembangkan fitur terbaru, dan memberikan layanan terbaik untuk menarik user.

Aspek-aspek ini menjadi beberapa pertimbangan investor untuk menyuntikkan dana dan meningkatkan valuasi startup.

Pendanaan Grab yang Bawa ke Level Decacorn

Keberhasilan Grab meraih gelar decacorn tak lama setelah mendapat pendanaan dari Softbank Vision Fund sebesar US$1,46 miliar. Investasi terbesar ini menggenapi total dana US$4,5 miliar yang didapat dari pendanaan seri H dan menjadikan valuasi Grab meningkat menjadi US$11 miliar.

Beberapa investor lain yang ikut mendorong Grab menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara adalah Toyota Motor Corporation, Oppenheimer Funds, Hyundai Motor Group, Booking Holdings (induk perusahaan Agoda), Microsoft, Ping An Capital, dan Yamaha Motor.

Rencana Grab usai Resmi Jadi Startup Decacorn

Setelah resmi menyandang status decacorn, Grab berencana menggunakann investasi untuk mengembangkan visi sebagai superApp unggulan di Asia Tenggara.

Bakal jadi solusi sehari-hari, Grab menghadirkan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital dalam satu aplikasi.

Selain itu, Grab juga berencana menginvestasikan sebagian besar dananya untuk mengembangkan talenta di Indonesia. Bukan hanya mendorong tumbuhnya wirausaha muda dan bekerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia, tapi juga mempercepat akselerasi startup baru.

Lewat program GrabVentures, Grab telah memilih 3 startup asal Indonesia untuk diberi diberi pelatihan dan mentoring, khususnya di budang teknologi. Hal ini didorong keinginan Grab untuk membantu pengembangan startup di Indonesia dan menciptakan ekosistem yang baik.

Rencana Grab untuk mengakselerasi startup lokal ini masih sejalan dengan filosofi platform terbuka, yang dapat menyatukan para mitra demi hidup yang lebih baik di Asia Tenggara.

Telah meraih status decacorn tak membuat langkah Grab terhenti untuk memberikan layanan terbaik, harga terjangkau, dan efisiensi waktu bagi para pengguna setianya.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone