Maksimalkan Kamera Smartphone Untuk Foto Produk UMKM

Reporter :
Sabtu, 9 Oktober 2021 19:29
Maksimalkan Kamera Smartphone Untuk Foto Produk UMKM
Tak perlu kamera canggih untuk menghasilan foto produk yang cantik.

Dream - Menjadi pelaku UMKM pada zaman yang sudah serba digital, membuat kita harus bisa berinovasi mengikuti tren yang ada. Ditambah adanya pandemi Covid-19 mendorong masyarakat lebih memilih berbelanja secara online. 

Tingginya peminat belanja online membuat para pelaku UMKM harus mulai berjualan secara digital. Kesulitan para pelaku UMKM ketika harus mulai berjualan digital adalah memperlihatkan produk dagangan mereka.

Banyak pelaku UMKM yang kesulitan ketika harus memasarkan produknya melalui platform penjualan online. Padahal, hal itu bisa dipelajari dengan mudah.  

Pelaku UMKM yang baru mulai berjualan secara digital, banyak yang merasa kurang percaya diri ketika membuat konten. Banyak yang merasa perlu peralatan baguis untuk membuat konten jualan. 

Sebenarnya, kamu bisa memanfaatkan perangkat smartphone milikmu. Saat ini smartphone  sudah memiliki fitur kamera yang bagus dan bisa menghasilkan konten jualan yang menarik. 

 

 

1 dari 2 halaman

Belajar Foto Produk Jualan dengan Kamera Smartphone

Foto yang bagus dapat membuat produk yang kamu jual memiliki nilai lebih. Ternyata tanpa menggunakan kamera professional kamu juga bisa memberikan hasil gambar yang bagus.

Pengajar workshop produk-produk UMKM di Batam, Meyani Kristina Ningrum, membagikan beberapa tips foto produk jualan menggunakan smartphone. Dalam acara Re-Energizing Trip with OPPO A16, ia mengungkapkan banyak pelaku UMKM di Batam yang memanfaatkan smartphone untuk membuat konten. 

Alasannya, ringkas dan sudah menjadi bagian dari hidup. Zaman digital menbuat semua orang selalu membawa smartphonenya kemana-mana. 

" Kenapa lebih memilih foto dengan handphone, alasannya karena perangkatnya kecil, mudah dibawa ke mana-mana. Handphone juga sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita, beda ketika menggunakan DSLR. Dengan menggunakan handphone untuk membuat konten, kita bisa lebih fleksibel, dan jadinya lebih sering membagikan konten untuk keperluan promosi, dibanding ketika menggunakan DSLR,” ungkap Mei, 08 Oktober 2021. 

Salah satu smartphone yang juga dimanfaatkan oleh Mey untuk memotret produk UMKM adalah OPPO A16. Smartphone dengan harga 2jutaan ini memiliki beragam fitur, yang bagus dan cocok untuk memotret produk-produk yang dijual. 

 

 

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Kamera OPPO A16

Smartphone OPPO ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang. Ketiga kamera dari OPPO A16 memiliki fungsinya masing-masing, yang dapat kamu manfaatkan saat foto produk. 

Kamera utama 13MP F/2,2, bisa kamu manfaatkan untuk foto apa saja. Kamera yang ini dapat kamu manfaatkan untuk memotret produk jualan secara menyeluruh. 

Sedangkan kamera potrait 2MP F/2,4, berguna jika kamu ingin membuat background tidak terlihat. Saat memotret dalam keadaan latar yang ramai, fitur bokeh bisa kamu manfaatkan agar objek foto lebih terlihat. 

Sedangkan yang terakhir adalah kamera makro 2MP f/2,4 yang bisa berfungsi memotret bagian kecil. Dengan kamera ini, jika produk yang kamu memiliki tekstur atau detail, bisa terabadikan dengan sempurna. 

Selain kamera, OPPO A16 dilengkapi dengan RAM 3GB dan ROM 32GB yang dapat diperluas hingga 256GB, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan memori. Dengan dilengkapi dengan baterai 5000mAh smartphine ini memberikan daya cukup lama untuk mendukung aktivitas kamu saat bikin konten untuk jualan.

Beri Komentar