Wow, Smartphone Jadul Ini Gunakan Windows 11

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 3 Juli 2021 08:01
Wow, Smartphone Jadul Ini Gunakan Windows 11
Bagaimana performanya?

Dream – Pratinjau Windows 11 baru saja dirilis pada awal minggu ini. Tapi, ada seorang mahasiswa yang telah menerapkan Windows 11 di Windows Phone.

Dikutip dari The Verge, Jumat 2 Juli 2021, mahasiswa teknik bernama Gustave Monce membuat video tutorial menjalankan Windows 11 di Lumia 950 XL. Sekadar informasi, gadget ini memang telah dipasang dengan Windows 10 Mobile. Ini juga merupakan gawai terakhir yang memiliki OS Windows.

Hasilnya mengejutkan. Windows 11 telah beradaptasi dengan baik di smartphone dengan layar 5,7 inci meskipun pengoperasiannya tidak secepat semestinya.

Monce mengatakan capaian ini merupakan yang terbaik. Hobi “ ngoprek” smartphone ini telah dilakoni selama lima tahun. Dia bekerja sama dengan sesama insyinyur, Bingxing Wang, untuk mengutak-atik smartphone itu.

Monce memiliki 15 orang tim untuk mengutak-atik smartphone. “ Kami memiliki komunitas orang-orang yang tertarik untuk menjalankan Windows 10 penuh di Lumia 950 s,” kata dia kepada The Verge.

Diakui memang smartphone tidak bekerja dengan sempurna saat “ ditanam” Windows 11 dan 10. Misalnya, daya tahan baterai yang lama, SMS kadang terputus karena perubahan OS Microsoft, dan kamera gagal berfungsi. (mut)

1 dari 2 halaman

Tampilan Windows 11 Bocor di Internet, Lihat Tombol Start Menu

Dream – Bocoran tampilan sistem operasi produk anyar Microsoft, Windows 11, beredar di dunia maya. Setelah tangkap layarnya muncul pertama kali di situs Baidu, kini, Windows 11 OS tampil di mana-mana, lengkap dengan interface baru, menu Start, dan lain-lain.

Dikutip dari The Verge, Jumat 18 Juni 2021, user interface Windows 11 dan menu Start terlihat mirip dengan Windows 10X. Microsoft telah menyederhanakan Windows untuk dual services devices sebelum membatalkan proyek itu demi Windows 11,

Secara visual, kamu bisa melihat perbedaan besar di taskbar. Microsoft telah menaruh ikon-ikon aplikasi di tengah. Perusahaan ini juga membersihkan area tray, termasuk tombol Start dan menu.

Menu Start telah disederhanakan tanpa ada Live Tiles. Ini termasuk aplikasi yang disematkan, dokumen terkini, dan kemampuan shut down atau restart Windows 11.

Kalau tak mau ikon dan menu start di tengah, kamu bisa menggesernya ke kiri. Kabar baik, ada versi dark mode, lho.

2 dari 2 halaman

Tampilan Sudut Membulat

Microsoft juga membuat sudut tampilan Windows 11 membulat. Ini terlihat di tampilan context menu dan File Explorer. Menu Start juga punya sudut yang membulat.

Tampilan Windows 11© The Verge

Ada juga tombol snap control yang bisa diakses dari maximize di semua aplikasi. Kamu bisa “ menjepret” jendela secara berdampingan dan mengaturnya di beberapa bagian di desktop.

Fitur widget tidak terlihat penuh di Windows 11. Mereka didesain untuk bisa slide out dan menyediakan jalan pintas untuk mengakses news, cuaca, dan konten-konten situs lainnya.

Beri Komentar