Kapan Waktu yang Tepat Detoks Media Sosial?

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Rabu, 14 Agustus 2019 12:48
Kapan Waktu yang Tepat Detoks Media Sosial?
Keranjingan media sosial pada awalnya tidak dapat dirasakan. Akan tetapi hal itu dapat memicu gangguan mental.

Dream - Masyarakat modern seolah hidup di dunia maya dan terlena dengan media sosial. Banyak orang berupaya menunjukkan eksistensi mereka lewat setiap unggahan.

Tak dapat dipungkiri bahwa media sosial sangat erat kaitannya dengan aktivitas sehari-hari. Namun hal tersebut bisa berbahaya ketika sudah menjadi candu.

Keranjingan media sosial pada awalnya tidak dapat dirasakan. Akan tetapi hal itu dapat memicu gangguan mental.

" Berdasarkan riset yang ditemukan, orang yang memakai lebih dari 7 media sosial berisiko mengalami anxiety dan depresi tiga kali lipat lebih besar," ungkap Glenn Ranti, Head of Marketing Communications PermataBank di konferensi pers Wealth Wisdom, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.

Satu-satunya cara untuk menyembuhkan diri akibat pengaruh dunia maya adalah dengan melakukan detoks media sosial.

1 dari 2 halaman

Kapan Waktu yang Tepat?

Tren detoks media sosial kini banyak dilakukan oleh banyak publik figur. Namun sebenarnya, detoks harus dilakukan pada waktu yang tepat.

" Secara psikologis, media sosial dan internet memberi manfaat tapi juga membuat manusia jadi serba kebingungan. Di tengah kebingungan, respon yang sering diambil manusia adalah apatis dan agresi yang tidak sehat," papar Adjie Santosoputro, Emotional Healing & Mindfulness Expert Co-Founder Jeda Wellnest.

 Kapan Waktu Tepat untuk Detoks Media Sosial?

Sifat apatis membuat kita merasa tidak peduli dan kerap melarikan diri dari masalah. Sementara itu, agresi membuat kita jadi lebih sulit menahan amarah.

2 dari 2 halaman

Pemicu Kecanduan

Hentikan pemakaian media sosial ketika sudah merasa sensitif, emosi tidak stabil, tidak bahagia dan sulit tidur nyenyak.

" Kecanduan itu muncul ketika kita merasa tidak lengkap dan belum puas tanpa melakukan hal tersebut. Kalau keseringan nanti bisa kurang tidur, sensi dan baperan," ujarnya.

 Kapan Waktu Tepat untuk Detoks Media Sosial?

Rehat dari dunia maya untuk sementara bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih tenang. Sahabat Dream dapat menutup akun untuk sementara atau menghapus platform media sosial jika perlu. (ism)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo