3 Sebab Ini Tanpa Sadar Membuat Kamu Gagal Diet

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Selasa, 31 Maret 2020 16:45
3 Sebab Ini Tanpa Sadar Membuat Kamu Gagal Diet
Kesal kenapa dietmu tidak berpengaruh, padahal sudah diet secara ketat. Mungkin ada yang salah dengan dietmu.

Dream – Sudah bertekad untuk diet namun masih gagal juga? Berat badan bukannya berkurang, malah menetap bahkan bertambah. Kondisi tersebut banyak sekali dialami oleh para pejuang diet di luar sana. Terkadang bahkan sudah merasa bekerja keras untuk menurunkan berat badan, namun kurang berhasil.

Sebenarnya ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang gagal diet. Dari mulai kurangnya kedisiplinan, salah mengatur program diet, atau kurang informasi.

Jika Anda sedang mengalami diet, tiga sebab ini perlu dihindari agar diet anda berjalan sesuai dengan keinginan. Berikut dream merangkumkannya untuk Anda.

1 dari 3 halaman

Salah Memilih Body Goal

 Ilustrasi Body Goals© Pexels.com

Sebab pertama yang sering tidak disadari adalah salah memilih body goal. Ketika memilih untuk melakukan diet, tentu kita punya body goal tertentu yang ingin dicapai. Namun sayangnya, kebanyakan pemula kadang keliru memilih body goal. Sadarilah kondisi tubuh anda, dengan diet yang akan anda tentukan. 

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi ketika anda salah memilih body goal, yaitu:

  • Penentuan target akhir diet
  • Penentuan ekspektasi di masa depan
  • Program diet yang bisa dipilih
  • Menentukan panutan untuk diet ataupun olahraga
  • Menentukan peluang suksesnya memperoleh body goal.

Dalam menentukan body goal, anda harus memastikan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan body goal memiliki tinggi badan atau berat yang serupa dengan anda.
  2. Perhatikan ras- dari contoh body goal yang mau kamu tiru, hal itu harus diperhatikan karena perbedaan ras juga bisa mempengaruhi besaran massa otot.
  3. Cari influencer, atau nutritionis yang informatif. Informasi diet yang kurang jelas akan menyebabkan salah persepsi. Yang ada dietmu bisa gagal total.
  4. Pilih body goal yang pola hidupnya bisa diikuti.

2 dari 3 halaman

Prioritas Diet yang Terbalik

 Porsi Diet© Pexels.com

Sebab selanjutnya yang bisa membuat kamu gagal diet adalah prioritas diet yang terbalik. Terkadang, ketika diet kita terfokus pada beberapa hal saja, dan mengesampingkan faktor lain. Padahal untuk mencapai diet yang berhasil, ada beberapa prioritas yang perlu kamu perhatikan.

Dalam istilah program diet, ada yang dinamakan segitiga terbalik. Segitiga terbalik ini mempengaruhi presentase keberhasilan diet. Didalam program diet ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu kalori, makro gizi, mikro gizi, jam makan, dan suplemen.

Pertama, Total Kalori.

Total Kalori mempengaruhi hampir 50 persen dalam program diet. Hitunglah jumlah kebutuhan kalori per hari anda sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika anda merasa kebingungan, anda bisa menggunakan aplikasi – aplikasi yang tersedia, untuk mengetahui kebutuhan kalori anda per harinya.

Ke dua, Makro Gizi

Makro Gizi merupakan kumpulan gizi yang cukup besar menyumbang kebutuhan tubuh. Diantaranya adalah makanan – makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan juga lemak. Ketiga makro gizi ini jumlahnya harus seimbang. Makro Gizi mempengaruhi 30 persen keberhasilan program diet anda. Makro gizi berperan penting menentukan pembakaran yang akan dilakukan ketika diet, baik pembakaran lemak ataupun massa otot.

Ke tiga, Mikro Gizi

Mikro Gizi merupakan kumpulan zat gizi lainnya yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil. Mikro Gizi mencakup kumpulan kelompok vitamin dan mineral. Anda bisa cari tahu, vitamin dan mineral apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh orang diet. Mikro Gizi sendiri mempengaruhi sekitar 10 persen keberhasilan diet.

Ke empat, Jam makan

Jam makan ini merupakan salah satu hal yang umumnya sering disalahpahami oleh sebagian besar pemula diet. Kadang mereka beranggapan bahwa di jam – jam tertentu ada kalanya dilarang makan untuk mendukung keberhasilan diet. Padahal kenyataannya, jam makan hanya mempengaruhi sekitar 5 persen.

Ke lima, Suplemen

Kebanyakan pemula termakan iklan yang menjanjikan diet instan. Pada dasarnya suplemen memang akan membantu program diet seseorang. Namun presentase nya hanya sekitar 5 persen.

3 dari 3 halaman

Salah Informasi

 Coba 3 Trik Diet Aman Saat Menyusui© MEN

Sebab terakhir yang sering kali menjadi penyebab seseorang gagal diet adalah salahnya informasi. Di tengah – tengah kemudahan akses informasi ini, nyatanya tidak semua yang tersaji selalu benar. Cermatlah dalam menyerap informasi yang sesuai.

Untuk memastikan program diet yang kamu jalani sudah benar, kamu bisa mencari tahu dari bacaan atau buku yang mendukung. Atau jika kamu kurang yakin, tanyakan ahli gizi atau nutrisi. Mereka akan membantumu menentukan pola diet seperti apa yang cocok untuk tubuhmu.

Ingatlah setiap orang punya cara tersendiri untuk diet. Sesuaikanlah program diet anda dengan kondisi tubuh anda juga. Diet bukan berarti tidak menjaga kesehatan tubuh. Dengan informasi yang benar, dan pola diet yang sesuai, bukan tidak mungkin diet yang anda lakukan bisa berhasil.

Beri Komentar