Samsung Selesaikan Redesain Ponsel Layar Lipat Galaxy Fold

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 5 Juli 2019 11:00
Samsung Selesaikan Redesain Ponsel Layar Lipat Galaxy Fold
Dikabarkan meluncur pada 7 Agustus 2019.

Dream - Samsung Elctronics Co menyelesaikan dua bulan desain ulang Galaxy Fold. Desain ulang ini untuk membenahi kegagalan fungsi layar lipat yang diusung smartphone tersebut.

Akibat kegagalan fungsi layar tersebut, debut Galaxy Fold di pasar mengalami penundaan.

Samsung saat ini sedang mencapai tahap akhir produksi untuk pasar resmi. Tapi, mereka belum mengumumkan tanggal resmi pemasaran Galaxy Fold ini.

Samsung menarik perangkat Galaxy Fold karena ditemukannya masalah kegagalan fungsi layar di beberapa unit ponsel. Bloomberg melaporkan, dalam beberapa ulasan yang dibuat, kegagalan fungsi layar itu muncul setelah film di layar terkelupas.

Saat ini, Samsung mengembangkan pelindung yang membungkus seluruh layar. Pelindung tersebut diklaim tidak mungkin mengelupas ketika tersentuh tangan.

Perubahan lain terjadi pada engsel yang menyembul ke layar. Tampilan terbaru, engsel tersebut sudah rata dengan layar.

Perbaikan menjadi penanda penting bagi Samsung setelah perangkat seharga US$1.980, setara Rp27,9 juta, tertunda peluncurannya pada 26 April 2019.

Samsung dikabarkan segera mengirim komponen utama Galaxy Fold, termasuk layar dan baterai, ke pabrik utama mereka di Vietnam. Beredar kabar Galaxy Fold akan dikenalkan ulang ke publik di New York, Amerika Serikat (AS) pada 7 Agustus 2019.

Meski demikian perwakilan Samsung menolak berkomentar mengenai rencana ini.

 

1 dari 5 halaman

Peluncuran Ponsel Lipat Samsung Ditunda?

Dream - Peluncuran Samsung Galaxy Fold pada 26 April 2019 tampaknya akan ditunda. Unit ponsel layar lipat itu dikeluhkan oleh beberapa pengulas ponsel.

Berbagai laporan yang masuk menyebut, terjadi kerusakan pada layar ponsel besutan pabrikan Korea Selatan itu.

Dalam dua kasus yang dilaporkan, masalah muncul setelah beberapa pengulas menghapus lapisan atas layar. Beberapa pengulas berpikir lapisan itu pelindung layar sederhana.

Pengulas lain mengklaim bahwa tonjolan pada lipatannya berhubungan dengan engsel dan layar.

Dilaporkan Tech Crush, Samsung akan menyelidiki apa yang terjadi dengan unit-unit ponsel ini. Sejauh ini, Samsung telah mengklaim masalah tersebut dapat menjadi hasil efek pada area engsel yang terbuka.

Hanya empat pengulas yang melaporkan layar rusak. Sementara itu, unit milik TechCrush tidak mengalami masalah layar apa pun.

Samsung memang perlu mengatasi laporan kerusakan ini. Ponsel seharga US$1.980, Rp28 juta harus sempurna.

Terlepas dari kerusakan ini, diprediksi ketertarikan pasar terhadap ponsel layar lipat akan meningkat.

Selain Samsung, pabrikan asal China, Huawei juga bersiap meluncurkan ponsel layar lipat Juni 2019 bernama Huawei Mate X.

2 dari 5 halaman

Samsung Galaxy Fold dengan Layar Lipat Resmi Diperkenalkan, Ini Harganya

Dream - Samsung resmi mengenalkan Galaxy S10 di panggung dunia. Ponsel tersebut diluncurkan di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu, 20 Februari 2019.

" Kencangkan sabuk pengamanmu, masa depan akan segera dimulai," kata CEO Samsung, DJ Koh.

Dilaporkan TechRadar, kata-kata yang dilontarkan Koh sejatinya memang untuk mengenalkan kemampuan Galaxy S10. Tetapi, publik menyebut, kata-kata itu lebih pantas disematkan untuk Samsung Galaxy Fold.

Samsung Galaxy Fold digadang-gadang menjadi salah satu perangkat ikonik dalam 10 tahun mendatang. Keunggulan ponsel ini terletak pada kemampuan layar yang dapat dilipat.

