90% Orang RI Tonton TV, Media Penyiaran Diharap Bantu Tekan Kasus COVID-19

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 14 Januari 2021 19:12
90% Orang RI Tonton TV, Media Penyiaran Diharap Bantu Tekan Kasus COVID-19
Masyarakat Indonesia kulturnya menonton televisi.

Dream – Jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia belakangan semakin meningkat. Dalam dua pekan terakhir, angka pasien terkonfirmasi corona beberapa kali menyentuh lebih dari 10 ribu kasus baru. Bahkan kemarin sempat mencetak rekor di atas 11 ribu kasus.

“ Total sekarang ini jumlah yang terkonfirmasi positif itu 858.043,” tutur anggota tim gugus tugas penanganan COVID-19 Suryo Pratomo saat konfrensi pers Rabu 13 Januari 2021, secara virutal.

Dalam kondisi pelik yang dihadapi seperti saat ini, dukungan dari media dan stasiun televisi sangat dibutuhkan mengingat statusnya yang sudah bisa diangga darurat.

“ Kita tahu masyarakat Indonesia itu kulturnya menonton, 90% orang Indonesia itu nonton televisi,” ujar Suryo.

Ilustrasi© Shutterstock

1 dari 6 halaman

Tayangan yang edukatif

Surya menyadari kalangan media penyiaran selama ini sudah memberikan dukungan dan menjalankan protokol kesahatan. Namun lanjutnya, dukungan tersebut belum terlihat jelas oleh permirsa atau penonton

Media televisi diminta untuk lebih aktif dalam mempromosikan penerapan protokol kesehatan dengan ide-ide kreatif yang dimiliki. Lembaga penyiaran di Tanah Air juga diharapkan bersama-sama membangun komitmen untuk menekan angka positivity rate di bawah 5 persen. 

Sementara Satgas FKM UI Meiwita Budiharsana di kesempatan yang sama juga berharap kalangan media bisa menyebarkan kemampuan melindungi diri dari paparan Covid-19 kepada para penontonnya.

“ Tujuan promosi adalah bukan hanya untuk orang yang ada di tempat itu tetapi bagaimana kita men-transfer skill untuk perlindungan diri sendiri ini kepada permirsa,” ucap.

Ia juga menegaskan semua tim media harus bisa memperlihatkan edukasi kepada penonoton, misalnya dengan memulai dan mengakhiri acara sambil memperlihatkan membuka dan memakai masker. Hal ini merupakan bentuk pengedukasian kepada pemirsa atau penonton itu sendiri.

(Laporan: Josephine Widya)

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

2 dari 6 halaman

Deretan Drama Korea yang Akan Tayang di Televisi Indonesia

Dream – Drama Korea sejak lama sudah banyak digemari di Indonesia. Khususnya bagi kalangan anak muda.

Kabar baiknya, antusiasme masyarakat Indonesia ini disambut pengelola stasiun televisi di Tanah Air yang ikut menayangkan serial yang tenar disebut Drakor tersebut. 

Salah satunya yang sempat membuat heboh adalah penayangan drama Korea berjudul The World of The Married. Tak hanya masyarakat biasa, kalangan selebriti Indonesia tak lupa menanntikan serial ini. Kisahnya yang sangat berkaita dengan kehidupan sehari-hari membuat drama ini semakin menarik hati.

Permintaan netizen agar semakin banyak drama Korea yang ditayangkan pun membuat stasiun televisi Indonesia kembali menayangkan judul-judul baru. Beberapa diantaranya pun telah tayang.

Berikut adalah daftar drama Korea yang akan segera tayang di televisi Indonesia.

3 dari 6 halaman

Faith (Indosiar)

Choi Young (Lee Min Ho) adalah prajurit kerajaan yang ditugaskan untuk mencari tabib dewa, untuk menyembuhkan tuan putri Nogoog.

Melewati portal waktu hingga Choi Young mendarat di Seoul tahun 2012 dan bertemu dengan Yoo Eun Soo (Kim Hee Seon) seorang dokter ahli operasi plastik.

Apakah benar Yoo Eun Soo adalah tabib dewa yang Choi Young cari?

Faith akan mulai tayang 16 Juni 2020, pukul 22.00 WIB.

4 dari 6 halaman

While You Were Sleeping (Indosiar)

Hong-Joo (Bae Suzy) tersiksa karena melihat kematian orang lain di masa depan dalam mimpinya. Hal yang membuat Hong Joo makin tersiksa, karena dia tidak bisa mengetahui kapan waktu kematian itu terjadi.

Pengalaman yang sama juga terjadi pada Jae-Chan (Lee Jong-Suk) seorang jaksa penuntut pemula, yang bisa melhat kematian dalam mimpinya. Ketika Hong Joo melihat kematian ibunya sendiri, Jae Chan bisa melihat kematian Hong Joo dan ibunya.

Apakah Hong Joo bisa menghentikan kematian ibunya? Apakah Jae Chan bisa menghentikan kematian Hong Joo dan ibunya?

While You Were Sleeping akan tayang pada 16 Juni 2020, pukul 21.00 WIB.

5 dari 6 halaman

Suspicious Partner (NET TV)

Bercerita tentang seorang jaksa tampan bernama Noh ji wook (Ji Chan Wook) yang berkenalan dengan seorang gadis calon pengacara bernama Eun bong hee (Nam Ji Hyun).

Ji wook menyelamatkan bong hee dari mantan pacar bong hee karena teringat masa lalunya. namun ternyata keputusannya itu membuat ji wook terlibat dalam banyak hal diluar dugaannya.

Drama ini masih menunggu kepastian jadwal tayang.  

I Can Hear Your Voice (NET TV)

Bercerita tentang seorang anak SMA Park So Ha (Lee Jong Suk) yang dapat membaca pikiran atau isi hati orang lain dengan cara melihat matanya.

Hingga akhirnya ia bertemu dengan Hye Sung (Lee Bo Young) yang melindunginya dari ancaman Min Jong Kook.  

Drama ini masih menunggu kepastian jadwal tayang.

6 dari 6 halaman

The King of Dramas (NET TV)

Drama ini bercerita tentang Anthony Kim yang diperankan oleh Kim Myung Min, merupakan seorang CEO rumah produksi drama bernama Empire Production. Namun, di balik kesuksesannya tersebut, ia adalah CEO penyembah uang.

Suatu hari ia melihat sebuah naskah. Ia lalu menghubungi sang penulis Lee Go Eun (Jung Ryeo Won) untuk diajak bekerja sama. Lee Go Eun awalnya menolak karena melihat track record buruk Anthony Kim.

Namun disisi lain, Go Eun ingin mewujudkan mimpinya menjadi seorang penulis terkenal. Bagaimana kelanjutan kisah mereka?

Drama ini masih menunggu kepastian jadwal tayang.

Beri Komentar