USB Anti Radiasi 5G Dibanderol Rp4 Juta, Enggak Tahunya...

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 7 Juni 2020 16:01
USB Anti Radiasi 5G Dibanderol Rp4 Juta, Enggak Tahunya...
Benda ini disebut-sebut bisa `menghalau` radiasi gelombang elektronik.

Dream – Teknologi 5G merupakan generasi terbaru. Meski demikian, kemunculannya disertai banyak mitor. Tentu kita masih ingat teknologi mutakhir ini dituding mempercepat penularan virus corona. Hehehe...

Kini muncul kisah lain lagi. Muncul alat yang diklaim bisa menangkal radiasi sinyal 5G, yang disebut bisa merusak. Bentuknya mungil. Berupa stik USB. Kapasitasnya pun tidak besar, hanya 128 Mb. Tetapi banderolnya US$350 atau sekitar Rp4,8 juta.

Jika ingin membeli barang, setidaknya kamu harus cerdas dan teliti. Jangan sampai merogoh kocek dalam-dalam untuk barang yang tak masuk akal.

Menurut Oddity Central, barang bernama 5G Bioshield ini disebut-sebut bisa melindungi rumah dan keluarga dari radiasi gelombang elektronik. Benda itu dilengkapi katalisator lapisan nano holografik dan bisa diletakkan di dekat gawai atau perangkat listrik. Jika dihubungkan dengan port USB, daya jangkaunya akan meluas dari 4 meter menjadi 20 meter.

“ 5Gbioshield memungkinkan untuk menyeimbangkan osilasi listrik yang tak seimbang yang timbul dari semua gelombang listrik yang disebabkan oleh semua perangkat, seperti laptop, smartphone, WLAN, dan tablet,” klaim perusahaan yang menjual piranti ini.

1 dari 1 halaman

Waduh, Penipuan

Direktur Operasi London Trading Standard, Stephen Knight, angkat bicara tentang barang ini. Dia mengungkapkan bahwa penjualan ini sebagai penipuan. Bagi orang yang tak paham teknologi, stik USB ini terlihat seperti teknologi yang canggih.

“ Kami menganggapnya sebagai penipuan,” kata Knight kepada BBC.

Perusahaan pembongkar produk-produk elektronik, Pen Test Partners, menganalisis salah satu USB 5Gbioshields yang dijual oleh BioShield Distribution. Ditemukan bahwa ada stiker kecil bulat yang serupa dengan Crystal USB yang seharga US$6 (Rp83.672).

Untuk pengerjaan 5Gbioshield, tak ada teknologi kuantum nano layer. Yang ada hanyalah lampu LED dan USB biasa berkapasitas 128 MB.

Pihak distributor BioShield, Anna Grochowalska, menyebut tak adil jika membandingkan USB seharga US$350 dengan US$6. Namun, dia enggan mengungkapkan informasi teknis yang ada di dalam produk.

Beri Komentar