Rupa-rupa Fitur Masa Depan di Galaxy Z Flip3 5G, Dijamin Bikin Kesengsem!

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 30 September 2021 17:59
Rupa-rupa Fitur Masa Depan di Galaxy Z Flip3 5G, Dijamin Bikin Kesengsem!
Inovasi adalah daya jual utama pada Galaxy Z Flip3 5G, menyuguhkan cara-cara baru sebuah ponsel dapat digunakan untuk memperkaya hidup pengguna dalam kesehariannya.

Dream - Samsung belum lama ini merilis Galaxy Z Flip3 5G. Tak butuh waktu lama, ponsel folding (lipat) ini langsung menjadi primadona di pasaran. Selain dari desain yang fleksibel karena mudah dilipat dan masuk kantong, Galaxy Z Flip 5G dirancang dengan sejumlah spesifikasi yang mumpuni.

Inovasi adalah daya jual utama pada Galaxy Z Flip3 5G, menyuguhkan cara-cara baru sebuah ponsel dapat digunakan untuk memperkaya hidup pengguna dalam kesehariannya.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Shutterstock.com

Pada Galaxy Z Flip3 5G, pengguna dapat melipat ponsel menjadi lebih kecil lagi! Berbeda dengan Galaxy Z Fold3 5G yang lebih bisa dianggap sebagai " tablet lipat" . Cukup banyak peningkatan kualitas dan fitur dibanding generasi sebelumnya yang sahabat Dream ketahui sebelum membeli.

Berikut ulasan rupa-rupa Galaxy Z Flip3 5G yang bikin banyak orang antusias. Kesengsem. yuk simak ulasannya.

1 dari 5 halaman

Dua Layar yang No Debat!

Galaxy Z Flip3 5G memiliki dua layar. Layar utamanya berukuran 6,7 inch pada resolusi 1080 x 2640 piksel dengan teknologi Full HD (FHD) dan Dynamic AMOLED 2X Display. Dengan Refresh Rate 120 Hz, pengguna dapat merasakan pergerakkan layar yang jauh lebih licin dan mulus. Terlebih saat sedang lakukan scrolling di Instagram, membaca artikel, dan memainkan game-game yang mendukung Refresh Rate tinggi.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Shutterstock.com

Layar juga memberikan tampilan luar biasa cerah, meski dilihat pada siang hari di bawah terik matahari, mengusung teknologi HDR10+ dan peak brightness yang mencapai 1200 nit. Pokoknya benar-benar kualitas layar flagship sejati!

Sedangkan pada layar cover-nya, mengalami peningkatan dari yang asalnya 1,1 inci saja menjadi 1,9 inci pada resolusi 260 x 512 piksel. Jadi lebih berasa keberadaannya ketimbang sekadar gimmick. Layar sekunder ini memiliki banyak fungsi yang menampilkan antarmuka berguna. Bisa dijadikan sarana pemotretan selfie, menampilkan animasi jam, juga menampilkan notifikasi serta kontrol media player seperti Spotify.

2 dari 5 halaman

Gak Cuma Cantik!

Menyoal kefleksibelannya, Galaxy Z Flip3 5G menggunakan Ultra Thin Glass yang kuat karena lebih tahan goresan. Galaxy Z Flip3 5G juga dapat dibuka di sudut apapun, salah satunya seperti dudukan laptop.

Secara dimensi, generasi kedua pada seri Z Flip ini punya ketebalan bodi lebih ringkas ketimbang sebelumnya, yakni 6,9 mm saja (tanpa dilipat). Begitu pun saat ponsel dalam kondisi terlipat, Galaxy Z Flip3 5G punya ketebalan sebesar 15,9 hingga 17,1 mm. Lebih tipis dibanding Z Flip dengan ketebalan 7,2 mm (tanpa dilipat) dan 17,3 mm (dilipat).

Dari segi keringkasan bodi, Galaxy Z Flip3 5G jelas alami peningkatan. Namun rupanya ponsel ini masih sama-sama hadirkan bobot 186 gram seperti generasi pertamanya.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Shutterstock.com

Tidak hanya hadirkan bodi yang ringkas dan kuat, Galaxy Z Flip3 5G juga merupakan ponsel lipat pertama Samsung yang sudah tersertifikasi IPX8. Sehingga, perangkat ini disinyalir dapat bertahan meski sudah terjatuh ke air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Mengingat form factor ponsel yang terbilang sangat kompleks, banyak orang terkejut saat mengetahui Galaxy Z Flip3 5G hadir dengan ketahanan bodi yang baik terhadap air.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Shutterstock.com

Ada yang nggak boleh ketinggalan buat Sahabat Dream ketahui terkait engsel tersembunyi di Galaxy Z Flip3 5G. Ya, engsel tersembunyi adalah mekanisme baru agar engsel dari Galaxy Z Flip3 5G makin kuat.

Galaxy Z Flip3 5G juga menggunakan bingkai dari Armor Premium, diklaim sebagai rangka ponsel terkuat saat ini.

3 dari 5 halaman

Kualitas Kameranya Juara!

Untuk mendesain ponsel lipat ini, Samsung menyematkan teknologi canggihnya, terutama untuk kamera. Guna mendapatkan kejernihan gambar yang berkualitas, Samsung membekali Galaxy Z Flip3 5G dengan dua kamera beresolusi 12 MP Ultra Wide dan 12 MP Wide .

Nggak cuma itu saja, untuk mempertahankan unsur kepraktisan dan keunikannya, Samsung mendesain Galaxy Z Flip3 5G agar para penggunanya bisa selfie saat kondisi smartphone tertutup, lewat layar keduanya. Menariknya lagi, keberadaan dua kamera tersebut dapat menghasilkan bidikan foto yang lebih jernih.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Shutterstock.com

Selain itu, Galaxy Z Flip3 5G juga mendukung proses perekaman video berteknologi HDR 10+. Dengan begitu para pengguna dual folding bisa mendapatkan hasil rekaman berkualitas 4K Ultra High Definition (UHD).

Masih belum selesai. Samsung juga melengkapi Galaxy Z Flip3 5G dengan teknologi Super Steady 2.0 yang mendukung pengambilan video secara stabil dan bebas blur.

4 dari 5 halaman

Performa Tinggi

Mengikuti jejak generasi sebelumnya, Galaxy Z Flip3 5G juga turut dibekali dengan chipset terkuat pada masanya. Jika sebelumnya Z Flip hadir dengan Snapdragon 865 Plus, sekarang Galaxy Z Flip3 5G menggunakan Snapdragon 888 yang hadir dengan fabrikasi 5 nm dan kartu pengolah grafis Adreno 660.

Dari segi performa, pastinya perangkat ini bisa diadu dengan HP flagship lainnya baik saat memainkan game 3D yang berat ataupun melakukan pengeditan foto/video. Melakukan banyak aktivitas sekaligus juga bukan hal mustahil, bahkan bisa dilakukan dengan sangat nyaman menggunakan RAM 8 GB berjenis LPDDR5.

Galaxy Z Flip3 5G memiliki kapasitas penyimpanan internal mencapai 256 GB, serta 120Hz adaptive refresh rate.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Shutterstock.com

Kapasitas penyimpanan tersebut tentunya sangat memadai untuk menyimpan berbagai dokumen penting, foto, video, dan format dokumen lainnya. Dengan begitu, para pengguna Galaxy Z Flip3 5G dijamin bakal leluasa melakukan aktivitas mobile tanpa terganggu kinerja smartphone yang melambat akibat sistem penyimpanan terlalu penuh.

Oh ya, Galaxy Z Flip3 5G dilengkapi dual battery system berkapasitas 3.300 mAh. Untuk proses charging, pengguna smartphone ini dapat melakukannya dengan kabel atau tanpa kabel (nirkabel).

Nggak cuma itu saja, Samsung juga mendesain Galaxy Z Flip3 5G agar para penggunanya dapat terhindar dari cyber crime. Caranya dengan melindungi Galaxy Z Flip3 5G dengan teknologi Samsung Knox berkonsep real-time monitoring, serta melakukan pembaharuan (update) otomatis setiap satu bulan dan tiga bulan sekali supaya data-data pribadi pengguna smartphone terhindar dari risiko cyber crime.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Shutterstock.com

Hadirnya konektivitas 5G pada ponsel tentu jadi sebuah kelebihan dari ponsel ini. Di sisi lain, Galaxy Z Flip3 5G juga turut menyuguhkan konektivitas lainnya seperti NFC, Bluetooth 5.1, serta WiFi 6 yang mampu membuat jaringan internet lebih cepat dan stabil. Baik saat mengunduh ataupun bermain game secara online, niscaya akan merasakan internet yang lebih ngebut saat terhubung ke router yang mendukung WiFi 6.

5 dari 5 halaman

Harganya Masuk Akal

Masih ingat dengan peluncuran Galaxy Z Flip 5G pada 2020? Mungkin karena saat itu teknologi ponsel lipat masih jadi sebuah hal baru, banderol harganya pun membuat banyak orang menganga. Bagaimana tidak? Setidaknya butuh 'mahar' Rp21 jutaan jika ingin membawanya pulang.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Shutterstock.com

Kali ini Samsung memberikan banderol harga yang lebih masuk akal pada Galaxy Z Flip3 5G. Varian termurahnya tersedia pada harga Rp14.999.000 (RAM 8 GB/128 GB), dan varian keduanya Rp15.999.000 (RAM 8 GB/256 GB).

Beri Komentar