Planet Mars Ada KW Supernya di Bumi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 4 Maret 2021 11:13
Planet Mars Ada KW Supernya di Bumi
Menawarkan sensasi sungguhan berada di planet merah itu.

Dream – Mungkin masih diperlukan waktu cukup lama untuk manusia berjalan di permukaan Planet Mars. Tetapi sekarang ada cara lain untuk melihat Planet Merah itu dari dekat.

Untuk menghormati penjelajah Perseverance NASA yang baru saja menyelesaikan perjalanan sulit ke Mars, Museum Sejarah Alam di London telah menyelesaikan dan mempublikasikan replika planet tersebut.

Dengan lebar sekitar 23 kaki, instalasi karya seniman Inggris Luke Jerram ini digantung di langit-langit di Museum Hintze Hall.

Menurut Lonely Planet, Hintze Hall memang memamerkan karya seni dari misi-misi NASA sebelumnya, termasuk instalasi planet ini, sebagai penghormatan khusus kepada penjelajah Perseverance yang melakukan perjalanan tujuh bulan dari Bumi, sebelum akhirnya mendarat di mars minggu lalu.

Namun sayangnya, Museum Sejarah Alam masih ditutup karena pembatasan akibat pandemi Covid-19, sehingga publik mungkin tidak akan bisa melihat pertunjukan luar biasa ini dalam waktu dekat.

 

1 dari 2 halaman

Planet Mars© Shutterstock.com

Penjelajah Perseverance mencari jejak kehidupan mikroba masa lalu, dan para ilmuwan dari museum bekerja sama dengan NASA serta Badan Antariksa Eropa untuk membantu membuat keputusan tentang pengambilan sampel batuan dan tanah.

Hasil dari misi ke Mars ini ternyata masih jauh, karena menurut situs museum, penjelajah Perseverance masih harus mengumpulkan batuan dan tanah Mars yang menarik secara ilmiah untuk merekonstruksi lingkungan permukaan Mars miliaran tahun lalu, ketika diyakini bahwa kehidupan mungkin ada.

2 dari 2 halaman

Sampel yang sudah disiapkan, bagaimanapun tidak akan diambil sampai misi berikutnya ke Mars, yang direncanakan pada awal 2030-an.

“ Penjelajah Perseverance memang dirancang khusus untuk mencari bukti kehidupan purba di Mars,” tutur Profesor Caroline Smith, salah satu ilmuwan museum.

Caroline juga mengatakan kemampuan mengumpulkan sampel yang menarik untuk dibawa kembali ke Bumi memberi kesempatan terbaik untuk menjawab pertanyaan, apakah ada kehidupan di Mars?

Dengan terjawabnya pertanyaan ini, menjadi salah satu penemuan ilmiah paling signifikan dalam sejarah.

(Sumber: travelandleisure.com)

Laporan: Josephine Widya

Beri Komentar