5 Bahan Alami yang Dapat Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 13 Juli 2020 06:45
5 Bahan Alami yang Dapat Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala
Jaga kesehatan kulit kepala di musim panas dengan 5 bahan alami.

Dream - Udara yang lembap menyebabkan kulit kepala menjadi lebih berminyak dan lengket. Akhirnya, pori-pori di kulit kepalamu tersumbat dan menyebabkan jerawat yang terasa sakit serta gatal.

Selain cuaca yang lembap dan kulit kepala berminyak, jerawat bisa disebabkan pemakaian produk berbahan kimia.

Tidak membersihkan rambut secara rutin dan membiarkan rambutmu tertutup ketika berkeringat juga bisa menyebabkan jerawat pada kulit kepala. Dilansir dari Times of India, berikut bahan alami yang bisa mengatasi jerawat pada kulit kepala.

1 dari 4 halaman

Minyak Kelapa

 Minyak Kelapa© Shutterstock.com

Minyak kelapa mengandung bahan anti peradangan dan antimikrobial yang bisa mengatasi jerawat di kulit kepala. Aplikasikan pada kulit kepala dan akar rambut, lalu biarkan selama 1 jam.

Bilas menggunakan sampo berbahan ringan dan lakukan 2 kali seminggu agar lebih efektif untuk kesehatan rambut.

2 dari 4 halaman

Tea Tree Oil

 Tea Tree Oil© Shutterstock.com

Tea tree oil juga memiliki bahan yang bersifat anti peradangan dan antimikrobial. Sehingga, kulit kepalamu bebas mikroba yang menyebabkan jerawat pada kulit kepala.

Agar lebih efektif, bersihkan kulit kepala dengan sampo. Lalu, tambahkan 6-7 tetes tea tree oil pada conditioner hingga tercampur sempurna.

Aplikasikan pada kulit kepala dan akar rambut, lalu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini 3 kali seminggu.

3 dari 4 halaman

Jojoba Oil

 Jojoba Oil© Shutterstock.com

Jojoba oial sangat kaya akan vitamin C dan sifat antibakteri maupun non komedogenic yang menghilangkan minyak berlebih dari kulit kepala dan membersihkan pori-pori.

Campurkan beberapa tetes jojoba oil pada sampo. Lalu, aplikasikan pada rambit serta kulit kepala. Ini akan meredakan kemerahan pada kulit kepala dan menghindari potensi jerawat.

4 dari 4 halaman

Aloe Vera

 Aloe Vera Gel© Shutterstock.com

Aloe vera merupakan kandungan yang tepat untuk menghilangkan jerawat. Menggunakan aloe vera dapat menenangkan peradangan dan mengatasi jerawat maupun iritasi.

Aplikasikan aloe vera gel pada kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air dingin dan ulang 2 kali seminggu.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar