4 Bahan Alami untuk Perawatan Kulit di Rumah

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 8 April 2020 12:14
4 Bahan Alami untuk Perawatan Kulit di Rumah
Lakukan perawatan ini untuk mengisi waktu selama physical distancing.

Dream - Berada di rumah sepanjang hari bukan berarti kamu tidak bisa melakukan perawatan kulit atau hair spa. Meski begitu, kamu juga tidak bisa membeli produk perawatan di luar rumah. 

Oleh karena itu, gunakan bahan natural yang biasa digunakan di dapur dan efektif untuk kesehatan kulit.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut bahan natural yang dapat digunakan untuk perawatan di rumah.

1. Tetesan Lemon

 Tetesan Lemon© Shutterstock.com

Memasak dengan berbagai bahan alami seringkali membuat tangan atau jarimu ternodai. Jika tidak memiliki aseton, gunakan tetesan lemon. 

Gosok tangan atau jari dengan tetesan lemon dan biarkan selama 15 menit. Lalu, bersihkan tangan dan gunakan pelembap.

2. Cooking Spray

Selain digunakan untuk memasak, cooking spray juga bisa membantu proses pemakaian cat kuku. Semprotkan cooking spray pada kukumu setelah memakai cat kuku agar lebih cepat kering. Cooking spray juga akan membuat kukumu lebih lembap.

1 dari 7 halaman

3. Minyak Goreng

 Minyak Goreng© Shutterstock.com

Minyak goreng bisa menjadi pengganti serum dan krim rambut. Memakai minyak goreng bisa melembapkan rambut. Cukup gunakan minyak goreng pada rambut dan kulit kepala setelah memakai sampo.

Lalu, balut rambut dengan handuk dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan rambutmu akan lebih berkilau.

4. Baking Soda

 Baking Soda© Shutterstock.com

Baking soda dapat digunakan untuk scrub wajah dan menghilangkan sel kulit mati. Campurkan baking soda dengan air hingga mengental.

Aplikasikan campuran ini pada kulit dan usapkan dengan gerakan memutar. Biarkan selama 10 menit, bersihkan dengan air dan gunakan pelembap.

(Summer: Miss Kyra)

2 dari 7 halaman

4 Kesalahan Perawatan Kulit Berminyak

Dream - Mengetahui jenis kulit merupakan kunci perawatan yang tepat. Jenis kulitmu menentukan produk dan kandungan apa yang efektif untukmu.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut kesalahan perawatan pada kulit berminyak: 

- Mungkin, kamu pernah membersihkan wajah menggunakan air hangat. Air hangat dapat mengikis kelembapan alami kulit dan membuat wajahmu kering.

- Memiliki kulit berminyak biasanya akan membuatmu ingin membersihkan wajah. Padahal, membersihkan wajah terlalu sering juga dapat mengikis kelembapan kulit. Bersihkan wajah 2-3 kali sehari agar wajahmu tidak mengering dan memproduksi minyak berlebih.

- Selain sering membersihkan wajah, mungkin kamu juga lebih sering melakukan eksfoliasi. Sebaiknya, lakukan eksfoliasi sekali seminggu menggunakan scrub halus.

- Terlalu sering berganti produk perawatan kulit bisa membahayakan kesehatan kulit. Gunakan produk yang cocok untuk kulitmu dan tidak menyebabkan masalah kulit.

(Sumber: Miss Kyra)

3 dari 7 halaman

Penyebab Muncul Jerawat di Dahi, Yuk Singkirkan Bukan Ditutupi

Dream - Munculnya jerawat atau beruntusan di bagian dahi pasti pernah Sahabat Dream alami. Ketika tengah bercermin dan menemukan jerawat atau beruntusan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa penyebabnya.

Penyebab jerawat umumnya terjadi karena penyumbatan pori-pori yang disebabkan produksi minyak alami dari kulit atau sebum secara berlebihan.

Namun jerawat tak selalu muncul karena faktor itu saja. Masih ada lho penyebab lain munculnya jerawat!

4 dari 7 halaman

1. Ketidakseimbangan hormon dan stres

   ilustrasi jerawat© Shutterstock

 

Kebanyakan orang mengalami jerawat di masa remaja karena saat itu terjadi perubahan hormon selama masa pubersitas. Perubahan hormon dan stres bisa membuat produksi minyak lebih banyak dan ini bisa menyumbat pori-pori dan tumbuh jerawat.

2. Make up

Kalian menggunakan makeup setiap hari?

Jangan lupa untuk selalu membersihkannya sebelum tidur malam, jika tidak ini adalah alasan kenapa jerawat tumbuh di dahi.

Tidak menghapus makeup sebelum tidur dapat menyumbat pori-pori dan tentu menyebabkan jerawat.

5 dari 7 halaman

3. Masalah rambut

Jerawat di dahi sangat dekat dengan garis rambut kalian, masalah rambut bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat.

Jika kalian memiliki rambut berminyak dan tidak sering keramas, minyak dari rambut bisa turun ke dahi dan menyebabkan jerawat.

   ilustrasi rambut© Shutterstock

 

4. Iritasi kulit

Jika memiliki kulit yang sensitif, ini bisa menjadi penyebab dahi berjerawat. Iritasi kulit karena produk perawatan yang dicoba tidak cocok juga bisa menyebabkan jerawat.

Laporan: Shania Suha Marwan
Sumber: Boldsky

6 dari 7 halaman

Lenyapkan Komedo dengan Tiga Cara Alami

Dream - Meskipun berada di luar ruangan terasa menyenangkan, tapi polusi, kotoran atau paparan sinar matahari bisa membahayakan kulit.

Masalah kulit yang paling sering timbul karena polusi adalah komedo atau blackheads. Wajahmu akan terasa kasar dan pori-pori membesar.

Kondisinya akan semakin buruk jika kotoran bercampur sebum dan menyumbat pori-pori. Jika ingin mengatasinya, gunakan bahan alami yang dilansir dari Miss Kyra berikut ini.

Tetesan Lemon: Tetesan lemon mengandung asam sitrat yang bermanfaat sebagai eksfoliator alami. Oleskan tetesan lemon pada komedo dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas. Ini akan menghilangkan sel kulit mati dan blackheads.

    Jerawatan© shutterstock.com

7 dari 7 halaman

Teh Hijau

Selain dapat membantu penurunan berat badan, teh hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit karena kandungan antioksidan serta vitamin.

Celupkan kantubg teh hijau ke air hangat selama 1 jam dan oleskan pada wajah hingga mengering. Lalu, cuci dengan air bersih.

    Jerawatan© shutterstock.com

Cinnamon: Cinnamon memiliki banyak kandungan yang bersifat antibakteri yang bisa mengatasi blackheads. Buatlah face pack yang terbuat dari campuran madu dan cinnamon dengan perbandingan 1:2.

Gunakan masker selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Setelah dibersihkan, aplikasikan pelembap ke seluruh wajah.

Beri Komentar