114 Kanal Internet dan Sosmed Tayangkan Iklan Bentuk Rokok Diblokir

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 18 Juni 2019 18:12
114 Kanal Internet dan Sosmed Tayangkan Iklan Bentuk Rokok Diblokir
Pemerintah memblokir ratusan iklan rokok di internet dan media sosial.

Dream – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menindak tegas perusahaan rokok yang telah membuat tayangan iklan di internet dan media sosial. Sebanyak 114 iklan rokok yang dianggap melanggar ketentuan langsung diturunkan.  

Upaya pemblokiran ini menindaklanjuti permintaan Kementerian Kesehatan tentang iklan rokok.

“ Kamis saya dapat surat Menkes dari wartawan, langsung saya minta crawling, profiling. Sorenya ada surat dari Menkes, hasilnya sudah ada,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, di Jakarta, Selasa 18 Juni 2019.

Menurut Rudiantara, ratusan iklan yang diblokir tersebut dianggap telah melanggar Undang-UNdang Kesehatan karena memperagakan dan menampilkan wujud rokok dalam tayangan iklannya. 

Ditambahkannya, munculnya iklan yang menampilkan wujud rokok tersebut tak sepenuhnya kesalahan dari produsen rokok. Sebab, bisa saja iklan tersebut di-posting oleh individu di media sosial.

" Saya minta rapat dengan Menkes, karena untuk bentuk iklan-iklannya seperti apa. Karena yang 114 itu belum tentu ditayangkan oleh produsen rokok. Karena ada juga url posting-an individu di media sosial. Jadi, kita juga tidak serta merta menyalahkan produsennya," kata dia.

Rudiantara belum bisa memastikan apakah memblokiran iklan rokok di internet dan media sosial ini akan diperluas atau tidak. Menurut dia, hal tersebut harus terlebih dulu dibahas bersama Kementerian Kesehatan.

" Yang paling paham menginterpretasikan uu adalah regulator, UU Kesehatan itu adalah Kemenkes. Karenanya, saya minta kepada Menkes, untuk duduk bersama memberikan guidence, kita minta Kemenkes menjabarkan lebih detail. Sekarang yang jelas-jelas nyata itu ditulis memperagakan wujud rokok, itu saja dulu. Baru itu (yang dilarang), karena itu tidak multiinterpretasi‎," kata dia.

Larangan iklan rokok di internet dan media sosial pun menjadi pro dan kontra.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi