11 Cara Merawat Kuku Tangan dan Kaki yang Panjang Secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Kamis, 7 November 2019 15:49
11 Cara Merawat Kuku Tangan dan Kaki yang Panjang Secara Alami
11 Cara Merawat Kuku Tangan dan Kaki yang Panjang Secara Alami dengan Baik

Dream - Kuku merupakan bagian tubuh yang sering kita abaikan. Padahal kuku juga perlu kita rawat agar tidak rusak dan tetap bersih.

Tidak hanya kuku tangan saja, kuku kaki juga harus dirawat kebersihannya. Hal ini disebabkan kuku kaki cenderung lebih mudah terserang bakteri dan infeksi.

Kuku tangan dan kuku kaki harus kita rawat secara seimbang. Jamur dan infeksi dapat menyerang bagian kuku jika kita tidak menjaga kebersihan kuku.

Kamu tentunya tidak ingin mengalami infeksi pada bagian kukumu bukan? Untuk itu berikut kami berikan rekomendasi cara merawat kuku yang bisa kamu coba di rumah!

1 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku Panjang

Pria dan wanita seringkali membiarkan kuku tetap panjang dan tidak memotongnya. Bagi wanita, memiliki kuku panjang akan memudahkan mereka saat akan memperindah tampilan kuku dengan cat kuku.

Namun perlu diperhatikan bahwa kuku panjang membutuhkan perawatan agar tetap terjaga kebersihannya. Untuk itu berikut cara merawat kuku panjang yang kami rekomendasikan! 

Menggunakan cotton buds

 Cara Aman Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Cara merawat kuku panjang adalah dengan menggunakan cotton buds. Kamu mungkin seringkali merasa kesulitan saat akan membersihkan kuku panjangmu terutama pada bagian dalamnya. Kamu bisa menggunakan cotton buds untuk membersihkan bagian dalam kukumu agar kotoran kuku dapat dikeluarkan.

Menggunakan minyak zaitun

Cara merawat kuku panjang adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun agar kukumu tumbuh dengan kuat dan halus. Usapkan minyak zaitun pada kukumu secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

 

Kurangi penggunaan aseton

Cara merawat kuku panjang dapat kamu lakukan dengan mengurangi penggunaan aseton. Jika kamu sering mengecat kuku kamu pasti sudah tidak asing dengan aseton. Aseton banyak digunakan untuk membersihkan cat kuku. Namun penggunaan yang terlalu sering dapat merusak kukumu. Hal ini disebabkan kandungan aseton yang dapat membuat kuku mudah patah dan rapuh.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku Tangan

Merawat kuku tangan menjadi hal yang wajib untuk kita lakukan. Kuku tangan merupakan bagian yang bersinggungan dengan kita saat sedang mengonsumsi makanan. Jika kuku tangan tidak terawat dan terjaga kebersihannya maka dapat menyebabkan penyakit pada tubuh. Untuk itu berikut kami rekomendasikan cara merawat kuku tangan yang bisa kamu coba!

Hilangkan kebiasaan menggigit kuku

 Ini Akibatnya Jika Punya Kebiasaan Menggigit Kuku

Cara merawat kuku tangan dapat kamu lakukan dengan menghilangkan kebiasaan menggigit kuku. Beberapa dari kamu mungkin memiliki masalah kebiasaan menggigit kuku. Kebiasaan ini sebaiknya dihilangkan karena dapat membuat kuku menjadi rusak dan terlihat tidak bagus.

Mengontrol kebersihan kuku tangan

Cara merawat kuku tangan dapat kamu lakukan dengan selalu mengontrol kebersihannya. Kamu harus tetap menjaga kebersihan kuku tangan agar terhindar dari kuman dan bakteri. Selalu mencuci tangan dan membersihkan sela-sela kuku setelah beraktivitas dapat menjadi solusi agar kuku tangan tetap bersih.

Memotong kuku tangan

Cara merawat kuku tangan dapat kamu lakukan dengan memotong kuku tangan secara rutin. Kuku yang panjang seringkali memudahkan kotoran untuk masuk pada kuku. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa memotong kuku secara rutin untuk mencegah kuku tetap panjang.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku Kaki yang Rusak

Jika dibandingkan dengan kuku tangan, kuku kaki adalah bagian yang lebih sering menjadi rusak akibat terkena jamur dan infeksi. Kita seringkali mengabaikan kebersihan kuku kaki. Padahal kuku kaki sangat penting untuk dirawat agar tidak rusak.

Merawat kuku kaki juga harus kita lakukan dengan hati-hati karena kesalahan perawatan dapat menyebabkan infeksi pada kuku kaki. Untuk itu berikut kami berikan rekomendasi cara merawat kuku kaki yang rusak! 

Menjaga kebersihan kuku kaki

 Cara Merawat Kuku Kaki

Cara merawat kuku kaki yang rusak dapat kamu lakukan dengan selalu menjaga kebersihan kuku kaki. Kebersihan kuku kaki dapat dijaga dengan membersihkan kuku kaki dengan air bersih dan sabun. Kamu bisa melakukannya secara rutin setelah selesai beraktivitas.

Memotong kuku secara teratur

Cara merawat kuku kaki yang rusak adalah dengan memotong kuku secara teratur. Jika kukumu sudah rusak, sebaiknya kamu tidak memanjangkan kuku kakimu. Memanjangkan kuku kaki dapat menyebabkan banyak gangguan pada kuku. Sebaiknya potonglah kuku 1-2 minggu sekali secara rutin atau saat dirasa kuku sudah memanjang. 

Menggunakan pelembab kuku

Cara merawat kuku yang rusak dapat kamu lakukan dengan menggunakan pelembab kuku. Pilihlah pelembab kuku yang memiliki kandungan petroleum jelly. Penggunaan pelembab kuku bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada kutikula.

Berikut langkah-langkah menggunakan pelembab kuku:

  • Lakukan setelah memotong kuku kaki
  • Cuci kaki hingga bersih
  • Keringkan kaki dengan handuk
  • Oleskan pelembab kuku pada kuku kaki

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku Secara Alami

Merawat kuku menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Merawat kuku dapat kamu lakukan tanpa menggunakan obat-obatan atau bahan-bahan tertentu yang dapat membahayakan kesehatanmu. Berikut kami rekomendasikan cara merawat kuku secara alami yang bisa kamu coba!

Memperhatikan alas kaki

 kaos kaki dan high heels

Cara merawat kuku secara alami dapat kamu lakukan dengan memperhatikan alas kaki yang kamu gunakan. Hal ini dilakukan untuk merawat kuku kaki kamu agar terhindar dari jamur dan bakteri. Kamu harus menghindari penggunaan alas kaki yang tidak nyaman digunakan di kaki.

Bahan alas kaki yang digunakan juga sangat penting untuk diperhatikan. Usahakan untuk memilih alas kaki yang dapat memberikan sirkulasi udara pada kaki.

Memperhatikan cara memotong kuku

Cara merawat kuku secara alami dapat kamu lakukan dengan memperhatikan cara memotong kuku. Kesalahan dalam cara memotong kuku dapat menimbulkan masalah baru untuk kukumu. Hal yang harus dihindari adalah memotong kutikula kuku yang berfungsi untuk mencegah kuman dan bakteri masuk ke dalam kuku.

 

(Audila Rima/Sumber: Berbagai sumber)

 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone