Tanda-Tanda Ponsel Disadap, Satu Cirinya Sering Ditemukan

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 6 November 2019 10:30
Tanda-Tanda Ponsel Disadap, Satu Cirinya Sering Ditemukan
Apa saja itu?

Dream - Ponsel sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Hampir seluruh data pribadi tersimpan di dalam telepon genggam.

Tapi kita harus waspada dengan merebaknya spyware dan malware. Sebab, dua virus itu mampu mencuri informasi secara diam-diam. Ponsel bisa tersadap tanpa kita sadari.

Meski demikian, kita bisa mengetahui tanda-tanda ponsel sedang disadap. Berikut ini beberapa ciri ponsel kita telah disadap, sebagaimana dikutip dari Liputan6.com:

1. Baterai Cepat Panas dan Habis

Ada banyak penyebab baterai handphone cepat panas dan habis. Bisa dari penggunaan aplikasi dan durasi yang sudah uzur.

Tapi, ketika penggunaan ponsel dalam batas wajar, baterai ponsel habis, artinya ada yang perlu diwaspadai. Bisa jadi ponsel kita disadap pihak ke tiga.

Daya baterai yang lebih cepat habis tanpa penggunaan berlebihan, bisa jadi tanda handphone terdapat malware. Hal ini dikarenakan, handphone yang disadap akan merekam dan mengirimkan semua aktivitas kepada pihak ke tiga.

1 dari 6 halaman

2. Pemakaian Data Seluler Melonjak

 Ponsel Mahal Bukan Masalah Bagi Penduduk Saudi

Ponsel akan bekerja secara maksimal dengan bantuan internet. Penggunaan data seluler yang tidak wajar bisa menjadi ciri ke dua ponsel kita disadap.

Untuk itu, periksa handphone kamu apakah ada peningkatan data tidak wajar dalam penggunaannya. Apabila kamu menemukan sumber masalah seperti aplikasi yang berjalan atau tethering internet, maka ini memungkinkan ada pihak lain yang menumpang lalu lintas internet lewat perangkat kamu.

3. Ponsel Mulai Lemot

Aplikasi dan penggunaan data berlebih bisa membuat kinerja ponsel melambat. Tapi, setelah membersihkan data yang tak terpakai, kinerja masih sama, artinya kamu perlu waspada.

Malware akan mengakses informasi dasar termasuk memotong lalu lintas pesan dalam sebuah perangkat. Kondisi ini membuat data yang dibutuhkan melakukan prosesnya dengan menjadikan performa menjadi lebih lambat.

2 dari 6 halaman

Kabel Charger HP Diselotip, Gadis Malang Tewas Tersetrum Saat Tidur

Dream - Niat baik untuk membetulkan perkakas yang rusak terkadang tak berbanding lurus dengan hasil yang didapat. Usaha memperbaiki itu terkadang menjadi bumerang bagi si pemilik

Seorang perempuan dari Chaiyaphum, Thailand, tewas karena tersetrum kabel pengisi daya ponsel yang dia coba perbaiki. Diduga selotip kabel itu terkelupas, aliran listrik menyengat tubuh gadis tersebut.

Dilaporkan World of Buzz, remaja bernama Nong Ying itu konon membuat kesalahan karena kabel yang rusak itu berada di kakinya saat tidur di tengah malam.

Penyebab kematian diduga akibat sengatan listrik dari kabel yang terkelupas itu menyentuh rangka tempat tidur korban. Diduga gadis malang itu tersengat aliran listrik ketika sedang tidur.

Ibu korban, Boonpeng Tuponchai, menemukan putrinya yang sudah meninggal terbaring di tempat tidur ketika dia kembali ke rumah.

3 dari 6 halaman

Dipikir Sedang Tidur

" Saya pikir dia sedang tidur. Tetapi ketika saya menyentuh tubuhnya, saya merasakan sengatan listrik," ucap Boonpeng.

Denga segera Boonpeng mematikan pengisi daya. Sayang, upanya terlambar. Putrinya sudah meninggal.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, terungkap bahwa Nong menderita luka bakar di tangan kirinya. Diduga luka itu muncul karena sengatan listrik.

Petugas investigasi, Khanti Peansoongnern, mengatakan insiden itu disebabkan kabel yang putus. Arus listrik mengalir melalui tepi kabel yang sobek yang seharusnya diperbaiki dengan selotip.

4 dari 6 halaman

Bocah Tewas Diduga Kesetrum di Area Kolam Renang Apartemen

Dream - Seorang bocah berinisial MMA, 10 tahun, asal Irak ditemukan tergeletak di dekat ruang lampu di area kolam renang Tower 4 Apartement City Home Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan peristiwa nahas itu terjadi pada Senin, 2 Juli 2018 malam.

" Iya benar (kejadiannya kemarin)," ujar Argo saat dikonfirmasi, Selasa 3 Juli 2018.

Argo menjelaskan MMA ditemukan oleh petugas keamanan yang sedang berpatroli di area kolam renang. MMA sempat dilarikan ke rumah sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading.

Sayangnya, nyawa MMA tidak tertolong. Dia meninggal saat dalam perjalanan menuju RS Mitra Keluarga Kelapa Gading.

Setelah dinyatakan meninggal dunia, jasad MMA dibawa ke Rumah Sakit Kramat Jati, Jakarta Timur.

Belum diketahui secara pasti penyebab bocah itu meninggal. Dugaan sementara, MMA kehilangan nyawa karena tersengat listrik.

" Masih diselidiki ya," ucap Argo.

5 dari 6 halaman

Detik-detik Musibah Meninggalnya Kakak Syahrini Karena Kesetrum

Dream - Kakak kandung penyanyi Syahrini, Ridwan Zaelani, mengalami kecelakaan kerja ketika sedang mencuci sebuah truk besar. Dari hasil penyelidikan polisi terungkap jika Ridwan tersengat listrik tegangan tinggi hingga meninggal dunia.

Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena, menjelaskan kecelakaan itu terjadi di kantor CV ZBA di Kampung Cimahiwal RT 05/02, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut Ita, awalnya Ridwan sedang mencuci truk Mitsubishi Tronton warna kuning dengan pelat nomor B 9031 SYV bersama seorang rekan berinisial DER.

" Korban pun menyuruh temannya menaikkan bak truk yang sedang dicuci," ujar Ita, dikutip dari Pojoksatu.id, Rabu 26 September 2018.

6 dari 6 halaman

Bak Truk Mengenai Saluran Tegangan Tinggi

Tanpa diduga, bak truk yang terbuat dari besi itu mengenai arus listrik tegangan tinggi. Akibatnya, Ridwan langsung tersengat listrik.

" RZ langsung meninggal dunia di tempat kejadian," kata Ita,

 Polisi memeriksa truk milik Ridwan

Selanjutnya, Ridwan dibawa ke Puskesmas Rumpin. Di sana, jenazah Ridwan menjalani visum.

" Korban luka pada siku tangan kiri melepuh, telapak tangan kanan berlubang, jari kaki kanan dan kiri melepuh," ucap dia.

Sementara DER saat ini menjalani perawatan di RSUD Leuwiliang. DER mengalami luka di lutut kanan berlubang, telapak tangan kanan dan kiri mengelupas.

Sumber: pojoksatu.id

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone