Tak Banyak Orang Tahu, Rahasia Cat Antibakteri Akhirnya Terkuak

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 28 Januari 2021 08:45
Tak Banyak Orang Tahu, Rahasia Cat Antibakteri Akhirnya Terkuak
Cat antibakteri berguna untuk menunjang pola hidup sehat penggunanya.

Dream - Mungkin selama ini kalian bingung memilih cat. Sebab, semua mengklaim punya keunggulan, mulai tahan lama, antijamur, sampai antibakteri yang bisa menunjang pola hidup sehat.

Ya memang klaim itu sah-sah saja. Tapi, sebagai konsumen kita juga harus tahu apa yang menjadi dasar klaim tersebut. Mari kita ambil contoh cat yang diklaim antibakteri. Bagaimana bisa?

Salah satu cat yang mengklaim keunggulan itu adalah Mowilex Cat Antibakteri. Mereka menyebut produk ini mengandung zat yang bisa melawan bakteri hingga virus.

“ Seri produk baru ini dibekali dengan silver ion AG+ yang 99,9 persen efektif melawan kuman penyakit, terutama virus, dan bakteri penyebab infeksi,” ujar Direktur dan Head of R&D PT Mowilex Indonesia, Novina Tjahjadi, Rabu 27 Januari 2021.

1 dari 6 halaman

Manfaat Silver Ion

Menurut Novina, kandungan silver ion sudah terbukti menjadi salah satu pertahanan yang efektif melawan berbagai kuman berupa bakteri dan virus.

Hasil tes laboratorium independen berskala internasional, kata dia, menunjukkan bahwa silver ion dapat membunuh bakteri Staphylococcus aerus dan Escherichia coli (JIS Z 2801: Test for Antibacteria Activity dan Efficacy).

Novina menambahkan, berdasarkan hasil test pengukuran aktivitas antivirus pada plastik dan permukaan tidak berpori lainnya (ISO 21702:2019), silver ion juga efektif membunuh Human Coronavirus CoV-OC43 dan Eterovirus EV-A471.

Berbagai bakteri dan virus itu dapat ditangkal oleh silver ion dengan cara mengikat dan memecah dinding sel bakteri atau virus. Setelah dinding sel berhasil ditembus, silver ion merusak enzim metabolisme sel bakteri atau virus, sampai akhirnya sel tersebut mati.

2 dari 6 halaman

Cat Antibakteri Untuk Kesehatan

Sementara, dokter spesialis anak, Lucy Amelia, mengatakan bahwa lingkungan yang sehat berpengaruh terhadap perkembangan motorik dan sensorik anak. Kehadiran cat antibakteri diharapkan bisa membuat lingkungan tempat anak tumbuh menjadi lebih terjamin.

“ Anak membutuhkan rumah yang bersih agar tetap sehat dan aktif sehingga leluasa mengeksplorasi lingkungannya serta meningkatkan kemampuan dirinya,” tegas Lucy.

3 dari 6 halaman

Ciptakan Kesan Elegan dengan Warna Netral

Dream- Warna-warna netral yang erat dihubungkan dengan warna 'earthy-tone' seperti putih, krem, cokelat muda, dan biru muda memang banyak jadi pilihan 'aman' untuk ciptakan interior rumah yang stylish.

Namun sayang, tak jarang pemilihan warna-warna netral ini bisa membuat penampakan interior rumah terkesan monoton. Kesalahan kecil saja bisa otomatis mengubah interior cantik menjadi tampilan yang membosankan.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, berikut Dream rangkumkan lima tips yang efektif dari Rebecca Atwood, seorang desainer interior, cara ciptakan ruangan nyaman dan elegan dengan warna-warna netral. Apa saja? Yuk, simak!

4 dari 6 halaman

Bermain dengan Pola dan Kontras

Saat ingin mendekorasi ruangan dengan warna netral, permainan pola dan tekstur adalah kuncinya. Cari bahan-bahan yang memiliki tekstur yang kuat, seperti linen bertekstur, beludru, atau sulaman yang menonjol. Perpaduan tekstur yang kontras dapat menciptakan suasana yang lebih hangat.

Kita bisa menambahkan keindahan warna netral dengan pola atau garis-garis yang menarik. Abu-abu dan putih adalah kombinasi yang elegan. Dengan menggabungkan warna-warna ini dalam bentuk garis-garis, kalian dapat mengubah warna netral menjadi sesuatu yang kreatif dan berani.

Tambahkan kontras dengan warna hitam. Ini merupakan trik lawas, tetapi berfungsi dengan baik.

Jika Sahabat Dream menempatkan satu objek berwarna hitam dalam sebuah ruangan, objek tersebut dapat menambahkan kesan mendalam dan karakter jauh lebih baik daripada warna lain. Jadi, untuk mendapatkan efek yang nyata, cobalah mengkontraskan satu furnitur atau aksesori berwarna hitam dengan skema warna netral.

 

5 dari 6 halaman

Padukan Warna Dinding

Sama seperti kontras dalam tekstur yang akan membuat tampilan visual leih menarik, bisa juga diterapkan pada permainan gradasi warna. Mencampurkan warna-warna netral yang lebih gelap seperti abu-abu gelap dengan abu-abu terang atau permainan warna khaki akan jauh lebih menarik daripada ruang serba putih.

Gabungkan warna hangat dan dingin. Kombinasi ini membuat tampilan tetap sederhana dan bersahaja namun menarik. Agar tidak mudah merasa jenuh dengan dinding berwarna putih, kamu dapat memadukannya dengan warna abu-abu ataupun hitam. Bahkan perpaduan ketiganya, akan menciptakan tema monokrom yang tampil apik dan menawan.

6 dari 6 halaman

Pilih Material yang Sesuai

Atwood juga merekomendasikan beberapa material yang bisa digunakan agar ruangan bernuansa netral tak jadi membosankan. Untuk material bahan bangunan seperti marmer, terakota, batu alam, dan keramik mengkilap. Sementara untuk kain seperti linen alami, metallic copper fabric, dan taupe.

Bila ingin menggunakan warna-warna netral saja, salah satu cara untuk menghindari desain ruangan yang membosankan adalah penggunaan pola dan tekstur untuk furnitur di dalam ruangan.

Lantai dengan pola mozaik, lapisan marmer untuk coffee table dan konter dapur, kayu dengan serat-serat yang kompleks untuk furnitur berbahan dasar kayu, atau panel dinding motif kotak-kotak yang seragam. (mut)

Beri Komentar