NASA Buka Lowongan Kerja di `Mars` Selama Setahun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 12 Agustus 2021 17:36
NASA Buka Lowongan Kerja di `Mars` Selama Setahun
Tak dijelaskan seberapa besar gajinya. Namun relawan akan hidup selama setahun di mars buatan yang dirancang mirip dengan kondisi di planet merah tersebut

Dream – Sahabat Dream sudah bosan tinggal di Bumi? Nah mungkin kamu bisa menjajal pengalaman sang tak bisa dirasakan orang di dunia dengan menjadi warga baru di planet Mars. 

Meski terdengar seperti cerita sains fiksi, mimpi tinggal di planet lain sedang coba diwujudkan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Lembaga Antariksa AS, NASA belum lama ini membuka lowongan untuk mereka yang ingin bekerja selama setahun di Mars. Eits jangan dulu berpikir berlebihan.

Mars yang dimaksud adalah planet buatan yang dirancang mirip dengan kondisi di planet merah tersebut.

Dikutip dari laman NASA, Kamis 12 Agustus 2021, NASA membutuhkan empat orang sukarelawan untuk mengikuti simulasi misi eksplorasi Mars, termasuk spacewalks.

Tentu saja lowongan kerja ini menawarkan bayaran—tapi tak dijelaskan berapa gajinya.

 

1 dari 3 halaman

Ini Tujuan NASA

NASA akan mempelajari cara orang-orang untuk merespons masalah potensial saat tinggal di luar angkasa pada masa depan. Yaitu, saat mereka tinggal di Bulan dan Mars.

“ Analogi ini sangat penting untuk menguji solusi memenuhi kebutuhan yang kompleks di Mars,” kata ilmuwan Johnson Space Center NASA di Houston, Grace Douglas.

Sekadar informasi, misi dalam lowongan pekerjaan ini adalah Crew Health and Performance Exploration Analog. Ada tiga simulasi hidup di “ Mars” selama setahun.

2 dari 3 halaman

Tugas Para Relawan

Empat kandidat yang terpilih ini nantinya akan tinggal di habitat Mars buatan, yaitu di Mars Dune Alpha, Johnson Space Center, di Texas, Amerika Serikat. Sekadar informasi, luas daerah ini 1.700 kaki persegi.

Tugas mereka adalah membuat simulasi tantangan misi di Planet Merah, seperti sumber daya yang terbatas, peralatan gagal, sampai komunikasi yang tertunda. Empat kandidat itu juga membuat simulasi perjalanan ruang angkasa, penelitian ilmiah, serta menggunakan robot.

Hasilnya ini berupa data ilmiah penting untuk mevalidasi sistem dan mengembangkan solusi tinggal di sana.

3 dari 3 halaman

Syarat Menjadi Relawan Mars

Tentu saja lowongan pekerjaan ini ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar. NASA mencari pelamar yang tidak merokok, berusia 30 tahun-55 tahun, serta mahir berbahasa Inggris agar bisa berkomunikasi secara efektif antara kru dan pengendali misi.

Sayangnya, lowongan kerja itu berlaku bagi warga Amerika Serikat.

Selain itu, kandidat juga harus memiliki kondisi fisik dan mental yang baik. Ditegaskan bahwa seleksi kru akan mengikuti kriteria standar NASA untuk pelamar calon astronot.

Beri Komentar