Tren Belanja Online Meningkat di Kuartal III 2020
Dream - Tak ada pilihan lagi untuk berbelanja di masa pandemi seperti saat ini kalau bukan secara online guna meminimalisir penyebaran virus.
Di samping itu, online shopping dilakukan untuk mendorong para pegiat usaha di Indonesia khususnya UMKM agar terus beroperasi.
Tokopedia mengumumkan transaksi jual-beli online pada platformnya sepanjang kuartal III 2020, ada lima kategori favorit di Tokopedia sepanjang Juli-September 2020.
“Kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik dan Handphone & Tablet menjadi lima kategori paling populer selama periode Juli hingga September 2020,” ujar VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, pada Kamis, 8 Oktober 2020.
Capaian naik berkali-kali lipat
Masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah mendorong peningkatan pada kategori rumah tangga. Tokopedia mencatat pencapaian ini lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi.
Sedangkan pada kategori Makanan dan Minuman, penjualan meningkat hampir tiga kali lipat selama pandemi.
Pada kategori elektronik, produk bohlam pintar, earphone, antena dan receiver TV menjadi produk paling laris.
Sementara untuk kategori Handphone & Tablet, penyangga dan tripod untuk handphone, powerbank serta kabel data merupakan produk yang paling banyak dicari.
Masker dan face shield masih menjadi produk kesehatan yang paling dicari masyarakat. Hal ini membuat kategori kesehatan mengalami peningkatan hampir 2,5 kali lipat dibanding periode sebelumnya.
Pandemi mendorong masyarakat untuk tetap melaksanakan aktivitas produktif seperti bekerja maupun sekolah di rumah.
Ini menyebabkan peningkatan Kasasi pada kategori komputer dan laptop. Pada sisi lain pandemi mendorong masyarakat lebih banyak membaca selama berada di rumah, pada kategori buku, buku pengembangan diri, pendidikan, religi dan buku fiksi menjadi produk paling populer.
Menjaga imunitas tubuh merupakan hal yang penting di tengah pandemi seperti saat ini agar terhindar dari virus.
Olahraga di rumah
Kegiatan olahraga merupakan aktivitas yang digemari masyarakat di tengah pandemi, selain untuk menjaga imunitas tubuh tapi juga bisa menjadi kegiatan seru.
“Bersepeda, yoga dan pilates, bermain sepatu roda dan skateboard, golf serta tenis meja merupakan lima aktivitas olahraga yang memicu kenaikan signifikan pada penjualan produk di kategori olahraga selama kuartal III 2020,” tambah Nuraini.
Kategori kecantikan dan fashion juga masih diminati selama pandemi, kesadaran masyarakat untuk tetap merawat diri walaupun berada di tengah pandemi mendorong adanya peningkatan pada kategori perawatan tubuh mencapai lebih dari dua kali lipat.
“Kunci menghadapi pandemi adalah tetap beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi. Tokopedia dalam hal ini berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa, melalui kolaborasi dengan para mitra strategis, untuk mempermudah masyarakat menemukan apa pun yang dibutuhkan kapan pun, hingga menciptakan peluang,” tutup Nuraini.
(Laporan: Shania Suha Marwan)
Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya
Belanja Online Tak Salah Barang, Manfaatkan Fitur 'Ambil di Tempat'
Fitur belanja 'ambil di tempat' mempermudah konsumen memastikan kualitas barang secara langsung agar tidak salah beli.
Baca SelengkapnyaBukti Orang RI Doyan Belanja Online, BI Ungkap Nilai Fantastis Transaksi e-Commerce Sebulan
Transaksi belanja online pada Oktober 2023 tembus Rp42,2 triliun
Baca SelengkapnyaIntip Tren Kuliner Terlaris yang Dipesan Online 2023, Mana yang Sering Kamu Pesan?
Memesan makanan melalui aplikasi online masih menjadi pilihan masyarakat untuk menjaga pengeluaran finansial mereka.
Baca Selengkapnyavideo untuk kamu.
Balai Lelang Ini Tawarkan Opsi Titip Jual, Ada Pilihan Motor Listrik
Masyarakat juga bisa mengikuti lelang secara real time melalui fitur lelang mobil dan motor online yang tersedia di situs web.
Baca SelengkapnyaMeresahkan! 84% Pengakses Internet di Indonesia Pernah Terpapar Iklan Judi Online lewat Medsos
Iklan judi online masih merajalela di dunia maya. Masih banyak pengguna internet pernah terpapar iklan tersebut lewat media sosial maupun situs website.
Baca SelengkapnyaPerdebatan Sengit Mertua dan Menantu yang Dianggap Habiskan Uang Suami karena Sering Belanja Online, Netizen: Rumah Serasa Neraka
Hampir tiap hari sang mertua melihat menantunya itu lebih sibuk membuka barang yang dibeli dari toko online.
Baca Selengkapnya