Masker Futuristik: Ada Kipas, Bluetooth, dan Earbud

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 12 April 2021 17:42
Masker Futuristik: Ada Kipas, Bluetooth, dan Earbud
Xupermask adalah satu-satunya masker canggih inovatif dunia selama pandemi.

Dream - Tidak hanya sebagai perlindungan COVID-19, namun kini tampilan dan model masker sangat inovatif dan beragam. Produsen masker pun kini berlomba-lomba membuat masker yang stylish dan kekinian sebagai kebutuhan tren media sosial hingga kesenangan diri.

Sehingga masker juga bisa jadi aksesori outfit trendi yang tak bisa dilupakan begitu saja.

Seperti yang dilakukan Will.i.am, Rapper asal Amerika itu bekerjasama dengan Honeywell dan desainer kostum Black Panther yaitu Jose Fernandez, dalam membuat masker Xupermask yang terinspirasi dari Sneakers dan Smartphone.

Selain memiliki desain yang futuristik, Xupermask juga memiliki pencahayaan LED dan sambungan bluetooth di dalamnya. Bahkan menurut Honeywell, Xupermask adalah satu-satunya masker canggih inovatif dunia selama pandemi.

" Ini menggabungkan filtrasi Honeywell HEPA dengan kain mesh seperti sneaker yang nyaman, desain futuristik, dan earbud ANC nirkabel, karena mengapa tidak? Ini juga dilengkapi kipas dengan 3 kali kecepatan dan pencahayaan LED, seandainya earbud tidak cukup," kata Honrywell.

1 dari 5 halaman

Masih ada kekurangan

Dalam wawancara dengan The New York Times, Will.i.am ingin membuat masker yang sesuai dengan zaman. Menurutnya, desain masker saat ini masih agak primitif.

Walau begitu, masker canggih Xupermask lebih mengarah untuk kepentingan mode daripada fungsionalitasnya.

Xupermask Will.i.am© Instagram.com/honeywell

Di sisi lain, Xupermask masih memiliki kekurangan yaitu sertifikasi peraturan. Secara teknis masker tersebut tidak berkualitas sebagai perangkat pelindung pernapasan atau peralatan medis.

2 dari 5 halaman

Berapa harganya?

Sayangnya, Honeywell tetap menjual Xupermask sejak 8 April 2021 kemarin tanpa melalui FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) terlebih dahulu.

Xupermask Will.i.am© Xupermask.com

Xupermask tersedia dalam warna hitam atau putih dengan dua pilihan ukuran. Harganya $300 atau sekitar Rp4.384.000 yang dilengkapi tas jinjing, filter HEPA 3 bulan, bantalan telinga berbagai ukuran, kabel pengisi daya USB-C, dan masker kain tambahan.

Sahabat Dream mau beli?

Laporan: Yuni Puspita Dewi, Sumber: Reviewgeek

3 dari 5 halaman

Fantastis! Masker Canggih Bisa Terjemahkan 8 Bahasa

Dream - Sejak pandemi corona Covid-19 menyebar di seluruh dunia, masker menjadi barang penting yang tak boleh dilewatkan saat bepergian ke luar rumah.

Penggunaan masker seakan menjadi hal wajib untuk menghindarkan diri dari tertularnya virus corona.

Melirik tren baru penggunaan rutin masker, perusahaan asal Jepang, Donut Robotics menciptakan sebuah terobosan baru bagi pengguna masker. 

Perusahaan robotika itu terinspirasi untuk membuat sebuah desain masker yang tak hanya melindungi dari virus, namun juga memiliki kelebihan lainnya, yakni menerjemahkan bahasa.

Hal ini dilakukan Donut Robotics karena banyak orang mengeluhkan sulitnya komunikasi saat menggunaan masker di tempat umum.

Mulut yang tertutup masker terkadang membuat ucapan jadi sulit dipahami, apalagi seseorang jadi kesulitan untuk membaca bibir dan ekspresi. 

Dengan kemampuan transkripsi dan terjemahan, Donut Robotics menciptakan C-Mask, masker yang mampu menerjemahkan hingga 8 bahasa lho. Berikut ulasannya: 

 

 

4 dari 5 halaman

Kerjasama dengan Bandara Haneda, Tokyo

Sebelumnya, Robot Donat memiliki kontrak kerjasama dengan Bandara Haneda di Tokyo untuk menjual penerjemah dan panduan robot, yang dinamai robot Cinnamon.

Sejak krisis corona Covid-19 melanda, tim Robot Donats bekerja keras mengembangkan robot untuk memudahkan masyarakat.

C-Mask yang terhubung ke aplikasi smartphone© Donut Robotics

 

" Kami bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mengembangkan robot dan kami telah menggunakan teknologi tersebut untuk menciptakan produk yang dapat membantu masyarakat di tengah pandemi," ungkap CEO Taisuke Ono.

5 dari 5 halaman

Terhubung ke Smartphone

Masker penerjemah ini diperkenalkan Donut Robotics sebagai C-Mask yang memiliki filosofi arti:

1. Clear Voice (suara yang jernih)

2. Connect with smartphone (terhubung dengan smartphone)

3. Cool Design (Desain yang keren)

4. Clean Material (Bahan yang bersih)

5. Combat Coronavirus (mampu memerangi virus Corona).

Akan Dipasarkan Mulai September Mendatang

Desainer Donut Robotics mengungkapkan, hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk mengadaptasi teknologi dari robot penerjemah ke dalam masker. 

Sesuai dengan filosofinya, C-Mask akan terhubung dengan aplikasi smartphone melalui Bluetooth.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbicara, telpon atau menerjemahkan bahasa dari Jepang ke dalam 8 bahasa berbeda.

Pilihan Bahasa di C-Mask© Donut Robotics

Kabar gembiranya, C-Mask seharga 40 US dollar ini rencananya akan mulai dipasaran pada September mendatang. Dan selanjutnya direncakan akan dijual ke berbagai negara lainnya seperti Eropa, AS, dan Cina.

Tertarik membeli C-mask keren ini?  

 

Sumber Business Insider

Beri Komentar