4 Kesalahan Saat Membuat Skincare Berbahan Alami

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 6 Agustus 2020 09:33
4 Kesalahan Saat Membuat Skincare Berbahan Alami
Jangan sampai merusak kulit.

Dream - Bereksperimen membuat skincare dengan bahan alami bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan di tengah pandemi Covid-19. 

Bahan alami juga diklaim aman untuk digunakan semua jenis kulit dan memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada produk di pasaran.

Meski begitu, kamu tetap perlu memperhatikan beberapa hal ketika membuat skincare dari bahan alami.

Dilansir oleh Boldsky.com, berikut kesalahan yang kerap dilakukan ketika membuat skincare menggunakan bahan alami.

1 dari 4 halaman

Tidak memerhatikan takaran bahannya

Memakai Masker© Shutterstock.com

Meski bahan alami diklaim lebih aman untuk kulit, namun kamu tetap harus mengetahui takarannya. Dalam jumlah tertentu, bahan alami juga bisa menyebabkan masalah kulit. Jadi, ketahuilah berapa banyak bahan yang bisa kamu terapkan pada kulit sebelum memakainya.

2 dari 4 halaman

Tidak menyesuaikan dengan jenis kulit

Memakai Skincare© Shutterstock.com

Mengetahui jenis dan kondisi kulit merupakan hal utama sebelum memakai, memilih atau membuat skincare. Karena tidak semua bahan alami akan cocok dengan kulitmu.

Misalnya, lemon yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit justru bisa mengiritasi kulit sensitif. Jadi, ketahuilah respon kulitmu sebelum memilih bahan alami.

3 dari 4 halaman

Memakai bahan alami yang terlalu kuat

Cuka Apel© Shutterstock.com

Jika ingin menggunakan bahan alami yang cukup kuat seperti tetesan lemon, cuka apel serta essential oil pada wajah, kamu perlu berhati-hati.

Bahan tersebut berkonsentrasi tinggi dan bisa merusak kulit jika digunakan dengan cara yang kurang tepat. Jadi, kenali juga sifat bahan alami pada kulit sebelum memakainya.

4 dari 4 halaman

Memakai bahan alami yang sudah busuk atau kedaluwarsa

Apel Busuk© Shutterstock.com

Ketika ingin menutrisi wajah, kamu harus memilih bahan alami yang segar. Bahan alami yang nyaris busuk atau kedaluwarsa akan kehilangan nutrisinya. Sehingga, efeknya pada kulit pun belum tentu sempurna.

Beri Komentar