Negara Ini Penjarakan Influencer yang Diam-Diam Edit Wajah

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 7 Juli 2021 13:13
Negara Ini Penjarakan Influencer yang Diam-Diam Edit Wajah
Editing tersebut mencakup merubah bentuk, ukuran, atau kulit seseorang.

Dream – Norwegia akan memberlakukan hukum baru bagi para influencer. Negeri Skandinavia itu mengharuskan para influencer memberikan label pada unggahan yang telah diedit.

Peraturan tersebut juga berlaku bagi para pengiklan di platform media sosial, seperti Facebook, TikTok, Twitter, dan Snapchat.

Pemerintah Norwegia tidak segan mendenda hingga memenjarakan mereka yang tidak menaati peraturan tersebut.

1 dari 2 halaman

Efek Bagi Kesehatan Mental

Ilustrasi© Pexels.com

Label baru ini dirancang oleh Kementrian Anak dan Urusan Keluarga Norwegia. Editing tersebut mencakup mengubah bentuk, ukuran, atau kulit seseorang.

Termasuk bagi para influencer yang mengiklankan produk namun menambahkan editing pada bagian bibir hingga membuat tubuh terlihat lebih ramping.

Langkah ini diambil ketika platform media sosial terus memberikan dampak negatif bagi kesehatan mental penggunanya.

2 dari 2 halaman

Kampanye #filterdrop

Ilustrasi© Pexels.com

Tahun 2017, sebuah laporan yang disampikan oleh Royal Society for Public Health Inggris mengatakan Instagram adalah platform media sosial dengan efek terburuk pada kesehatan mental anak-anak muda.

Instagram pun telah berupaya mengurangi tingkat kecemasan bagi penggunanya dengan menghadirkan fitur berupa menyembunyikan jumlah Like pada unggahan yang diposting.

Instagram juga menampilkan label dibagian atas layar jika seseorang telah memposting story menggunakan filter augmented reality.

Aturan tersebut muncul sebagai tanggapan atas kampanye #filterdrop yang bertujuan untuk mewajibkan influencer agar mengatakan kepada pengikutnya jika mereka menggunakan filter atau tidak saat melakukan promosi produk.

(Sumber: nypost.com)

Beri Komentar