Mengenal Titik-titik Penting Rumah Sebelum Memasang Kamera Keamanan

Reporter : Wuri Anggarini
Rabu, 9 Desember 2020 10:00
Mengenal Titik-titik Penting Rumah Sebelum Memasang Kamera Keamanan
Baca artikelnya sampai selesai, yuk!

Memasang kamera keamanan di rumah sekarang bukan hanya perkara gaya-gayaan atau kemewahan saja. Nyatanya, rumah juga punya blindspot yang tidak terpantau pengamatan jika sedang berada di dalamnya. Keamanan dalam rumah itu penting, mengingat keselamatan penghuni adalah nomor satu. Selain itu, penting juga untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap barang-barang yang dimiliki.

Jika ingin memasang kamera keamanan di rumah, kira-kira di mana sih spot penting yang seharusnya nggak boleh dilewatkan? Lalu, sebaiknya pasang CCTV atau IP Camera ya? Mana nih IP Cam dari Bardi Smart Home Indonesia yang sesuai dengan kebutuhanmu? Baca artikelnya sampai selesai, yuk!

1 dari 4 halaman

Pintu Depan

Shutterstock© Shutterstock

Pintu depan merupakan jalan masuk utama ke dalam rumah. Nggak hanya bagi pemilik rumah saja, tapi juga bagi pencuri yang punya niat jahat ke dalam rumahmu. Jadi, penting untuk memasang satu kamera keamanan di atas langit-langit rumah yang menyorot langsung ke pintu depan rumah. Selain itu, jangan lupa set pemberitahuan ke smartphone jika ada gerak mencurigakan yang terjadi di area pintu depan ini supaya kamu bisa lebih mudah melakukan pemantauan.

© Dream
2 dari 4 halaman

Halaman Belakang

Shutterstock© Shutterstock

Bagian belakang rumah biasanya memiliki area terbuka yang biasanya digunakan untuk menjemur pakaian atau jadi area berkebun sang pemiliknya. Selain memastikan pencahayaan di malam hari, jangan lupa lengkapi dengan kamera keamanan yang memiliki fitur night vision sebagai pelindung ekstra. Pastikan posisi kamera bisa menangkap dengan jelas area pagar pembatas untuk memantau gerak-gerik mencurigakan yang berusaha menerobos masuk ke dalam.

3 dari 4 halaman

Jendela Samping

Shutterstock© Shutterstock

Jendela samping rumah yang nggak terlihat dari jalanan juga menjadi akses potensial pencuri masuk ke dalam rumah. Jadi, saatnya berikan perlindungan tambahan dengan memasang kamera keamanan di bagian atas jendela. Fungsinya adalah untuk memantau lokasi penting di sekeliling rumah yang seringnya terlupakan. Jadi, memperkecil kesempatan pencuri menerobos masuk ke dalam rumahmu.

© Dream
4 dari 4 halaman

Garasi

Shutterstock© Shutterstock

Garasi juga menjadi area rumah yang wajib dipasang kamera keamanan. Pasanglah di posisi yang mampu menampilkan jalan masuk dan bagian dalam garasi. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah melakukan pemantauan terhadap mobil pribadi yang terparkir di dalamnya.

Sudah tahu mana saja titik penting yang wajib dipasang kamera keamanan, sekarang waktunya cari tahu kamera keamanan mana yang sesuai kebutuhanmu. Saat bingung memilih CCTV atau IP Cam, simak dulu penjelasan berikut ini!

CCTV atau Closed Circuit Television adalah sistem pengawasan yang mengirimkan umpan dari kemera keamanan yang terhubung ke lokasi tertentu. Beberapa ciri kamera CCTV antara lain kirim video melalui kabel coax atau UTP, video direkam DVR, semua harus di satu lokasi dan menghasilkan gambar dengan resolusi rendah.

Sementara itu IP Camera atau internet protocol camera adalah video digital yang mengirimkan rekaman lewat jaringan komputer. Perangkat ini memanfaatkan teknologi kamera pengawasan yang videonya disimpan secara digital. Beberapa ciri IP Camera antara lain mengirim video lewat internet, tidak semua perlu disimpan dalam satu lokasi, peningkatan resolusi yang dibekali dengan fitur night vision, dan menyiarkan video sebagai siaran digital.

BARDI© BARDI

Untuk memasang IP Camera di luar rumah, Bardi Smart Outdoor Static IP bisa jadi solusinya nih. Kamera pintar yang satu ini bisa menyalurkan video dan suara lewat smartphone. Dengan slot penyimpanan berupa SD Card hingga 128GB, IP Cam yang satu ini juga memberikan notifikasi jika ada yaang lewat pada jam yang sudah ditentukan dalam aplikasi. Dalam kondisi gelap, kamera ini akan otomatis beralih ke mode night vision.

BARDI© BARDI

Selain IP Camera untuk outdoor, Bardi Smarthome masih punya jenis IP Camera lain. Seperti IP Camera IDR-IPC-STC yang bisa menyalurkan video beserta suara ke smartphone dan sebaliknya. Dibekali juga dengan notifikasi untuk pengguna dan night vision, IP Camera ini bisa melengkapi kebutuhanmu.

Bagi yang membutuhkan IP Camera Indoor, pilih saja IP Cam Indoor PTZ yang juga memiliki kemampuan night vision. Kamera ini punya orientasi video dalam aplikasi yang bisa diputar hingga 360 derajat dan tilt 60 derajat lebih luas serta bebas dalam melakukan pengawasan.

Temukan informasi tentang produk Bardi Smart Home lainnya di Instagram @bardismarthome atau tonton video pengenalan produknya di sini.

Beri Komentar