Wow! Samuel Rizal Tak Batasi Budget Saat Belanja Online

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 1 Agustus 2019 18:16
Wow! Samuel Rizal Tak Batasi Budget Saat Belanja Online
Sammy, begitu dia disapa, bersyukur tak pernah mengalami pengalaman buruk saat belanja online.

Dream - Samuel Rizal punya kebiasaan unik. Dia kerap membeli kebutuhan olahraga di toko daring.

Sammy, begitu dia disapa, bersyukur tak pernah mengalami pengalaman buruk saat belanja online. Apa tipsnya agar tidak mengalami pengalaman buruk saat belanja online?

" Biasanya survei dulu. Surveinya juga nggak gimana-gimana. Yang penting sudah tahu kalau tokonya terjamin, langsung transfer dan dikirim," kata Sammy di acara Shopee Men Sale, Bongkar Kebiasaan Belanja Cowok Lewat 'Bro Code Vol. II' di Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis, 1 Agustus 2019.

Pemain Eiffel I'm in Love ini mengatakan, yang biasanya dia beli di toko online yaitu sepatu, arm sleeve dan leg sleeve.

" Yang pasti ya arm sleeve sudah tahu ukuran tangan gue L dan leg sleeve. Kalau lower body ambil ukuran XL. Kalau upper body seperti arm sleeve ambil ukuran L. Jadi, sudah pasti," ucap dia.

 

1 dari 7 halaman

Langsung Gas

Meskipun harga yang tertera di berbagai toko bisa berbeda-beda, ayah satu anak ini tidak membandingkan harga.

" Nggak suka ganti-ganti gitu sih. Yang penting asal browsing. Ada, suka, ya udah beli. Bukan yang cari dulu di tempat lain. Selama itu udah pas yang saya mau ya gas," ujar dia.

Toko daring yang dipilih Samuel hanya e-commerce, namun juga lewat akun Instagram terpercaya.

Samuel tidak pernah membatasi nominal yang dikeluarkan saat berbelanja online. " Nggak ada. Selama suka dan gue mau, gas-gas aja," ucap dia.

2 dari 7 halaman

Cara Seru dan Aman Belanja di Shopee

Dream - Menjamurnya beragam startup dan ecommerce tak hanya menyuguhkan kemudahan bagi customer tetapi juga tantangan di dunia bisnis. Tak jarang beberapa ecommerce tutup akibat kalah persaingan.

Siapa yang tak suka belanja di ecommerce yang menawarkan kemudahan dalam prosesnya?

Salah satu ecommerce populer di Indonesia adalah Shopee. Ecommerce satu ini menawarkan berbagai macam promo menarik dari gratis ongkir dan sebagainya pada customer-nya. Tetapi sayangnya masih banyak customer yang belum paham akan kemudahannya.

Belanja di Shopee ini memiliki keunggulan free ongkir dengan beberapa ketentuan minimum belanja. Nah, untuk menjelaskan mengenai belanja di Shopee dengan seru dan free ongkir serta cara aman transaksi, berikut ini ulasannya.

 

3 dari 7 halaman

Ketentuan Free Ongkir Shopee

 Shopee

Bagi Anda yang belanja di Shopee tiap bulan bisa mendapatkan free ongkir atau gratis ongkir dengan minimum besaran yang telah ditentukan. Besaran tersebut merupakan syarat yang ditotal nantinya, lalu pada total di keranjang belanja Anda akan mendapatkan gratis ongkir.

Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa sih minimal belanja agar Anda bisa dapat free ongkir?

Pada mulanya, ongkos pengiriman sebesar Rp30.000 per toko lalu berubah menjadi Rp70.000 dan sekarang yang terbaru Rp120.000 per toko.

 

4 dari 7 halaman

Bagaimana menurut Anda, apakah cukup mahal? Tapi, strategi mengenai gratis ongkir ini akan meringankan biaya dan cukup baik untuk menarik customer baru untuk belanja di Shopee.

Saat ini, meskipun harga minimalnya untuk gratis ongkir semakin tinggi, namun customer setiap tetap menjadi customer tetap di Shopee.

Sebagian dari customer mungkin melihat iklan komersil di TV dan tertarik dengan hal ini. Namun, Anda jangan sampai salah untuk Shopee ini membuat biaya ongkir barang disubsidikan.

Maksud dari subsidi di sini yaitu memotong biaya ongkos kirim sebesar Rp30.000 jadi seperti biaya ongkos kirim Anda seharga Rp40.000 maka Anda hanya membayar biaya kekurangan Rp10.000.

Jika ongkir Anda seharga Rp29.500 berarti Anda tidak perlu membayar sepesar pun untuk ongkos kirimnya.  Selain untung karena free ongkir ini, Anda juga bisa merasakan keuntungan berupa cashback jika berbelanja produk Shopee melalui ShopBack.

 

5 dari 7 halaman

Cara Belanja di Shoppe dengan Aman

 Shopee

Sudah rahasia umum bahwa belanja online tentu memiliki risiko, dari mulai barang tidak sesuai dengan deskripsi, bahkan penipuan. Kabar baiknya, di Shopee Anda bisa melihat setiap reputasi dari para seller lalu mengetahui tentang reputasi toko tersebut mendapatkan suatu predikat baik maupun buruk.

Dengan mengetahui review, komentar maupun testimonial yang diberikan customer nantinya akan membuat reputasi toko online atau seller tesebut di Shopee. Hal ini karena nantinya ada review serta bintang untuk melihat reputasi dari toko online atau seller tersebut.

Jadi, sebagai customer yang cerdas Anda perlu memilih toko yang ratingnya mendekati bintang 5 sistem yang dibuat oleh Shopee ini.

Jadi, setiap toko online atau seller tidak hanya sekedar mengejar keuntungan melainkan mengejar juga untuk mendapatkan reputasi toko yang baik. Belanja juga bisa jadi lebih hemat dengan kode promo Shopee yang bisa digunakan.

 

6 dari 7 halaman

Kemudahan Cara Pembayaran di Shopee

 Shopee

Kemudahan bertransaksi menjadi bahan pertimbangan customer dalam memilih ecommerce. Setiap ecommerce melihat bahwa kemudahan merupakan satu hal yang krusial sehingga segala sistem harus user friendly artinya harus simpel dan mudah.

Kini, berbagai macam tipe pembayaran  disediakan oleh Shopee seperti metode transfer menggunakan ATM, Mobile Banking dan Internet Banking.

Dengan menggunakan metode tersebut bank yang disediakan juga sangat beragam seperti BRI, BCA, BNI, Mandiri dan lainnya.

Shopee juga sudah memiliki sistem untuk menahan dana kamu di pihak Shopee sendiri sebelum barang tersebut sampai ke tangan kamu ini berguna untuk menghindari adanya penipuan seperti yang sudah disebutkan diatas.

 

7 dari 7 halaman

Cara Konfirmasi Pembayaran di Shopee

Setelah melakukan pembayaran hal berikutnya tentunya adalah melakukan konfirmasi pembayaran. Hal ini tidaklah sulit, karena di Shopee dalam hal konfirmasi terdapat dua cara yang cukup mudah.

1. Konfirmasi pembayaran manual

Untuk konfirmasi pembayaran dengan metode manual ini Anda bisa mentransfer dengan cara memfoto atau screenshot bukti transfer selanjutnya melakukan upload agar nanti di konfirmasi pihak Shopee.

2. Konfirmasi pembayaran otomatis

Konfirmasi metode ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat praktis karena melalui metode ini tidak perlu susah meng-upload bukti transfer Anda ataupun memfoto bukti transfer karena prosesnya pun kurang dari hitungan menit sampai sistem Shopee mengonfirmasi langsung.

Cara Memberikan Penilaian dan Produk

Jika tadi Anda telah mengetahui bahwa dalam membeli produk, Anda perlu mengetahui reputasi toko online kini saatnya Anda mengetahui cara menilainya. Sebagian orang merasa penting mendapatkan pelayanan yang diberikan dari suatu perusahaan maupun jasa.

Ketika Anda belanja di Shopee dan melakukan pembayaran maka Anda tidak akan diterima langsung oleh seller namun uang tersebut nantinya akan dipegang oleh pihak Shopee hingga barang yang dipesan sudah Anda terima.

Dari situlah maka Anda akan melihat mana layanan yang baik, cepat dan produk yang terjamin kualitasnya.

Dengan memahami cara belanja di Shopee, kini Anda lebih cerdas dalam bertransaksi. Perlu Anda ingat bahwa belanja melalui ecommerce memang memudahkan Anda dalam membeli barang, tetapi ingatlah bahwa Anda juga harus berhati-hati.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie