Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Masa-Masa Kelam Suhu Antivirus, John McAfee, yang Bunuh Diri di Penjara Spanyol

Masa-Masa Kelam Suhu Antivirus, John McAfee, yang Bunuh Diri di Penjara Spanyol John McAfee (Shutterstock.com)

Dream - Pendiri perusahaan antivirus komputer McAfee, John McAfee ditemukan tewas di dalam penjara di Barcelona, Spanyol. Departemen Keadilan Catalunya menyatakan kematian McAfee mengarah pada tindakan bunuh diri.

Semua indikasi mengarah pada dugaan McAfee mengakhiri sendiri hidupnya. Tim medis juga sempat melakukan tindakan resusitusi (bantuan napas buatan) namun tidak berhasil.

McAfee ditahan di penjara, menunggu ekstradisi ke AS, sejak penangkapannya pada Oktober 2020. Dia menghadapi tuduhan penggelapan pajak dan juga didakwa dengan penipuan sekuritas terkait dengan dugaan skema ponzi dan anjloknya cryptocurrency.

Pengadilan Spanyol telah menyetujui ekstradisi McAfee. Tetapi, McAfee masih punya kesempatan untuk naik banding.

 

Sosok Penuh Kontroversi

Kisah McAfee selama dekade terakhir telah menjadi berita utama. McAfee sempat membuat startup digital berkaitan medis yang diduga untuk menutupi bisnis narkobanya.

Dia pernah mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat dua kali, pada tahun 2016 dan 2020. Dia juga seorang promotor cryptocurrency terkenal, yang pernah mengklaim untuk membebankan US$105 ribu, setara Rp1,5 miliar, untuk setiap tweet promosi jika ingin McAfee meningkatkan cryptocurrency atau penawaran koin di platform Twitter.

Pada tahun 2014, Intel mengganti nama perangkat lunak antivirus yang menyandang nama McAfee menjadi "Intel Security." Sebagai tanggapan, McAfee mengatakan kepada BBC dia bersyukur "perangkat lunak terburuk di planet ini" tidak lagi dikaitkan dengan namanya.

McAfee kemudian digugat Intel lantaran mendirikan perusahaan keamanan siber baru menggunakan namanya. Intel menuding McAfee dengan pelanggaran merek dagang.

McAfee kemudian membuat kesepakatan dengan Intel dan menyatakan tidak akan menggunakan namanya untuk produk atau layanan keamanan siber apa pun yang dia kerjakan.

Terjerat Banyak Kasus Hukum

McAfee memiliki sejarah pertikaian dengan penegak hukum. Dia, keluarganya, dan body guardnya ditangkap oleh polisi Belize pada 2012 setelah tuduhan narkoba dan senjata api. Dia melarikan diri akhir tahun itu, setelah polisi Belize menyatakan dia sebagai tersangka pembunuhan tetangganya.

Cerita tersebut menjadi salah satu fokus dari film dokumenter Showtime 2016. Film itu berusaha membuktikan McAfee terlibat tidak hanya dalam pembunuhan itu, tetapi juga kejahatan lainnya.

Baru-baru ini pada 2019, McAfee menyebut kasus terhadapnya "sembrono" dan menolak untuk membayar denda US$25 juta, setara Rp361 miliar, akibat gugatan kematian yang salah. Dia juga mengklaim terkena denda US$200 juta, setara Rp2,8 triliun dalam kasus hukum lainnya, tetapi dia tidak dapat membayar salah satu dari mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, McAfee mengaku dalam pelarian dari CIA, men-tweet foto dirinya di atas kapal memegang pistol. McAfee juga telah men-tweet beberapa kali, sekali setelah penangkapannya di bulan Oktober, bahwa dia tidak akan bunuh diri, dan tweet-tweet itu sudah mengarah pada teori konspirasi tentang kematiannya, dikutip dari The Verge.

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Virus Lebih Aktif di Udara Dingin, Waspada Menyerang Si Kecil

Virus Lebih Aktif di Udara Dingin, Waspada Menyerang Si Kecil

Semakin banyak anak yang sakit di musim hujan. Ketahui penyebab dan cara cegahnya agar anak tetap sehat.

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Kelakuan Tim Content Creator Kalau Kerja

NOTED KAK! Kelakuan Tim Content Creator Kalau Kerja

Tiap divisi di kantor pasti punya cara kerja yang beda? Nah begini kelakuan tim konten Dream biar dappat FYP

Baca Selengkapnya