4 Tips Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulitmu

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 11 November 2019 07:39
4 Tips Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulitmu
Perhatikan tone kulitmu dulu ya, Sahabat Dream!

Dream - Memilih foundation bukanlah hal mudah. Meski bisa mencoba sample yang tersedia, namun kamu tidak dapat hilangkan efek lighting di sekitarmu.

 imagehijab cantik " src=" https://cdns.klimg.com/dream.co.id/resized/500x/real/2018/11/26/351312/ilustrasi-hijab-cantik-.jpg" alt=" Ilustrasi hijab cantik " />

Jika masih sering kesulitan menemukan foundation, berikut tips dari Makeup Artist (MUA) L'Oreal Paris, Sir John yang dilansir dari Makeup.com.

Mungkin kamu akan langsung memegang botol dan mendekatkannya ke tangan untuk membandingkan warna. Tetapi menurut Sir John, ini tidak akan memberimu perkiraan yang paling akurat.

1 dari 5 halaman

Tips 1: Cocokkan Warna Foundation dengan Kulit di Lehermu

 

" Dekatkan botol foundation ke leher untuk coba mencocokkan warna dengan kulitmu, sedekat mungkin," katanya. Kemudian, cari area dengan pencahayaan dan cermin terbaik.

 shutterstock

Mengetahui undertone kulit merupakan cara lain untuk memilih foundation yang tepat.

 

2 dari 5 halaman

Tips 2: Tentukan Undertones Kulitmu

 

" Kamu dapat mengetahui undertone kulit dengan melihat area wajah yang terpapar cahaya, seperti tulang pipi," ujar Sir John.

 shutterstock

" Kamu juga bisa cocokkan dengan bagian tengah dahi, dekat dengan alismu. Bergantung pada warna apa yang dilihat di kedua area ini. Kuning, peach, hijau, pink atau biru, katanya.

Mengetahui undertone kulit akan membantu menentukan apakah kamu harus menggunakan fondation warm tone, cool tone atau netral.

Ini, kata Sir John, akan menjadi faktor penentu utama dalam memilih foundation yang paling cocok untukmu.

 

3 dari 5 halaman

Tips 3: Perhatikan Jenis Kulitmu

" Bagaimana foundation menyerap, matte, dewy, velvet dan lain-lain. Jika kulitmu berminyak, gunakan foundation matte. Jika kulitmu sudah kering, gunakan formula yang melembapkan dan membuat wajahmu glowing," jelas Sir John lagi. 

 shutterstock

Tips 4: Err on the Dark Side

Jika kamu ingin memilih di antara dua warna foundation, Sir John menyarankan untuk mengambil yang sedikit lebih gelap.

" Biasanya, foundation akan tampak sedikit lebih gelap di dalam botol, jadi ketika dituangkan dan dipakai, warnanya akan sedikit cerah," pungkas John.

4 dari 5 halaman

Tampil Flawless Cukup dengan Foundation

Dream - Foundation merupakan dasar dari setiap makeup. Dengan beauty item ini wajah terlihat lebih mulus, biasanya foundation diaplikasikan di bagian-bagian awal sebelum kamu memoles wajah dengan bedak, blush on, riasan mata, sampai bibir.

Agar riasan makin sempurna, ada beberapa hal yang Sahabat Dream wajib perhatikan sebab tekstur foundation menjadi kunci terciptanya riasan flawless.

  shutterstock

" Kalau teksturnya berupa creamy mousse akan lebih mudah di-blend pada wajah. Sebaliknya, foundation dengan tekstur lebih cair akan lebih licin dan sulit diaplikasikan," tutur Faiza Miranti, Revlon Marketing Manager di Jakarta, Rabu 12 Desember 2018.

Menurut Faiza, tekstur creamy matte sangat cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Sebab, sifatnya yang full coverage terasa ringan di wajah.

5 dari 5 halaman

Formula matte akan memberi daya tahan yang lebih lama. Jangan lupa, pilih foundation dengan kandungan SPF agar terlindung dari paparan sinar matahari.

Sebelum memakai foundation, siapkan kulit dengan skin care terlebih dahulu.

" Sebelum makeup, harus pakai skin care guna mendukung hasil akhir. Shade foundie juga harus disesuaikan. Oleskan pada bagian rahang, bukan di tangan karena warnanya berbeda dengan wajah," tambah Faiza menjelaskan.

Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa memakai brush makeup atau jari. Namun pastikan untuk merapikannya dengan sponge agar foundation tidak cakey. Setelah itu, kamu dapat menambahkan riasan lain sesuai selera.

Jadi ingin coba, Sahabat Dream?

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie