Ratusan Hacker Serang KPU Tiap Hari

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 25 April 2019 15:41
Ratusan Hacker Serang KPU Tiap Hari
Ada banyak yang lindungi server KPU.

Dream - Proses tabulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah berlangsung. Tetapi, di tengah proses tabulasi itu ada serangan peretas atau hacker ke server KPU.

" Setiap hari dalam satu hari bisa ratusan yang nyerang," kata Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari, dilaporkan Liputan6.com, Kamis, 25 April 2019.

Hasyim menyebut, sistem IT KPU tetap terjaga meski serangan peretas banyak terjadi.

" Ya Alhamdulillah, Tuhan masih lindungi KPU. (Ahli IT KPU) anak bangsa dari seluruh Indonesia, ada dari kampus, ada dari profesional IT," kata dia.

Sementara itu, Komisioner KPU, Viryan Aziz meminta peretas menghentikan serangan ke sistem KPU. Sebab, dia menyebut, setiap orang bisa datang ke KPU untuk melihat sistem IT.

" Kami ingin sampaikan beberapa pihak, teman-teman yang bisa kemampuan IT atau hacking yang sedang KPU lakukan ini adalah menentukan nasib bangsa. Klau teman-teman hackers menduga macam-macam, bisa datang ke kami," ucap Viryan.

(ism, Sumber: Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

1 dari 1 halaman

Hati-hati! `Hantu` Peretas Berhasil Tembus Keamanan iOS?

Dream - Ketangguhan sistem keamanan yang disematkan Apple, iOS, akhirnya runtuh. Kini gawai buatan Apple, antara lain iPhone, iPad, Mac, dan Apple TV rentan diretas. Adapun Apple Watches dipercaya tidak akan terpengaruh.

Apple mengonfirmasi melemahnya sistem keamanan iOS. Dalam pernyataan yang didapat The Independent, Apple mengatakan kondisi itu dipengaruhi bug yang dibawa dari prosesor Intel. Bug tersebut baru ditemukan pada pekan ini.

Bug tersebut dikenal dengan sebutan " Spectre" dan " Meltdown" .

" Masalah itu berlaku untuk semua prosesor modern dan mempengaruhi hampir semua perangkat komputasi dan sistem operasi," tulis Apple dalam keterangan tertulisnya.

" Semua sistem Mac dan perangkat iOS terpengaruh," kata perusahaan itu.

Apple rencananya akan meluncurkan patch untuk menjaga perambah milik mereka Safari, agar terhindar dari Spectre.

Periset di Google's Zero Proyek dan lembaga akademis lain, tahun lalu sebetulnya telah memprediksi masalah yang dialami Apple. Mereka menyebut apa yang dialami Apple merupakan masalah yang akan terjadi pada teknologi modern.

Saat ini, Apple menyarankan bagi para pengguna produknya agar tidak mengunduh perangkat lunak yang lisensinya meragukan.

Selain itu, Apple menyarankan para penggunanya memperbarui sistem gawai yang digunakan.

Belum diketahui kapan bug tersebut dapat diatas. Apple menegaskan akan bekerja keras untuk memperbaiki masalah tersebut.

(Sah)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie