Ridwan Kamil: Tokko Jadi Gerbang UMKM 'Cuan' di Pasar Digital

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 25 September 2021 20:27
Ridwan Kamil: Tokko Jadi Gerbang UMKM 'Cuan' di Pasar Digital
"Kita ingin semua UMKM ini go digital, sehingga kita melakukan pendampingan dan pelatihan, salah satunya di aplikasi Tokko," ujar Rdiwan Kamil

Dream - Tokko, platform pembuatan toko online baru untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) resmi diluncurkan. Platform ini menjadi gerbang utama meraih kesuksesan khususnya di Jawa Barat (Jabar) di dunia digital.

" Hari ini merupakan peristiwa yang sangat penting sekali, karena orang-orang yang hadir tengah beradaptasi untuk meraih kesuksesan," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di hadapan para pelaku UMKM yang hadir secara virtual pada acara peluncuran Tokko di Bandung pada Sabtu 25 September 2021.

Tokko© Istimewa

Kang Emil, sapaan akrabnya mendoakan semua yang hadir adalah kelompok yang mau berubah, mau beradaptasi, mau belajar untuk mendapatkan kesuksesan di masa depan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat peduli dengan upaya-upaya peningkatan keterampilan UMKM, khususnya di bidang digitalisasi. Karena 90% ekonomi Provinsi Jawa Barat berasal dari UMKM.

" Kita ingin semua UMKM ini go digital, sehingga kita melakukan pendampingan dan pelatihan, salah satunya di aplikasi Tokko," ujar mantan Wali Kota Bandung.

Tokko© Istimewa

Daya saing digital di Jawa Barat menempati posisi kedua setelah DKI Jakarta. Ketangguhan ekonomi digital yang terbukti selama pandemi COVID-19, dengan pertumbuhan ekonomi digital Jawa Barat yang mencapai 40%.

" Maka dari itu saya mengapresiasi, aplikasi Tokko ini bisa memperkaya peluang ekonomi digital yang masih tiga kali lipat jumlahnya dari yang kita lihat hari ini," imbuhnya.

Beri Komentar