3 Tips Berjemur untuk Memperoleh Vitamin D Tanpa Merusak Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 7 Agustus 2020 16:17
3 Tips Berjemur untuk Memperoleh Vitamin D Tanpa Merusak Kulit
Tak sedikit orang yang kekurangan vitamin D dan harus berjemur di bawah sinar matahari.

Dream - Vitamin D merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sayangnya, tak sedikit orang yang kekurangan vitamin D dan harus berjemur di bawah sinar matahari.

Padahal, berjemur di bawah sinar matahari juga berbahaya bagi kulit. Lalu, bagaimana cara mendapatkan vitamin D yang dapat mencegah osteoporosis, kanker, depresi serta lemah otot? 

Dilansir dari Times of India, minyak hati ikan cod, ikan salmon, tuna, hati sapi, kuning telur serta ikan sarden merupakan sumber vitamin D yang dapat dikonsumsi secara rutin. 

Jika belum bisa mengonsumsi makanan tersebut secara rutin, kamu perlu mengandalkan suplemen vitamin D agar daya tahan tubuh tetap terjaga atau melakukan 3 tips berikut untuk berjemur di bawah matahari: 

 

 

1 dari 3 halaman

1. Waktu terbaik untuk berjemur di bawah matahari adalah antara pukul 10 pagi dan 3 sore. Di waktu tersebut UVB cukup intens dan lebih optimal memproduksi vitamin D.

Waktu Berjemur© Shutterstock.com

2 dari 3 halaman

2. Karena terbuat dari kolesterol pada kulit, kamu perlu membiarkan sebanyak mungkin permukaan kulitmu untuk terkena matahari, sehingga lebih banyak memproduksi vitamin D.

Berjemur di Bawah Matahari© Shutterstock.com

Biarkan sinar matahari mengekspos punggungmu untuk memproduksi vitamin D secara maksimal. Tapi, jangan lupa menggunakan topi serta kacamata yang dapat melindungi mata dari bahaya sinar matahari.

3 dari 3 halaman

3. Jangan menggunakan tabir surya yang dapat mengurangi produksi vitamin D sekitar 90 persen. Namun jika ingin menggunakannya, kamu perlu menghabiskan waktu sedikit lebih lama daripada ketika tidak memakainya.

Memakai Krim Wajah© Shutterstock.com

Meski diklaim sehat, namun kamu perlu menghindarinpaparan sinar matahari berlebih untuk mencegah kulit terbakar, masalah kesehatan mata, jantung serta risiko kanker kulit.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar