Teknologi Airbus Terbaru Ancam Profesi Pilot?

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 30 Juli 2020 14:32
Teknologi Airbus Terbaru Ancam Profesi Pilot?
Apakah di masa depan pilot tidak lagi dibutuhkan?

Dream – Penerbangan adalah salah satu bidang teknik yang paling menarik. Gagasan untuk memiliki pesawat berbobot ratusan ton dan dapat terbang diudara layaknya burung dengan ratusan penumpang didalamnya, bukan lagi impian semata.

Dan kini pesawat telah dilengkapi dengan sistem auto-pilot, yang memungkin pilot berkonsentrasi pada hal lain.

Atau sekedar beristirahat kala melalukan penerbangan jarak jauh. Namun, untuk take-off dan landing tetap dilakukan manual oleh pilot.

Namun, sebuah pabrikan pesawat terbang terkemuka Airbus, telah mengumumkan prestasi yang luar biasa.

Pesawat Airbus A350-1000, kini mampu melakukan take-off dan landing tanpa bantuan pilot. Dengan kata lain, sepenuhnya menggunakan sistem otomatis.  

1 dari 2 halaman

Telah melakukan 500 uji coba penerbangan

airbus© Pixabay.com

Airbus melakukan 500 penerbangan yang memanfaatkan teknologi pengenalan gambar di dalam pesawat.

Pesawat-pesawat ini dilengkapi dengan berbagai kamera yang biasanya membantu pilot saat menghindari titik-titik buta. Dan sistem inilah yang diterapkan.

Pada 500 tes yang telah dilakukan, pilot sama sekali tidak melakukan apa-apa. Mereka hanya duduk dikursi pilot, dan pesawat akan terbang dengan sendirinya. Satu-satunya hal yang dilakukan pilot adalah memegang setir pesawat untuk berpindah haluan.

2 dari 2 halaman

Apakah pilot tidak dibutuhkan dimasa depan?

Pilot© Pexels.com

 

Jawabannya tidak. Bahkan meskipun pesawat telah dilengkapi dengan sistem auto-pilot, namun pilot tetap sangat diperlukan.

Mereka tetap melakukan tugasnya. Seperti memastikan lintasan yang dilalui tetap sempurna atau menghindari berbagai kondisi cuaca selama penerbangan.

Sistem ini dirancang hanya untuk mempermudah pekerjaan pilot. Sehingga mereka akan lebih berkonsentrasi pada hal lain yang lebih penting selama penerbangan berlangsung.

(Sumber: indiatimes.com)

Beri Komentar