Review Samsung Galaxy Buds Live: Lebih Jernih dengan Desain Elegan

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 25 September 2020 12:18
Review Samsung Galaxy Buds Live: Lebih Jernih dengan Desain Elegan
Dirancang dengan fitur peredam kebisingan, earbuds berdesain elegan ini juga bisa membuatmu terlihat lebih stylish.

Dream - Samsung kembali merilis earbud nirkabel. Kali ini mereka menghadirkan fitur peredam bising Active Noise Cancellation dalam seri terbarunya, Galaxy Buds Live.

Berbeda dari generasi sebelumnya yakni Galaxy Buds+, Galaxy Buds Live mengusung konsep open-type yang belum pernah dibawakan oleh Samsung sebelumnya.

Galaxy Buds+ yang merupakan canal-type earbuds memang mampu memberikan kualitas suara imersif. Namun konsep open-type earbuds yang diusung Galaxy Buds Live membuatnya dapat lebih nyaman digunakan dalam jangka waktu lama.

Review Samsung Galaxy Buds Live: Lebih Jernih dengan Desain Elegan© MEN



Earphone True Wireless Stereo (TWS) ini tersedia dengan tiga varian warna yaitu Mystic Bronze, Mystic White dan Mystic Black. Penasaran bagaimana fitur Galaxy Buds Live? Berikut ini ulasannya:

1 dari 5 halaman

Unboxing

Samsung Galaxy Buds Live hadir dalam boks ritel sederhana berwarna putih. Di dalamnya terdapat case berisi sepasang earbuds, kabel pengisi daya serta buku panduan.

Samsung Galaxy Buds Live© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Case memiliki daya 500mAh untuk mengisi energi Buds Live dengan baterai 60mAh. Case tersebut dapat diisi ulang dengan memakai charger USB-C ataupun secara nirkabel.

Sekilas, case terlihat seperti sebuah kotak perhiasan dengan desain simpel minimalis. Kedua buds terpasang rapih di bagian dalam.

Samsung Galaxy Buds Live© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

2 dari 5 halaman

Desain Baru

Samsung tampak mengusung desain baru untuk earbuds kali ini. Berbeda dengan Galaxy Buds+ yang terlihat lebih bulat, Galaxy Live Buds memiliki bentuk menyerupai kacang merah.

Earbuds bernuansa metalik memberi kesan mewah dan elegan ketika case dibuka. Bagian dalam casing yang memiliki aksen doff membuatnya tampak semakin minimalis. Pecinta nuansa rose gold akan menyukai varian warna Mystic Bronze pada Galaxy Buds Live kali ini.

Samsung Galaxy Buds Live© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Kedua earbuds menempel dengan sempurna secara magnetis sehingga tidak mudah jatuh. Bentuknya yang mungil membuat Galaxy Buds Live lebih ringkas dan praktis untuk dibawa berpergian.

3 dari 5 halaman

Lebih Nyaman

Galaxy Buds Live didukung dengan komponen speaker 12mm di bagian dalam serta pengencang bass yang terletak di bagian bawah.

Sementara itu, di bagian luar terdapat tiga mikrofon berukuran mungil dan sensor IR untuk mengontrol earbuds.

Samsung Galaxy Buds Live© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Terdapat dua titik berwarna keemasan yang merupakan tempat pengisian daya. Ketika dipasang di dalam case, bagian tersebut akan menyambungkan earbuds dengan magnet pengisi daya.

Samsung Galaxy Buds Live© shutterstock.com

Konsep open-type membuat earbuds tidak perlu dimasukkan ke dalam telinga terlalu dalam. Dream sendiri lebih menyukai desain ini karena tidak menimbulkan rasa sakit ketika digunakan dalam jangka waktu lama.

4 dari 5 halaman

Fitur dan Kualitas Suara

Galaxy Buds Live dapat terhubung ke berbagai perangkat yang memiliki fitur Bluetooth mulai dari ponsel Android, iOS hingga PC.

Dibuat dengan desain open-type, kualitas suara Galaxy Buds Live tetap terdengar gahar. Tingkat bass yang dihadirkan tetap terasa maksimal, khususnya pada pengaturan Bass Boost. Sahabat Dream juga dapat memilih pengaturan Normal atau Dynamic untuk hasil suara yang lebih jernih dan seimbang.

Samsung Galaxy Buds Live© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Earbuds jenis terbuka yang biasanya kurang mampu meredam kebisingan diatasi dengan fitur Active Noise Cancellation (ANC) pada Galaxy Buds Live. Fitur ini cukup mampu meredam polusi suara di dalam ruangan sehingga terdengar lebih jernih.

Galaxy Live Buds didukung dengan kapasitas baterai yang cukup bongsor. Dream memakainya sekitar 6 jam, sesuai dengan klaim yang diberikan Samsung. Case otomatis akan mengisi daya earbuds ketika dimasukkan.

5 dari 5 halaman

Pengaturan Sensor

Pada penggunaan pertama, Sahabat Dream hanya tinggal mengunggah aplikasi Galaxy Wearable lewat ponsel dan menghubungkan perangkat Galaxy Buds Live dengan aplikasi tersebut.

Kamu dapat mengkoneksikan lebih dari satu earbuds untuk berbagi musik dengan pengguna lain dalam satu perangkat. Ketika digunakan, bentuk earbuds yang menyerupai kacang merah terpasang dengan sempurna pada telinga.

Samsung Galaxy Buds Live© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Pengguna dapat menyentuh sensor di bagian atas untuk mengatur pemutaran lagu. Satu ketukan berfungsi sebagai tombol Play / Pause. Dua ketukan akan membawamu ke lagu berikutnya. Sedangkan tiga ketukan dipakai untuk memutar lagu sebelumnya.

Fungsi sensor ini dapat diatur lewat Galaxy Buds Live Plugin yang terdapat di dalam aplikasi Galaxy Wearable. Terdapat pula pengaturan Active Noise Canceling, Equalizer, Touch Control dan lainnya.

Galaxy Buds Live dibanderol seharga Rp2.599.000. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Samsung kali ini menghadirkan virtual exhibition agar kamu bisa mendapatkan pengalaman Galaxy Buds Live dari mana pun lewat situs berikut ini.

Beri Komentar