4 Tips Mencegah dan Mengatasi Split Ends Pada Rambut

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 19 Januari 2021 06:45
4 Tips Mencegah dan Mengatasi Split Ends Pada Rambut
Jangan sampai rambutmu rontok, kusam dan berminyak.

Dream - Berbagai macam masalah rambut bisa dialami saat musim hujan tiba. Di antaranya adalah rambut kusam, berminyak serta rontok.

Namun jika ketiga masalah itu dialami secara bersamaan, berarti kamu sedang menghadapi split ends. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika rambut tidak dipotong untuk waktu yang lama atau lebih dari 3-6 bulan.

Di samping itu terdapat penyebab split ends lainnya seperti yang dilansir dari Miss Kyra berikut ini.

1. Idealnya, memotong rambut dilakukan setiap 3-12 bulan sekali untuk menjaga kekuatan serta kesehatannya. Namun jika dilakukan terlalu sering, rambutmu juga akan bermasalah.

Biarkan rambutmu tumbuh seperti biasa sebelum dipotong agar tidak menyebabkan split ends.

2. Salah satu penyebab masalah yang kerap dilakukan adalah terlalu sering mengikat rambut. Apalagi, jika kamu mengikatnya terlalu kencang.

Jika sulit menghindari kebiasaan mengikat rambut, gunakanlah jepitan yang agak longgar.

3. Cara mencegah split ends yang paling sederhana adalah melakukan perawatan rambut sesuai kondisi dan kebutuhannya. Perhatikan kandungan produk perawatan rambut untuk memastikan kecocokkannya.

4. Memotong rambut secara rutin saja belum cukup. Kamu juga harus memotongnya dengan cara yang benar. Potonglah rambutmu di salon agar lebih aman untuk kesehatan rambut.

(Sah, Sumber: Miss Kyra)

1 dari 5 halaman

5 Tips Perawatan Agar Rambut Lebih Mudah Mengering

Dream - Sebagian orang sulit menghindari pemakaian pengering rambut setelah keramas. Pasalnya, mengeringkan rambut secara alami akan memakan waktu cukup lama.

Sedangkan jika beraktivitas dengan rambut basah justru bisa membuatnya lebih lembap dan tidak terasa kering.

Sebenarnya, kondisi rambut seperti ini bisa diatasi dengan melakukan perawatan yang tepat. Sehingga, rambutmu akan lebih cepat kering tanpa menggunakan pengering.

Dilansir dari Times of India, berikut tips perawatan rambut agar lebih cepat kering tanpa menggunakan pengering.

2 dari 5 halaman

Jangan melewatkan pemakaian conditioner

Merawat Rambut© Shutterstock.com
Conditioner tidak hanya bermanfaat untuk melembapkan, tapi juga mencegah rambut kusut serta patah ketika dibalut handuk setelah keramas.

Kelembapan yang didapatkan dari conditioner juga akan mencegah produksi minyak berlebih saat kulit kepala kering. Sehingga, dapat membuat rambut lebih bervolume.

Menggunakan air dingin

Air dingin akan menutup pori-pori kepala. Sehingga, produksi minyak tetap terkontrol dan rambut pun lebih halus.

Sangat penting untuk menggunakan air dingin setelah memakai conditioner. Pastikan untuk meniriskan 70-80 persen air yang ada pada rambut setelah keramas sebelum memakai leave-in conditioner atau menyisir rambutmu.

3 dari 5 halaman

Mandi lebih cepat

Jangan terlalu lama berada di dalam kamar mandi. Terutama jika rambutmu telah dikeramas. Kamar mandi sangat lembap dan bisa membuat rambutmu lebih berminyak dan lepek.

Dalam kondisi ini, rambut akan lebih sulit untuk mengering. Bahkan, rambutmu tidak akan bervolume selama seharian. Pastikan kamu berada di ruangan yang cukup hangat dan kering setelah keramas.

Menggunakan handuk microfibre

Mengeringkan Rambut© Shutterstock.com
Pilihan handuk berdampak besar pada kesehatan rambut. Biasanya, handuk yang beredar di pasaran cukup kasar.

Sehingga ketika mengeringkan rambut, handuk akan bergesekan dan menyebabkan kekusutan maupun patah.

Gunakanlah handuk berbahan microfibre atau T-shirt agar rambut lebih sehat, tidak terlalu kering dan menyebabkan rambutmu sulit mengering.

4 dari 5 halaman

Menggunakan hair mousse di dekat kulit kepala

Hair mousse biasa digunakan untuk membuat rambut lebih bervolume. Di saat yang sama, kandungan alkohol di dalamnya juga membuat rambut lebih cepat kering.

Namun setelah memakainya, kamu harus memastikan tanganmu tidak menyentuh rambut agar tidak membuatnya justru lebih berminyak.

Pastikan juga rambutmu memiliki cukup kelembapan sebelum menggunakannya agar tidak menyebabkan ketombe.

(Sumber: Times of India)

5 dari 5 halaman

Beri Komentar