Dalam pengenalan produk itu, Galaxy Fold dapat terlipat ke luar dengan layar berlebar 7,3 inci. Layar ponsel ini juga akan berubah menjadi 4,7 inci ketika dilipat.

 Samsung Galaxy Fold memungkinkan pengguna membuka beberapa aplikasi (Foto: TechRadar/Samsung)

Samsung Galaxy Fold memungkinkan pengguna membuka beberapa aplikasi (Foto: TechRadar/Samsung)

Keunikan ponsel ini akan membuat banyak orang ingin mengganti ponselnya. Bahkan, diklaim Samsung, ponsel ini akan menjadi titik pijak perkembangan model gawai pada masa selanjutnya.

Dilaporkan The Verge, selain layar, Galaxy Fold juga memiliki keunggulan lain. Samsung akan menggunakan penyimpanan data sebesar 512 gigabita dengan prosesor Qualcomm 7nm octa-core. Sementara itu kecepatan proses data, Galaxy Fold akan dibekali RAM sebesar 12 gigabita. Untuk tenaga, Galaxy Fold punya baterai sebesar 4.380 mAh.

Bagaimana dengan kamera? Galaxy Fold memiliki 16 megapiksel kamera ultra lebar dan kamera depan 10 megapiksel.

3 dari 5 halaman

Ini Harganya

Galaxy Fold kemungkinan besar juga mampu menjalankan tiga aplikasi sekaligus. Aplikasi semacam WhatsApp, Microsoft Office, dan Youtube dapat dioptimalisasi melalui layar dan mode. Kemampuan ini terwujud berkat sistem Android 9 Pie.

Samsung rencananya akan merilis Samsung Galaxy Fold dalam jumlah terbatas di dunia. Harganya akan berkisar mulai US$1.980, setara Rp27,8 juta.

 Samsung Galaxy Fold memungkinkan pengguna membuka beberapa aplikasi

Samsung Galaxy Fold memungkinkan pengguna membuka beberapa aplikasi (Foto: TechRadar/Samsung)

Galaxy Fold akan mulai dipasarkan pada 26 April 2019. Tiap penjualan akan disediakan sepasang earbud nirkabel.

Sementara itu untuk pasar Eropa, Samsung Fold akan dipasarkan pada 3 Mei 2019.

4 dari 5 halaman

Samsung Manjakan Gamers dengan Televisi Ini, Apa Kelebihannya?

Dream – Menonton televisi bisa menjadi refreshing untuk mereka yang lelah seharian bekerja. Tampilan layar yang jernih dan audo yang optimal akan menambah kenyamanan dalam menonton televisi.

Samsung telah resmi mengeluarkan rangkaian QLED 8K TV, yaitu ukuran layar besar dilengkapi dengan resolusi Real 8K. Televisi yang dirancang untuk memberikan pengalaman menonton yang benar-benar nyata.

" Dengan QLED 8K TV dari Samsung ini, kalian bukan hanya melihat tapi kalian bisa merasakannya seperti nyata,” kata Senior Product Marketing Manager TV and AV Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin, di Jakarta, Kamis 25 April 2019.

Ubay menjelaskan Real 8K yaitu menampilkan resolusi 33 juta piksel (7680 x 4320 piksel), empat kali lebih banyak dari 4K atau 16 kali lebih banyak dari FHD.

Didukung oleh Quantum HDR24x yang memungkinkan untuk menyesuaikan kurva PQ (Perceptual Quantizer). " Akan menghasilkan warna-warna yang mendalam, tingkat kecerahan ,” kata dia.

5 dari 5 halaman

Optimalkan Suara dalam Adegan

Ubay mengatakan QLED 8K juga dilengkapi dengan Quantum Processor 8K yang akan mengoptimalkan suara di setiap adegan. Teknologi ini menyesuaikan tampilan TV dengan interior ruangan dengan asisten suara pintar.

Selain itu Ubay menambahkan untuk gamers akan jatuh cinta dengan QLED 8K TV karena terdapat fitur Auto Game Mode. Fitur itu otomatis mendeteksi konsol gim dan langsung menyesuaikannya dengan pengaturan TV.

“ Dilengkapi dengan dynamic blac equalizer, (televisi) ini akan mengoptimalkan kualitas gambar sehingga kalian terbenam dalam permainan,” kata dia.

Samsung QLED 8K TV akan hadir dengan seri Q900R yang tersedia dalam ukuran 65, 75, 82, dan 98 inci. Harganya dibanderol dari Rp60 Juta sampai Rp100 Juta. (ism, Laporan: Tri Yuniwati Lestari)

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?