3 Cara Membebaskan Wajah dari Komedo

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 7 Desember 2021 19:12
3 Cara Membebaskan Wajah dari Komedo
Gunakan produk perawatan kulit dengan kandungan yang tepat.

Dream – Beraktivitas di rumah saja membuat kita cenderung malas melakukan beberapa rutinitas perawatan kulit. Salah satu kebiasaan yang mendadak jadi jarang dilakukan adalah melakukan pembersihan dan eksfoliasi.

Padahal, kedua perawatan wajah tersebut harus tetap dilakukan meski hanya beraktivitas di rumah. Wajah yang kurang bersih bisa menjadi sarang bakteri penyebab jerawat dan komedo.

Mungkin, kamu telah mengetahui beberapa trik mengatasi jerawat. Lalu, bagaimana cara mengatasi komedo? Apakah caranya sama?

Sebenarnya, cara mengatasi komedo tidak jauh berbeda dengan jerawat. Namun jika ingin lebih efektif, lakukan beberapa tips dari Dermatologis, Hari Darmawan berikut ini.

1 dari 2 halaman

Pakai Produk yang Mengandung Retinoid

Menggunakan Produk Perawatan Kulit© Shutterstock

Sama dengan retinol, retinoid merupakan turunan vitamin A yang dapat membantu mencegah proses penuaan kulit serta membersihkan pori-pori tersumbat. Sehingga, kamu akan lebih mudah mengatasi komedo.

Pertumbuhan kulit juga akan lebih baik ketika kamu menggunakan produk yang mengandung senyawa aktif vitamin A. Bahkan, produk sejenis bisa mencegah kemunculan jerawat.

Menggunakan produk yang mengandung AHA/BHA

AHA/BHA mampu membantu proses eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Sehingga, kulitmu pun akan lebih bersih dan cerah. Jadi, kamu bisa menghilangkan komedo sekaligus mengatasi kekusaman.

2 dari 2 halaman

Melakukan perawatan di salon kecantikan

Melakukan Perawatan Kulit© Shutterstock

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa melakukan perawatan di salon kecantikan. Setelah berkonsultasi dengan dermatologis, kamu bisa melakukan perawatan facial, chemical peeling, atau mikrodermabrasi.

Beri Komentar