Kunjungi SpaceX, Ini Sederet Fakta Pertemuan Jokowi dengan Elon Musk di AS

Reporter : Okti Nur Alifia
Selasa, 17 Mei 2022 12:45
Kunjungi SpaceX, Ini Sederet Fakta Pertemuan Jokowi dengan Elon Musk di AS
Setelah kunjungan Presiden Jokowi ke SpaceX, Elon Musk berencana ke Indonesia pada bulan November 2022.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyambangi markas besar orang terkaya di dunia Elon Musk di SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu, 14 Mei 2022. 

Kunjungan Jokowi dengan CEO Tesla sekaligus founder SpaceX tersebut, merupakan tindak lanjut dari perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga ikut menemani Jokowi berbicara dengan Elon Musk.

“ Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” ujar Presiden, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet pada Selasa, 17 Mei 2022.

Elon Musk mengaku sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Menurutnya, Indonesia terlihat sangat optimistis dan memiliki energi positif.

“ Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia,” ujar Elon.

Berencana sambangi Indonesia di bulan November mendatang, berikut ini sederet fakta pertemuan Elon Musk dengan Jokowi.

1 dari 4 halaman

Jokowi dan Elon Musk Keliling Space X Bersama

Jauh-jauh ke Negeri Paman Sam, tak disia-siakan oleh Jokowi untuk berkeliling langsung di Gedung Stargate SpaceX bersama Elon. Dia yang datang pukul 10.30 waktu setempat pun disambut langsung oleh CEO yang belum lama ini juga menjadi pemilik Twitter.

Jokowi bertemu Elon Musk© (Foto: setkab.go.id)

Jokowi berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX, setelah berdiskusi seputar teknologi dan inovasi. Kunjungan untuk yang pertama kalinya itu juga diabadikan Jokowi di akun Instagram resminya. Dalam potretnya, Jokowi terlihat membawa botol minum hitam berlogo Space X.

“ Seusai berdiskusi dengan tuan rumah, Elon Musk mengajak saya meninjau lokasi fasilitas produksi roket Space X di Boca Chica, Amerika Serikat. Kurang lebih sejam lamanya kami melihat-lihat dari dekat pabrik yang melahirkan roket-roket angkasa luar ini,” tulis Jokowi dalam akun Instagramnya @Jokowi.

2 dari 4 halaman

Elon Musk Tertarik untuk Bekerja Sama dengan Indonesia

Melihat potensi Indonesia yang dikatakannya punya energi positif di masa depan. Elon menyampaikan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan Indonesia karena memiliki potensi di banyak bidang.

Jokowi bertemu Elon Musk© (Foto: setkab.go.id)

“ Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan,” kata Elon.

Pertemuan singkat orang nomor satu Indonesia ini, selain dengan Luhut Binsar Pandjaitian, adapula, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani yang ikut dalam rombongan.

3 dari 4 halaman

Elon Musk Berencana ke Indonesia Bulan November

Dalam kunjungannya ke SpaceX tersebut, mantan Gubernur Jakarta ini mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia.

“ Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia,” ucap Jokowi.

Jokowi bertemu Elon Musk© (Foto: Instagram/jokowi)

Menjawab undangan Jokowi untuk datang ke Indonesia, Elon Musk mengatakan berencana datang pada bulan November tahun ini.

“ Mudah-mudahan di Bulan November, terima kasih atas undangannya,” ujar Elon.

4 dari 4 halaman

Gaya Santai Elon Musk Kenakan Kaos Seharga Rp439 Ribu

Jokowi tampil dengan gaya ikoniknya yaitu kemeja putih serta celana hitam yang dilengkapi dengan sneakers hitam. Lain halnya dengan Elon Musk yang bergaya santai berbalut kaus hitam, celana panjang dan sepatu pantofel. 

Melansir dari Liputan6.com, kaus yang dikenakan Elon merupakan koleksi dari merchandise resmi SpaceX yang dijual melalui laman resmi Shop SpaceX bernama Starman T-shirt. 

Kaos ini 100% terbuat dari katun yang dibanderol seharga 30 dolar AS atau senilai Rp439 ribu. Hal ini bukan pertama kalinya Elon bergaya santai mengenakan kaus saat bertemu dengan pejabat Indonesia. Sebelumnya, saat bertemu Luhut Binsar Pandjaitan ia pun mengenakan kaos.

 

Beri Komentar