4 Tanda Produk Skincare Kurang Cocok dengan Kulitmu

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 14 Juli 2020 16:13
4 Tanda Produk Skincare Kurang Cocok dengan Kulitmu
Hindari produk ini sebelum kondisi kulitmu memburuk.

Dream - Banyaknya produk kecantikan yang dijual di pasaran membuat kita tergiur untuk mencobanya. Apalagi, setelah melihat iklan serta rekomendasi tentang sebuah produk. 

Namun, sayangnya tidak semua produk bisa cocok dengan kulitmu. Dilansir dari Sehatq.com, berikut tanda produk kecantikan tidak cocok untuk kulitmu.

Kulit terasa panas, terbakar atau menyengat

 Masalah Kulit© Shutterstock.com

Ketika kulit terasa panas, terbakar, perih atau menyengat, iti tandanya skincare yang dipakai kurang cocok dengan kulitmu.

Sebelum membuangnya, kamu bisa mengurangi konsistensi produk yang dipakai dan melihat kembali reaksi kulitmu.

Namun jika hal tersebut masih terjadi, perhatikan kandungan yang menyebabkan rasa perih atau menyengat dan ganti produknya.

1 dari 3 halaman

Kulit kering dan mengelupas

 Masalah Kulit© Shutterstock.com

Beberapa produk mengklaim efek ini hanya terjadi di awal pemakaian. Terutama, produk yang mengandung retinoid atau benzoil peroksida.

Namun, sebenarnya hal ini tidak seharusnya terjadi ketika memakai skincare. Apalagi, jika kulitmu teriritasi secara berlebihan, terus mengelupas dan meradang.

Jika sudah begitu, hindari produk tersebut atau coba kurangi intensitas pemakaiannya terlebih dulu.

2 dari 3 halaman

Kulit memerah dan iritasi

 Masalah Kulit© Shutterstock.com

Biasanya, efek ini terjadi ketika menggunakan produk yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida untuk mengatasi jerawat.

Namun, bukan berarti kedua bahan tersebut tidak berbahaya bagi semua jenis kulit. Jika berhasil mengatasi jerawat, kamu bisa menggunakannya secara rutin.

Tapi jika kulitmu kemerahan, iritasi dan meradang, sebaiknya gantilah produk tersebut atau berkonsultasi dengan dokter kulit.

3 dari 3 halaman

Kulit Kusam

 Masalah Kulit© Shutterstock.com

Ini merupakan salah satu tanda skincare yang sipakai tidak cocok dengan kulitmu. Biasanya, ini terjadi ketika memakai produk yanh mengandung vitamin C.

Meskipun dapat mencerahkan wajah, namun kandungan vitamin C akan membuat wajah kusam jika produknya kurang cocok dengan kulitmu.

Kamu bisa menemukan produk lainnya yang dapat mencerahkan kulit lebih efektif dan cocok dengan kulitmu.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar