Takut Chat Rahasia Bocor? Fitur Baru WhatsApp Bikin Kamu Nggak Parno Lagi

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 13 November 2020 10:47
Takut Chat Rahasia Bocor? Fitur Baru WhatsApp Bikin Kamu Nggak Parno Lagi
Ini fitur baru WhatsApp yang ditunggu-tunggu!

Dream - Siapa nih di antara Sahabat Dream yang suka membicarakan hal-hal pribadi melalui aplikasi perpesanan? Selain takut pesan dikirim ke orang atau grup yang dituju, terkadang kita juga merasa parno isi teks akan terbaca karena sistem aplikasi dibobol. 

Kekhawatiran keamanan pembicaraan sepertinya akan sedikit berkurang setelah aplikasi chat WhatsApp memutuskan merilis fitur pesan menghilang di bulan ini.

Pilihan pesan menghilang ini bisa kita aktifkan di chat pribadi atau oleh admin grup.

Jika sudah diaktifkan, chat yang terjadi setelah itu, akan terhapus secara otomatis setelah tujuh hari. Perhitungan tujuh hari akan berjalan entah chat tersebut dibaca atau tidak.

 

1 dari 4 halaman

Dilansir dari The Verge, batas waktu tujuh hari ini dipilih agar kita masih dapat mengingat apa yang kita bicarakan sebelum terhapus.

Fitur Baru WhatsApp© The Verge

" Misalnya daftar belanjaan beberapa hari yang lalu akan tetap ada ketika kita butuh, tapi akan hilang ketika sudah tidak diperlukan," ujar juru bicara WhatsApp dikutip dari World of Buzz, Kamis 12 November 2020.

Fitur pesan menghilang ini juga akan menghapus foto dan video yang dikirim. Tapi, jika file tersebut sudah diunduh ke galeri, tidak akan ikut hilang.

2 dari 4 halaman

Fitur ini bakal diterima semua perangkat, mulai dari Android, iOS, dan desktop. WhatsApp via web juga bisa mengaktifkan fitur ini.

Caranya gampang, tinggal klik nama kontak atau grup, scroll ke bawah, pilih disappearing message. Di sana kita bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur jika sudah tidak diperlukan.

Sebelumnya, pesan langsung Instagram juga sudah punya fitur ini, bersamaan dengan deretan fitur baru lain setelah terintegrasi dengan Messenger.

Sumber: World of Buzz

3 dari 4 halaman

Permudah Bisnis, WhatsApp Hadirkan Fitur Belanja

Dream – Aplikasi perpesanan kini tak lagi hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga transaksi bisnis. Terlebih, selama pandemi Covid-19, suatu bisnis memerlukan cara yang tepat dan efisien untuk melayani pelanggan dan mendorong penjualan.

Dikutip dari keterangan tertulis, Jumat 23 Oktober 2020, WhatsApp telah menghadirkan WhatsApp Business sejak 2018. Sejak diluncurkan jutaan orang dan pelaku usaha telah menggunakannya untuk berkomunikasi dan bertransaksi. Faktanya, ada 175 juta orang berkirim pesan ke WhatsApp Business setiap hari.

Tak hanya itu, di Indonesia, misalnya, riset The Hariss Poll yang melibatkan 1.019 responden di Indonesia menunjukkan bahwa mayoritas orang Indonesia setuju berkirim pesan adalah cara yang paling mudah untuk berkomunikasi dalam sebuah bisnis dan bisa menghemat waktu. Namun, sebagian besar responden tidak mau membuang-buang waktu untuk menunggu pesan balasan terkait bisnis.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, WhatsApp menghadirkan fitur-fitur anyar di WhatsApp Business. Berikut ini rinciannya.

 

 

4 dari 4 halaman

Fitur Tombol Belanja sampai Layanan Berbayar

Belanja

Platform itu mempermudah pengguna untuk berbisnis dengan mengintegrasikan fitur tombol belanja di chat. Dengan begitu, pengguna bisa langsung bertransaksi dari chat. Fitur tombol belanja ini bisa membantu banyak pelaku usaha kecil yang terdampak pandemi Covid-19.

Layanan Hosting Facebook

Pelaku bisnis memiliki teknologi yang berbeda-beda. Mereka membutuhkan pilihan atas perusahaan yang akan bekerja sama dengan mereka dalam memberikan layanan hosting dan mengelola komunikasi.

Inilah yang membuat WhatsApp berusaha memperluas kemitraan dengan menyediakan solusi bisnis. Pihak WhatsApp telah menyediakan opsi baru untuk mengelola pesan WhatsApp melalui layanan hosting yang akan ditawarkan Facebook.

Keberadaan opsi ini akan mempermudah bisnis kecil dan menengah untuk memulai bisnis, menjual produk, memperbarui inventaris, dan merespons dengan cepat pesan yang mereka terima, di mana pun karyawan mereka berada.

Penjualan Layanan bagi Bisnis

WhatsApp akan mengenakan biaya untuk sebagian layanan yang ditawarkan. Pengenaan biaya ini akan membantu platform tersebut untuk membangun bisnis sambil terus menyediakan dan memperluas layanan perpesanan teks serta panggilan suara dan video.

Beri Komentar