Wow! Tanpa Casing, Komputer Jadul Apple 1 Terjual Rp 6,7 Miliar!

Reporter : Idho Rahaldi
Jumat, 31 Mei 2019 08:14
Wow! Tanpa Casing, Komputer Jadul Apple 1 Terjual Rp 6,7 Miliar!
Pada tahun 1976, hanya dibutuhkan beberapa ratus dolar saja untuk dapat memiliki komputer Apple-1 ini...

Dream - Siapa sih yang tak mengenal Apple? Salah satu perusahaan raksasa teknologi yang paling bernilai di dunia.

Meski termasuk barang mewah karena harga jual yang sangat mahal, tetap saja orang berbondong-bondong mengantre untuk membeli produk Apple saat mereka mengeluarkan produk anyarnya.

Dari sekian banyak teknologi yang kini ditawarkan Apple, baru-baru ini sang nenek moyang yakni komputer Apple-1 terjual dengan harga fantastis.

Seperti dilansir dari thevocket.com, rumah lelang Christie, baru-baru ini melelang Apple-1 buatan tahun 1976 di pelelangan di London, Inggris.

Tak disangka, komputer yang masih bisa bekerja itu terjual dengan harga sekitar Rp 6,7 miliar. Nama pembelinya dirahasiakan pihak rumah lelang. 

1 dari 2 halaman

Komputer Pertama Apple

Seperti diketahui, Apple-1 merupakan komputer keluaran pertama yang dirancang dan dibuat sendiri oleh pendiri Apple Steve Wozniak dan Steve Jobs.

Apple-1 yang diluncurkan pada Juli 1976 itu adalah komputer desktop pertama yang dirilis oleh Apple pada tahun yang sama ketika perusahaan itu didirikan di garasi orang tua Steve Jobs.

Wozniak membuat sendiri 200 komputer Apple-1 yang diproduksi perusahaan.

Pada tahun 1977, Apple merilis versi terbaru dari komputer desktopnya, Apple-II, dan menghentikan produksi Apple-1 setelah hanya memproduksi beberapa ratus komputer.

2 dari 2 halaman

Kemasan Baru

Karena komputer Apple-1 asli tidak dijual dengan kasingnya, maka komputer yang dilelang oleh Christie dikemas dalam tas kulit yang dipasang oleh pemilik sebelumnya, kata rumah lelang itu, mengutip CNBC Make It.

Komputer ini juga dilengkapi dengan keyboard bawaan dan manual pengoperasian asli untuk Apple-1, serta manual pengguna untuk menulis bahasa pemrograman komputer, atau yang disebut BASIC.

      Lihat postingan ini di Instagram

#hypebeasttech: A 1976 @apple I encased in its leather briefcase has been sold for almost $500,000 USD. The computer was hand-built by co-founder Steve Wozniak himself, with only 200 units believed to be made. Today only 68 editions remain to exist as the rest have been destroyed over time. How much would you bid for it? Photo: @christiesinc

Sebuah kiriman dibagikan oleh HYPEBEAST (@hypebeast) pada

Karena sedikitnya jumlah Apple-1 yang ada saat ini, komputer itu jarang ditemukan di pasar terbuka, terutama dalam kondisi masih bekerja, dan itu membuatnya cukup berharga bagi siapa pun yang ingin mengetahui sepotong sejarah teknologi.

Saat ini hanya ada 15 Apple-1 dalam koleksi publik, termasuk museum, seperti Museum Seni Smithsonian di Washington, D.C.

(sah, thevocket.com)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya