Meski Mudah Diingat, Jangan Gunakan Lagi Password Ini

Reporter : Alfi Salima Puteri
Sabtu, 20 November 2021 14:02
Meski Mudah Diingat, Jangan Gunakan Lagi Password Ini
200 kata sandi yang paling umum digunakan pada tahun 2021, urutan teratas adalah...

Dream - Kata sandi atau password yang digunakan pada media sosial, haruslah kuat dan unik. Namun, banyak pengguna masih menggunakan kata sandi yang lemah dan memakainya di seluruh media sosial yang mereka miliki. Hal ini dapat membahayakan data dan identitas mereka.

Laporan baru dari NordPass mengungkap 200 kata sandi yang paling umum digunakan pada tahun 2021, urutan teratas adalah ‘123456’. Peretas atau hacker hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk memecahkan kata sandi tersebut.

Tapi faktanya, ‘123456’ adalah kata sandi paling populer di 43 dari 50 negara yang dianalisis, lalu diikuti oleh ‘123456789’, ‘qwerty’, dan hanya ‘password’. Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi CEO NordPass, Jonas Karklys.

" Sayangnya, kata sandi terus melemah, dan orang-orang tidak menjaga untuk membuat kata sandi yang benar. Penting untuk dipahami bahwa kata sandi adalah pintu gerbang ke kehidupan digital kita. Dengan semakin banyaknya waktu yang kita habiskan di dunia online, menjadi sangat penting untuk menjaga keamanan siber kita dengan lebih baik," ujar Jonas, dikutip dari TechRadar.

 

1 dari 4 halaman

Menurut NordPass, wilayah tempat kita tinggal juga memengaruhi pemilihan kata sandi. Misalnya seperti nama tim sepak bola ‘steelers’ di Amerika Serikat, ‘liverpool’ di Inggris, hingga nama minuman lokal terkenal seperti ‘guinness’ di Irlandia dan kata sandi seperti ‘christ' di Nigeria dan ‘bismillah’ di Arab Saudi.

password© shutterstock.com

Jika dilihat secara jenis kelamin, NordPass mengungkapkan bahwa wanita cenderung menggunakan kata sandi yang berhubungan dengan musisi seperti ‘onedirection’ atau ‘justinbieber’, sementara pria lebih suka nama band seperti ‘metallica’ dan " slipknot" .

Perbedaan utama lainnya di antara jenis kelamin adalah bahwa secara keseluruhan, wanita menggunakan kata-kata yang lebih positif dan penuh kasih sementara pria lebih suka menggunakan kata-kata yang tidak senonoh saat membuat kata sandi.

2 dari 4 halaman

Alamak! Wi-Fi Gratis tapi Password Mirip Tali Jemuran, Panjang dan Susah Dihafal

Dream - Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pembelajaran di Indonesia secara drastis dalam sekejap. Sejak Maret 2020, aktivitas belajar di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh. Tak ada satupun sekolah yang membuka kelas untuk anak didiknya.

Tak hanya sekolah dasar, pendidikan dari tingkat playgroup hingga universitas diminta belajar dari rumah.

Dengan motode PJJ ini, aktivitas belajar dan mengajar dilakukan melalui daring dengan memanfaatkan jaringan Internet. Ada yang menyambut antusias, namun ada juga yang kelabakan karena harus mengeluarkan biaya ekstra buat beli paket data.

Kondisi ekonomi yang sedang melemah akibat banyaknya aksi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebagai dampak dari pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat menghadapi masalah baru. Salah satunya  adalah menyediakan akses internet untuk si buah hati.

Pemerintah berusaha mengatasinya dengan mengeluarkan kebijakan pemberian paket Internet gratis kepada para siswa, guru, dan dosen. Meski demikian, tidak semuanya bisa menikmati karena tak punya nomor HP.

Karenanya, sebagian warga masyarakat yang peduli dengan sesamanya mendirikan pos-pos layanan Wi-Fi gratis. Sehingga anak-anak bisa belajar secara online tanpa takut kehabisan kuota Internet.

3 dari 4 halaman

Layanan Wi-Fi Gratis Tapi...

Aksi tersebut bisa dilihat pada video yang dibagikan akun IG @makassar-iinfo berikut. Di video tersebut, sekelompok anak-anak mengerumuni sebuah pengumuman yang ditempel di dinding.

Bocah lagi berjuang menulis password layanan Wi-Fi gratis.© Cuplikan Video Instagram

Setelah didekati, ternyata pengumuman tersebut berisi tulisan layanan Wi-Fi percuma (gratis). Wi-Fi tersebut menggunakan SSID atau nama akses Muiz Kedap.

Password apa tali jemuran, panjang amir..© Cuplikan Video Instagram

Namun yang menjadi sorotan netizen adalah kata sandi atau password untuk mengakses Wi-Fi gratis tersebut. Bukannya dibuat mudah, kata sandi tersebut sangat sulit dihafalkan.

4 dari 4 halaman

Jangankan Dihafal, Nulisnya Aja Sudah Susah

Jangankan untuk menghafalkannya, menulis kata sandi itu di kertas maupun di HP butuh perjuangan yang tidak mudah. Masalahnya, kata sandi tersebut sangat panjang.

Perlu perjuangan panjang untuk menghafal password.© Cuplikan Video Instagram

Terlebih lagi, susunannya tidak hanya huruf dan angka, tapi semua kombinasi karakter yang ada di keyboard dipakai untuk membuat kata sandi Wi-Fi gratis tersebut.

Semua kombinasi karakter, huruf dan angka dipakai untuk menulis password.© Cuplikan Video Instagram

Jika dilihat dari kata percuma yang berarti gratis di dalam pengumuman itu, layanan tersebut bukan di Indonesia. Tetapi di negara berbahasa Melayu seperti Malaysia atau Brunei.

Beri Komentar