4 Bahan Alami untuk Mengatasi Flek Hitam

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 16 September 2020 07:31
4 Bahan Alami untuk Mengatasi Flek Hitam
Lebih aman digunakan ketika hamil.

Dream - Penyebab flek hitam bisa beragam. Tak hanya paparan matahari, tapi juga pengaruh hormonal. Misalnya, pemakaian pil KB yang mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron.

Kedua hormon tersebut berkaitan dengan produksi melanin. Sehingga, pemakaian pil KB diklaim bisa menyebabkan flek hitam.

Tak hanya itu, perubahan hormonal lainnya seperti kehamilan juga menyebabkan munculnya flek hitam. Ibu hamil seringkali tidak disarankan memakai skincare berbahan kimia yang keras dan sebaiknya memilih bahan alami.

Dilansir dari Sehatq.com, berikut bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam.

1 dari 4 halaman

Lidah Buaya

Lidah Buaya© Shutterstock.com
Kandungan aloin dan senyawa alami pada lidah buaya terbukti dapat mengatasi hiperpigmentasi seperti munculnya flek hitam. Kamu hanya perlu mengoleskan aloe vera gel sebelum tidur pad aflek hitam.

Lalu, bilas saat bangun tidur di pagi hari. Lakukan secara rutin agar flek hitam memudar.

2 dari 4 halaman

Cuka Apel

Cuka Apel© Shutterstock.com
Zat asam pada cuka apel dapat mengatasi flek hitam. Campur cuka apel dan air dengan takaran yang sama. Lalu, aplikasikan pada flek hitam menggunakan kapas. Lakukan dua kali sehari dan cuci wajah setelah memakainya.

3 dari 4 halaman

Teh Hijau

Teh Hijau© Pexels.com
Teh hijau mengandung epigallocatechin 3-gallate (EGCG) yang dapat mencegah proses hiperpigmentasi. Kandungan asam gallat dan asam ellagic juga dapat memperbaiki kondisi kulit.

Seduh teh hijau dan biarkan hingga menghangat. Lalu, kompres flek hitam dengan kantung teh hijau untuk menyamarkan hiperpigmentasi.

4 dari 4 halaman

Susu

Susu© Pexels.com
Susu terkenal memiliki efek mencerahkan pada wajah akibat kandungan asam laktat. Aplikasikan susu pada flek hitam menggunakan kapas. Lakukan secara rutin agar lebih efektif menyamarkan flek hitam.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar