Permudah Berkendara, Begini Cara Pasang GPS di Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 12 November 2020 15:42
Permudah Berkendara, Begini Cara Pasang GPS di Mobil
GPS bisa memperkecil risiko pengemudi tersasar.

Dream Global Positioning System (GPS) mempermudah pengendara untuk berkendara. Teknologi ini bisa memperkecil risiko tersesat dan terjebak macet. Lalu, bagaimana caranya memasang GPS di mobil?

Dikutip dari Auto2000, Kamis 12 November 2020, alat ini harus mudah dijangkau dan dilihat mata.

GPS mobil memiliki ukuran layar yang tidak terlalu besar tapi tetap nyaman untuk ditaruh di dashboard mobil. Biasanya GPS ditaruh di bagian head unit dan di atas AC mobil yang terletak di tengah dashboard.

Cobalah mencari lokasi pemasangan yang paling tepat. Selain mudah terlihat, alat ini juga harus bisa dijangkau dari kursi pengemudi. Kalau terlalu jauh, ini tak akan membuat pengemudi merasa nyaman.

Blind spot wajib dihindari untuk muncul di bagian vital karena pemasangan GPS yang tidak tepat. Contohnya seperti pandangan ke kaca spion samping, belakang, jendela, atau bagian depan.

1 dari 2 halaman

Pasang dengan Posisi yang Tepat

Jika memutuskan memasang GPS mobil di bagian atas AC mobil yang terletak di tengah dashboard, kamu wajib menemukan posisi paling tepat. Di pasaran banyak perekat yang aman bagi material dashboard dan tetap kuat.

Namun sebaiknya tetap gunakan dudukan/pegangan khusus agar posisi GPS tetap kuat walaupun terdapat guncangan.

Ada beberapa desain yang digunakan seperti magnet, penjepit, karet silikon perekat, hingga yang tersambung dengan socket lighter agar tetap aman.

 Gunakan GPS Setiap Waktu 

Untuk menghindari masalah seperti tersesat atau terjebak macet, sebaiknya gunakan GPS setiap Anda berkendara. Agar tidak lupa, nyalakan GPS setiap ingin bepergian.

Selain itu pastikan kondisinya bisa tetap menyala sepanjang perjalanan. Jadi, cek apakah dayanya sudah penuh atau belum. Jangan sampai mati di tengah perjalanan karena sudah pasti itu sangat mengganggu.

2 dari 2 halaman

Inilah Sosok Rahasia di Balik Terciptanya GPS

Inilah Sosok Rahasia di Balik Terciptanya GPS© Dream

 

Dream - Kamu pasti pernah mendengar istilah GPS atau Global Positioning System? Kini dengan menggunakan ponsel, plus akses internet, kamu bisa mengetahui posisi dimana kamu sedang berada.

Tapi tahukan kamu siapa penemu teknologi GPS itu?

Tak banyak yang tahu jika GPS ditemukan oleh seorang perempuan. Dia adalah Gladys West. Dia dikenal sebagai Sosok Rahasia militer Amerika Serikat.

West bekerja dengan sekelompok perempuan dalam komputasi militer AS pada 1950-an hingga 1960-an. Kiprah sekelompok perempuan cerdas ini pernah diangkat dalam film berjudul Hidden Figures. Sayang, sosok West tak tampil dalam film drama itu.

Dikutip dari The Hill, sebagai pakar matematika, West bekerja dengan dunia militer sebelum masuknya sistem gelombang elektronik.

West masuk ke penelitian di bidang militer pada 1956. Di tahun itu pula dia meraih penghargaan karena meneliti `keteraturan gerak relatif Pluto terhadap Neptunus.

Pada 1960, West mulai menginisiasi peprograman komputer IBM 7030 yang dinamai Stretch. Komputer ini disebut mampu memberikan perhitungan geodetik Bumi yang akurat atau disebut geoid. Program inilah yang menjadi cikal bakal GPS.

Atas kontribusinya, sepekan yang lalu, West didapuk masuk ke dalam deretan orang berpengaruh dalam Angkatan Udara AS. Dia mendapatkan induksi di Air Force Space and Missile Pioneers Hall of Fame. Induksi merupakan istilah untuk penghargaan tinggi di Angkatan Udara AS.

Pelantikan West digelar di markas militer AS, Pentagon, Washington DC.

Beri Komentar